Sistem Operasi Komputer : Pengertian, Jenis, dan Fungsi OS

Sistem Operasi Komputer : Pengertian, Jenis, dan Fungsi OS – Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat kita harus paham akan dunia teknologi masa kini. Jika tidak tentu kita akan ketinggalan banyak infomasi didalamnya. Iya, seperti yang kita tau bahwa sistem operasi dikomputer saat ini semakin banyak versinya, semakin banyak jenisnya. Iya hal itu tentu dibedakan atas fitur yang dimiliki didalamnya. Sehingga tidak heran jika hampir semua jenis dan merk komputer kini sudah di upgrade ke sistem operasi versi terbaru demi kenyamanan para penggunanya.

Jika berbicara mengenai komputer memang tidak akan ada habisnya. Nah, bagi anda yang belum mengetahui apa itu sistem operasi komputer, berikut akan kami sajikan informasinya untuk anda terkait dengan pengertian sistem operasi komputer dan jenisnya. Berikut ulasannya.

Sistem Operasi Komputer : Pengertian, Jenis, dan Fungsi OS

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer atau yang lebih kita kenal dengan Operation System (OS) adalah suatu kumpulan dari berbagai perintah dasar yang memiliki peran untuk mengoperasikan dan menjalankan Komputer atau PC.

Baca Juga :   Pengertian Wireless dan Prinsip Kerjanya

Asal muasal OS (Operation System) dari altair, yakni perangkat komputer yang pertama kali diciptakan pada tahun 1975 yang menggunakan OS CP/M dan kemudia oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS. MS-DOS telah mengalami perkembangan yang pesat mulai dari MS-DOS versi 1.0 tahun 1981 sampai dengan MS-DOS ver 5.0 tahun 1991 lalu kemudian sampai saat ini microsoft telah banyak sekali mengeluarkan sistem operasi (OS) mulai dari Ms-Windows, sampai dengan yang terbaru saat ini Windows 10.

Jenis-jenis Sistem Operasi Kmputer

Sistem operasi komputer dibagi menjadi dua yaitu:

1. Sistem komputer berbasis GUI (Graphical User Interface)

Merupakan suatu sistem komputer yang memungkinkan penggunanya untuk berhubungan dengan perangkat keras komputer atau PC serta memudahkan penggunanya dalam hal mengoperasikan OS (user friendly). GUI merupakan sarana penghubung antara user (pengguna atau pemakai) dengan yang dipakai atau digunakannya.

Contoh-contoh OS (Operation System) berbasi GUI (Graphical User Interface) adalah sebagai berikut:

  • Windowws NT 3.51
  • Windows 2000 (NT 5.0)
  • Windows Server 2003
  • Windows XP
  • Winwos 7
  • Windows 8/8.1
  • Windows 10
  • Microsoft LAN Manager
  • Novell NetWare
  • Linux Redhat, dan lain sebagainya

2. Sistem komputer berbasis teks

Merupakan suatu sistem operasi (OS) yang menggunakan teks sebagai media untuk mengoperasikannanya. OS jenis ini berjalan tanpa memakai bingkai jendela sebagai mana lazimnya yang sering kita temui pada sistem operasi saat ini. OS berbasis teks ini banyak digunakan pada saat awal mula perkembangan PC (Personal Computer). Untuk menjalankannya sistem jenis ini memerlukan prompt standar yakni huruf yang memperlihatkan drive aktif.

Baca Juga :   Pengertian Hardware, Software dan Brainware

Contoh-contoh OS yang menggunakan jaringan berbasis teks adalah sebagai berikut:

  • UNIX
  • Linux Debian
  • Linux Mandrake
  • Linux Suse
  • Sun Solaris
  • Knoppix
  • Mac OS
  • Windows NT
  • Windows 2000 Server
  • Windows 2003 Server, dan lain sebagainya

Fungsi Sistem Operasi Komputer

1. Mengatur Kinerja Perangkat Keras dan Lunak

Perlu kita ketahui bersama bahwa software tidak akan bisa bekerja selama tidak ada sistem yang menghubungkannya dengan perangkat keras. Yang mana fungsi dari sistem operasi hardware seperti CPU, memori, RAM, dan hardisk akan mendukung kinerja dari aplikasi jika terdapat OS yang mengatur kedua perangkat tersebut.

2. Menjalankan Sistem Dasar

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa sistem operasi merupakan pengatur kinerja dari awal sehingga jika OS tidak berfungsi maka bisa dipastikan semua program juga tidak bisa berjalan. Dan jika terjadi kerusakan maka akibatnya akan fatal karena sistem operasi dari awal tidak bisa dijalankan sehingga kita pun tidak bisa masuk kedalam sistem komputer atau gadget anda.

3. Sebagai Interface

Pada dasarnya tampilan yang anda lihat pada monitor atau gadget ini merupkan sebuah hasil kerja dari sistem operasi komputer. Bisa dikatakan bahwa sistem ini memudahkan aplikasi untuk menjalankan programnya dan memberikan tampilan yang menarik. karena semua data dan bahasa diterjemahkan oleh OS sehingga bisa menghasilkan tampilan grafik, angka dan gambar yang unik. Selain itu kinerja dari OS ini juga akan memudahkan anda dalam memahami program tanpa harus kesulitan menerjemahkan bahasa pemograman terlebih dahulu.

Baca Juga :   Pengertian Internet : Fungsi, Manfaat dan Dampak Internet

4. Sebagai Wadah dari Aplikasi

Sistem operasi (OS) ini bisa diibaratkan sebagai lantai tempat beberapa aplikasi atau program bisa berjalan jika sistem operasi bekerja. Yang mana sebuah aplikasi yang ada pada komputer atau gedged masing-masing memiliki sistem operasi tersendiri, yang mana menjadikan perangkat lunak ini bisa bekrja.  Selain itu OS ini juga memastikan proses sistem operasi bisa berjalan dengan baik dan bisa mengatur kerja aplikasi agar tidak membebani perangkat keras.

5. Mengatur Kerja Perangkat Komputer

Perlu kita ketahui bahwa dalam satu sistem komputer atau gadget anda terdapat puluhan program yang berjalan. Jika tidak diatur, maka bisa menyebabkan kinerja dari komputer atau gadget anda akan terasa berat dan tidak beraturan. Sehingga fungsi sistem operasi komputer yang terakhir adalah untuk mengatur semua perangkat komputer agar bisa berjalan berurutan dan perangkat tidak rusak. Namun jika dalam komputer atau gadget anda terjadi error biasanya disebabkan karena sistem terlalu bekerja keras sehingga mengakibtakan sistem down.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian sistem operasi komputer, semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk kita semua

Leave a Comment