Pengertian Wireless dan Prinsip Kerjanya

Pengertian Wireless dan Prinsip Kerjanya – Untuk melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan teknologi informatika. Jika pada pembahasan sebelumnya telah kami jelaskan mengenai pengertian open source, kali ini kami akan coba mengulas mengenai pengertian wireless dan prinsip kerjanya.

Didunia teknolgi, tentu tidak asing dengan nama wireless. Iya, wireless merupakan suatu jaringan telekomunikasi yang memakai gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Pasalnya wireless ini sering kali dimanfaatkan sebagai jaringan internet. Nah untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian wireless dan prinsip kerjanya. Berikut ulasannya.

Pengertian Wireless dan Prinsip Kerjanya

Pengertian Wireless

Yang dimaksud dengan wireless atau “tanpa kabel” ialah merupakan sebuah jaringan telekomunikasi yang memakai gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Perkembangan teknologi wireless dewasa ini sangatlah pesat, hal ini dapat dilihat dengan semakin menjamurnya pemakaian telepon selular, di lain pihak perkembangan teknologi wireless yang di gunakan untuk mengakses internet juga berkembang sangat pesat.

Pengertian Wireless Menurut Para Ahli

1. Priyambodo

Menurut Priyambodo, Wireless merupakan standar jaringan tanpa kabel atau yang biasa dikenal dengan istilah Wireless Networking yang berfungsi untuk menyempurnakan komponen-komponen pada jaringan internet agar bisa terhubung dengan internet secara mudah.

Baca Juga :   Pengertian Open Source, Macam-Macam, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Onno W. Purbo

Menurut Onno W. Purbo, Wireless merupakan suatu media baru yang sering digunakan untuk alat bantu komunikasi jaringan tanpa menggunakan kabel. Biasanya, jaringan tanpa kabel ini bisa digunakan bersama-sama dalam sebuah ruangan.

3. Yuhezir

Menurut Yuhezir, Wireless merupakan suatu perangkat standar yang digunakan untuk berkomunikasi secara lokal tanpa menggunakan kabel sebagai penghubungnya.

4. Jubile Interprise

Menurut Jubile, wireless merupakan varian terbaru dari teknologi informasi dan komunikasi yang bekerja pada sebuah jaringan serta prangkat Wireless Local Network (WLAN).

Kelebihan dan kekurangan wireless

 Kelebihan Wireless

  • Menciptakan jaringan yang cepat
  • Gampang dan murah untuk direlokasi
  • Ongkos pemeliharaannya murah
  • Infrastruktur berdimensi kecil
  • Pengembangannya cukup mudah
  • Berbagai sumber file dapat di salin dengan mudah tanpa harus memakai kabel.
  • Sangat mudah di instal dan juga terjamin sehingga sesuai untuk penggunaan di kantor ataupun di rumah.

Kekurangan Wireless

  • Kerahasiaan suatu data sangat rentan untuk dicuri.
  • Intervensi gelombang radio
  • Kelambatan atau delau yang besar
  • Rata-rata biaya peralatannya mahal
  • Terkadang ada ketidak cocokan atau tidak kompatibel apabila produknya dari produsen yang berbeda
  • Keadaan cuaca maupun udara memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas sinyal wireless artinya saat cuaca bagus akan bagus pula, begitupun sebaliknnya. Dan juga dipengaruhi oleh batas-batas dinding ruangan atau gedung.
  • Investasinya mahal, kalau dibandingkan dengan menggunakan media kabel
  • Sangat rentang untuk disadap koneksinya, jika dibandingkan dengan memakai media kabel.
Baca Juga :   Analisis Sistem : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Tahapan dan Contohnya

Prinsip Kerja Wireless

Prinsip kerja wireless ini dikarenakan oleh komputer yang memiliki built transreceiver seperti wakly-talky. Transreceiver dikenal juga dengan sebutan adapter wireless. Adapter wireless mengerjakan sejumlah pekerjaan. Yang paling awal adalah mendeteksi apakah ada jaringan wireless disekitar komputer melalui radio dan juga tuning menghubungkan penerima untuk mendeteksi ketika ada sinyal yang masuk. Setelah terdapat sinyal yang terdeteksi, untuk penautannya dengan cara sign dan otentifikasi pemakai (user). Data apa saja yang dikirim dari laptop atau komputer diubah lewat adaptor wireless, dari bentuk digital menjadi sinyal radio.

Transformasi sinyal dalam bentuk digital ke bentuk analog dinamakan dengan “modulasi”, sinyal data digital ditumpangkan ke gelombang radio analog. Beberapa wireless memiliki prinsip yang berbeda dalam melakukan hal ini, sehingga berakibat bagian data digital akan lebih banyak dibawa oleh gelombang radio analog.Umumnya frekuensi sinyal radio yang disalurkan memiliki frekuensi lebih dari 2,4 GHz diterima oleh suatu router wireless ataupun wireless adapter.

Router wireless merupakan sebuah stasiun penerima dari jaringan wireless. Masalah tersebut lalu direkonversi dari sinyal data radio ke dalam bentuk sinyal digital oleh sinyal demodulating dan menyalurkannya lewat koneksi kabel ethernet ke jalur super informasi yang dikenal dengan internet.

Baca Juga :   Pengertian Internet : Fungsi, Manfaat dan Dampak Internet

Prinsip kerja wireless selanjutnya ialah merupakan suatu proses kebalikan dari menerima informasi dari komputer melalui jaringan wireless. Saat ini router mendapatkan data digital dari internet dan juga memodulasi ke dalam bentuk analog. Kemudian antena adapter wireless mendapatkan sinyal analog yang dimodulasi dan demodulates kembali ke dalam bentuk digital lalu di kirim ke dalam komputer.

Suatu teknologi yang bisa menciptakan semua ini dapat terjadi karena adanya jaringan wireless, link yang terpenting dalam jaringan wireless adalah router dan juga adapter wireless atau Wi-FI. Dewasa ini, hampir seluruh laptop ataupun komputer telah dilengkapi dengan hadware maupun software wireless atau Wi-Fi. Didaerah sekitar router wireless yang memiliki kekuatan sinyal yang besar, tentunya kinerja wireless dalam melakukan pengiriman data akan lebih cepat pula…

Demikianlah penjelasan tentang pengertian wireless dan prinsip kerjanya, semoga bermanfaat untuk kita semua.