Cara Mencari Mean, Median, Modus Dalam Kelompok Data

Cara Mencari Mean, Median, Modus Dalam Kelompok Data – Kembali lagi kita akan membahas mengenai soal matematika. Iya, tentu kita sudah sangat sering mendengar istilah mean, modus dan median. Pasalnya nama-nama tersebut tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Yang mana mean, modus dan median ini sendiri sudah mulai dikenalkan di bangku SMP.

Meski demikian banyak dari kita yang mungkin masih bingung untuk menentukan mean, modus dan median. Nah, buat kalian yang mungkin belum begitu paham terkait dengan cara mencari mean, modus dan median. Untuk itu disini nanti kami akan sajikan informasi terkait dengan cara mencari atau menghitung mean, modus, dan median.

Rumus Mean, Median, Modus

 

Sebelum masuk kepembahasan inti, alangkah baiknya jika kita mengenali terlebih dahulu apa itu mean, median dan modus. Berikut ulasannya :

Rumus Mean

Mean merupakan nilai rata-rata dari beberapa buah data. Nilai mean ini sendiri bisa ditentukan dengan cara membagi jumlah data dengan banyaknya data yang ada.

Baca Juga :   Cara Menghitung Diagram Lingkaran Dan Contoh Soal

Untuk mendapatkan nilai dari mean, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu nilai tengah dan nilai hasil kali nilai tengah dengan frekuensi. Untuk lebih jelasnya berikut rumus mean yang bisa anda gunakan :

Rumus Mean

Keterangan :

 

\bar{x} = Rataan hitung data kelompok

fi = Frekuensi kelas yang ke-i

xi = Nilai tengah kelas yang ke-i

Rumus Modus

Modus merupakan nilai yang paling sering muncul dari sebuah data. Jika ada data frekuensi, jumlah dari suatu nilai dari kumpulan data maka kita bisa menggunakan modus.

Untuk melihat hasil akhir dari modus, disini kita harus bisa menentukan kelas pada tabel dengan memilih frekuensi yang paling banyak. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat detail rumusnya seperti dibawah ini :

Rumus Modus

Rumus Median

Median merupakan cara untuk menentukan letak tengah dari sebuah data setelah data tersebut disusun menurut urutan nilainya. Sedangkan simbol untuk median sendiri yaitu Me.

Median adalah nilai data tengah yang mana dalam data kelompok tersebut memili rumus yang sama yaitu mencari Q2 (Kuartil 2) seperti contoh dibawah ini :

Baca Juga :   Cara Menghitung Luas Lingkaran Yang Benar

Rumus Median

Keterangan:

Tb = adalah tepi bawah pada kelas median

n = adalah jumlah semua frekuensinya

f_{k} = adalah jumlah frekuensi sebelum angka kelas median

f_{i} = adalah frekuensi dari kelas mediannya

p = adalah panjang kelas interval.

Untuk mencari median data kelompok biasanya dibagi menjadi empat bagian sama banyak. Yang mana nantinya pada pembagian data kelompok tersebut dibagi lagi menjadi 4 bagian sama banyak yang dipisahkan dengan tiga nilai kuartil, yaitu kuartil atas (Q1), kuartil tengah (Q2) dan kuartil bawah (Q3).

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, bahwa median merupakan data ke-n yang telah membagi banyak data kedalam dua data yang sama banyak. Hal tersebut juga dimaksud dengan kuartil tengah (Q2). Sehingga nilai kuartil tengah ini bisa dikatakan sama dengan nilai median.

 

Contoh Soal Mean, Median, Modus

Diketahui sebuah data sebagai berikut. Maka berapakah nilai Mean, Modus, dan Mediannya?

Data Kelompok

Selanjutnya untuk mencari mean, disini kita perlu mencari nilai tengah dan jumlah hasil dari tengah dikali dengan frekuensi. Bisa kita lihat tabel setelah dicari seperti dibawah ini :

Baca Juga :   Cara Menghitung Persentase di Excel yang Benar

Hasil Tabel Kelompok

Jawaban :

Jawaban Mean Modus Median

Contoh Mencari Median Dalam Data Kelompok :

Dari lima kali kuis matematika, seorang siswa memperoleh nilai 82, 93, 86, 92, dan 79. Maka tentukan median polulasinya!

Jawaban :

Setelah data disusun dari yang terkecil sampai terbesar, diperoleh  79 82 86 92 93

Oleh karena itu mediannya adalah 86

Demikian informasi yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan cara mencari mean, median dan modus dalam kelompok. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment