Struktur Organisasi : Pengertian, Fungsi dan Komponennya Dalam Bisnis

Struktur Organisasi : Pengertian, Fungsi dan Komponennya Dalam Bisnis – Siapa yang tidak kenal dengan nama organisasi. Iya, kami rasa sebagian besar masyarakat di Indonesia pernah mengikuti organisasi. Misalnya saja organisasi karang taruna, organisasi sosial dan masih banyak lagi jenis organisasi. Kira-kira apa sih struktur organisasi itu? Tidak sedikit yang mengerti arti dari struktur organisasi. Untuk itu disini akan kami sajikan informasi terkait dengan pengertian dan fungsi struktur organisasi secara lengkap yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Secara umum struktur organisasi merupakan sebuah susunan berbagai komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi yang terdapat pada masyrakat. Pasalnya dengan adanya struktur organisasi ini kita bisa melihat pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan yang bisa dikoordinasikan dengan baik. Tidak hanya itu, dengan adanya struktur organisasi tersbut kita bisa mengetahui beberapa spesialisasi dari sebuah pekerjaan, saluran perinta dan penyampaian laporan.

Struktur Organisasi : Pengertian, Fungsi dan Komponennya Dalam Bisnis

Pengertian Struktur Organisasi

Sebelum berbicara tentang organisasi, akan kami jelaskan terlebih dahulu tentang definisi organisasi terlebih dahulu. Organisasi ialah kelompok orang (dua orang atau lebih) yang secara resmi disatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga :   Pengertian Moral dan Etika Beserta Perbedaannya

Sedangkan pengertian struktur organisasi ialah suatu susunan dari berbagai macam komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi. Dalam struktur organisasi terdapat pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang telak dikoordinasikan dan juga terdapat adanyaberbagai spesialisasi dari sebuah pekerjaan, saluran perintah ataupun penyampaian laporan.

Struktur organisasi merupakan suatu susunan ataupun hubungan antat komponen berbagai bagian dan posisi dalam sebuah organisasi, komponen-komponen yang terdapat dalam suatu organisasi memiliki ketergantungan. Sehingga apabila terdapat sebuah komponen yang baik maka akan berpengaruh kepada komponen yang lainnya dan tentu saja akan mempengaruhi organisasi tersebut.

Fungsi Struktur Organisasi

Adapun beberapa fungsi atau kegunaan struktur organisasi akan dijelaskan selengkapnya dibawah ini:

1. Kejelasan Tanggung Jawab

Setiap dari anggota organisasi harus mempunyai tanggung jawab dan juga apa saja yang harus dipertanggung jawabkan. Setiang anggota sebuah organisasi tentu saja harus mempunyai tanggung jawab terhadap atasan atau pimpinannya yang sudah memberikan kewenangan, sebab pelaksanaan atau implementasi kewenangan tersebut perlu di pertanggung jawabkan. Itulah kegunaan struktur organisasi tentang kejelasan tanggung jawab.

2. Kejelasan Kedudukan

Fungsi dari kejelasan kedudukanadalah setiap anggota atau seseorang yang terdapat dalam struktur organisasi sesungguhnya bisa mempermudah dalam melaksanakan koordinasi dan juga hubungan, karena adanya keterkaitan dalam penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.

3. Kejelasan Jalur Hubungan

Fungsi mengenai kejelasan jalur hubungan adalah, dalam melakukan tanggung jawab dan pekerjaannya setiap pegawai dalam suatu organisasi maka akan diperlukan sebuah kejelasan hubungan yang tergambar dalam struktur sehingga dalam jalur penyelesaian pekerjaannya akan lebih efektif dan efisien serta dapat saling memberikan keuntungan.

Baca Juga :   Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Klasifikasinya

4. Kejelasan Uraian Tugas

Fungsi dari kejelasan uraian tugas adalah, didalam struktur organisasi akan sangat membantu apabila pihak atasan atau pimpinan dapat melakukan controlling (pengawasan) maupun pengendalian dan juga bagi bawahan akan bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan tugas atau pekerjaannya, sebab perintah yang jelas.

Komponen Penting Struktur Organisasi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa struktur organisasi memiliki fungsi yang cukup penting bagi perkembangan suatu perusahaan. Agar suatu perusahaan bisa bergerak optimal dan efisien tentu tidaklah mudah, maka dari itu diperlukan komponen-komponen penting yang harus ada dalam struktur organisasi.  Berikut diantaranya :

1. CEO (Chif Executive Officer)

CEO merupakan suatu jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan untuk menahkodai arah dan tujuan sebuah perusahaan. CEO merupakan pemilik suatu perusahaan atau bisnis.

2. Direksi (Directors)

Untuk direksi yang dimaksud disini terdiri dari 4 jabatan penting, yang mana jabatan tersebut harus ada dalam suatu perusahaan seperti direktur utama, direktur keuangan dan direktur personalia. Direktur utama biasanya berhubungan langsung dengan CEO untuk bertanggung jawab langsung pada koordinasi dan pengendalian terhadap segala kegiatan di bidang administrasi, kepegawaian dan secretariat.

Sedangkan untuk direktur keuangan merupakan jabatan yang bertugas pada bagian pengawasan operasional keuangan perusahaan. Dan untuk direksi personalia merupakan jabtaan yang bekerja langsung yang terkait dengan ketenagakerjaan dan sumber daya perusahaan.

Baca Juga :   Akuntansi Manajemen : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

3. Manajer (Manager)

Komponen selanjutnya adalah manager yang mana seorang manager ini bertugas untuk mengintegrasikan berbagai variable, seperti pengarahan, koneksi, seleksi, komunikasi dan pelatihan. Selain itu pada umumnya manager disini terdiri dari 3 komponen sekaligus yaitu manager personalia, manager pamasaran dan manager pabrik.

Untuk manager personalia ini bertanggung jawab langsung terhadap pengorganisasian perencanaan program dan pengendalian unit personalia. Dan untuk manager pemasaran disini bertanggung jawab terhadap bagian pemasaran produk atau jasa yang ada dalam bisnis. Manager pabrik disini biasanya terdapat pada bisnis komersial pada penjualan produk yang mengawasi urusan yang terkait dengan produksi dan kegiatan dalam pabrik.

4. Administrasi dan Gudang

Dan komponen selanjutnya yang wajib ada dalam sebuah bisnis yang sedang berkembang adalah administrasi dan gudang yang mana pada komponen ini memiliki tugas dan fungsi untuk mengecek seluruh transaksi perusahaan yang berhubungan dengan pihak outsorcing, pembukuan dan laporan penerimaan dan pengeluaran.

5. Devisi Regional

Untuk komponen terakhir adalah devisi regional yang memiliki tugas dan fungsi untuk menjalankan kebijakan dan prosedur baku dari kantor pusat. Devisi regional biasanya beroperasi sebagai badan usaha untuk meningkatkan nilai tambah perusahaan. Devisi regional ini harus ada dalam bisnis yang berhubungan dengan penanaman saham.

Demikianlah ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian struktur organisasi lengkap dengan fungsi dan komponen penting yang ada di dalamnya. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Leave a Comment