Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya

Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya – Untuk melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan dunia pengertian manajemen pemasaran. Kali ini akan kami ulas secara lengkap terkait dengan strategi pemasaran, fungsi, tujuan, konsep dan contohnya.  Dimana hal ini sangat berkaitan dengan dunia perekonomian dan pemasaran suatu barang. Berikut ulasannya.

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya

Apa sih strategi pemasaran itu? Strategi pemasaran ialah suatu pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran, alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Atau pengertian strategi pemasaran lainnya adalah suatu pola fundamental, dimana adanya suatu perencanaan pemasaran, pengarahan sumber daya, serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain sebagainya. selain itu, dalam suatu strategi pemasaran ada baiknya untuk mempertimbangkan tujuan dari pemasaran, pasar yang diincarnya dan bagaimana mengelola sumberdaya dengan efektif dan efisien.

Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Kolter dan Amstrong

Strategi pemasaran merupakan logika pemasaran dimana unit bisnis atau usaha ini berharap bisa menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

2. Kurtz

Strategi pemasaran merupakan keseluruhan program-program perusahaan dalam menentukan target pasar dan untuk memberikan kepuasan kepada para konsumen dengan membangun kombinasi elemen marketing mix : produk, distribusi, promosi dan harga.

3. Philip Kolter

Strategi pemasaran merupakan suatu pola pikir pemasaran yang nantinya akan dipergunakan untuk menggapai tujuan pemasaran dan berisi strategi rinci untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besaranya pengeluaran pemasaran.

Baca Juga :   Struktur Organisasi : Pengertian, Fungsi dan Komponennya Dalam Bisnis

4. Tjiptono

Strategi pemasaran merupakan alat fundamental yang telah direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan melewati pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang di pakai untuk melayani pasar target tersebut.

5. Stanton

Strategi pemasaran merupakan sesuatu yang melingkupi semua sistem yang mempunyai hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mengiklankan dan menyalurkan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli aktuam maupun potensial.

Fungsi Strategi Pemasran

Secara garis besar terdapat 4 fungsi strategi pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Motivasi untuk Melihat Masa Depan

Fungsi pertama dari strategi pemasaran adalah untuk memberikan motivasi kepada manajemen perusahaan agar berpikir dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda. Yang mana dalam hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kelangsungan perusahaan di masa depan.

Dalam dunia bisnis penting bagi perusahaan untuk mengikuti ritme pasar. Namun tentu perusahaan tersebut juga harus memiliki gebrakan dan inovasi terbaru yang beda dengan lainnya.

2. Koordinasi Pemasaran Lebih Efektif

Tentu kita tau bahwa setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran sendiri. Yang mana strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur arah jalannya perusahaan sehingga membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan tepat sasaran.

3. Merumuskan Tujuan Perusahaan

Sebagai pengusaha tentu memiliki tujuan yang jelas untuk produk yang akan ditawarkan. Sehingga dengan adanya strategi pemasaran ini para pelaku usaha akan terbantu untuk membuat detail tujuan yang ingin dicapai baik itu dalam pendek maupun jangka panjang.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Fungsi terakhir dari strategi pemasaran adalah perusahaan akan memiliki standar prestasi kerja para anggotanya. Sehingga pengawasan kegiatan para pegawai akan lebih mudah dipantau untuk mendapatkan mutu dan kualitas kerja yang efektif.

Tujuan Strategi Pemasaran

Secara umum terdapat 4 tujuan dari strategi pemasaran. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Untuk meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran
  • Sebagai alat ukur hasil pemasaran berdaarkan standar prestasi yang telah ditentukan
  • Strategi pemasaran juga bertujuan untuk pengambilan keputusan pemasaran
  • Serta untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika nantinya terjadi perubahan dalam perusahaan.

Konsep Strategi Pemasaran

Kepuasan pelanggan adalah kepuasan bagi kami. Iya tentu kita sudah sangat sering mendengar motto tersebut. Yang mana hal tersebut merupakan konsep utama dalam pemaaran dan strategi pemasaran. Bisa dibilang suatu perusahaan memiliki cara tersendiri untuk melakukan proses marketing yang sesuai dengan karakteristik dan kesanggupan suatu perusahaan.

Baca Juga :   Pengertian Perencanaan, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenis Perencanaan

Umumnya tujuan akhir dari marketing akan bermuara pada kepuasan para pelanggan. Berikut 5 konsep strategi pemasaran yang perlu kita ketahui :

1. Segmentasi Pasar

Tentu kita tau bahwa setiap orang/konsumen tentu memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Yang mana perusahaan hatus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadinya satu-satunya pasar yang bersifat homogen.

2. Market Positioning

Dalam dunia bisnis kita wajib tau bahwa tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Sehingga wajib bagi perusahaan untuk memiliki pola spesifik untuk mendapatkan posisi yang kuat dalam pasar. Yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan.

3. Market Entry Strategy

Konsep selanjutnya dari strategi pemasaran adalah market entry strategy yang mana strategi perusahaan agar bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Beberapa cara yang paling sering dilakukan adalah :

  • Membeli perusahaan lain
  • Internal development
  • Kerjasama dengan perusahaan lain

4. Marketing Mix Strategy

Menerapkan konsep marketing mix, yang mana terdapat beberapa variable yang telah digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Veriable tersebut diantaranya :

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

5. Timing Strategy

Untuk konsep strategi pemasaran adalah terdapat pada pemilihan waktu dalam melakukan pamasaran. Dimana hal ini menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik dibidang produksi dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk kepada pasar.

Contoh Strategi Pemasaran

Setelah kita memahami tentang apa itu strategi pemasaran, fungsi dan konsepnya. Kini saatnya anda mengeksekusi beberapa strategi yang pas untuk perusahaan atau bisnis anda. Beberapa strategi pemasaran yang bisa anda terapkan adalah sebagai berikut :

1. Partnership

Pada Marketing Partnership ini memiliki beberapa keuntungan untuk bisnis anda. Seperti misal anda bisa berkolaborasi dengan pihak lain untuk mengembangkan usaha anda. Selain itu startegi pemasran ini juga dinilai murah dan lebih berpeluang untuk suskses.

2. Bekerjasama dengan Influencer

Jika anda memiliki teman seorang selebgram atau jika menginginkan produk anda laku keras, anda bisa melakukan kerjasama dengan influencer. Pasalnya mereka bisa memberikan pengaruh yang besar pada penjualan anda dengan jangkauan follower yang besar. Jika anda menjalin kerjasama dengan influencer untuk mempromosikan produk anda, tentu bukan hal yang tidak mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat dari hasil endorse ke selebgram.

Baca Juga :   Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Klasifikasinya

3. Melibatkan Karyawan

Strategi pemasaran yang berikutnya adalah dengan cara melibatkan karyawan. Iya tentu tidak ada salahnya jika anda melibatkan karyawan anda dalam beberapa proyek. Coba sesekali membuat iklan lucu yang melibatkan karyawan, tentu hal ini bisa memiliki efek ganda yang mana nantinya mereka dengan senang hati share video tersebut karena rata-rata karyawan akan merasa bangga jika dilibatkan dalam proyek seperti ini.

4. Menjaga Pelanggan Lama

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah anda harus senantiasa memenjakan pelanggan lama anda karena merekalah orang yang paling loyal untuk membeli produk anda.

Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan bonys kecil khusus pelanggan lama. Yang nantinya otomatis mereka akan senang menerimanya dan akan loyal mempromosikan produk yang meraka anggap memuaskan.

Faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya perubahan dalam strategi pemasaran

  1. Siklus daur hidup produk, merupakan tahap perkenalan, tahap pertumbungan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
  2. Tingkat persaingan perusahaan dipasar,dalam hal melakukan strategi pemasaran harus seuai dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
  3. Keadaan ekonomi, strategi pemasaran harus sesuai dengan situasi ekonomi dan pandangan kedapan, apakah ekonomi berada pada situasi makmur atau inflasi tinggi.

Macam-macam strategi pemasaran

1. Strategi Kebutuhan Primer

Strategi untuk merancang kebutuhan primer antara lain:
a. Menambah jumlah yang menggunakannya
b. Meningkatkan jumlah pembeli

2. Strategi Kebutuhan Selektif

Yaitu dengan cara:
a. Mempertahankan jumlah pelanggan seperti:
• Memelihara kepuasan pelanggan
• Menyederhanakan proses pembelian
• Mengurangi daya tarik atau jelang untuk peralihan merk

b. Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
• Mengambil posisi berhadapan atau head to head positioning
• Mengambil posisi berbeda atau differentiated positing

Secara lebih jelasnya, strategi pemasaran dibagi menjadi empat jenis yaitu:

  1. Merangsang kebutuhan primer dengan menambah jumlah pengguna.
  2. Merangsang kebutuhan primer dengan cara memperbesar tingkat pembelian.
  3. Merangsang kebutuhan selektif dengan memperhankan pelanggan yang sudah ada.
  4. Merangsang kebutuhan selektif dengan cara menjaring pelanggan baru.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian strategi pemasaran, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Categories Ekonomi