Pengertian Variabel Penelitian Beserta Jenis dan Contohnya

Pengertian Variabel Penelitian Beserta Jenis dan Contohnya – Untuk melengkapi artikel sebelumnya, kali ini kami akan jelaskan terkait dengan pengertian variabel penelitian beserta jenis dan contohnya.

Apa sih penelitian itu? Penelitian merupakan sebuah proses ilmiah dan sistematis untuk mengetahui segala sesuatu yang diinginkan. Dan hasilnya nantinya bisa digunakan untuk masyarakat atau bisa juga digunakan sebagai bahan acuan untuk proses penelitian selanjutnya yang lebih mendalam.

Pengertian Variable Penelitian Beserta Jenis dan Contohnya

Dalam penelitian ada banyak sekali komponen yang harus anda perhatikan salah satunya adalah objek yang akan anda teliti, yang mana dalam hal ini disebut sebagai variabel penelitian. Dalam penelitian, penentuan variable penelitian menjadi tahap awal yang harus anda kerjakan karena nantinya akan berkaitan dengan objek apa yang akan anda observasi.

Pengertian Variabel Penelitian

Secara umum variabel merupakan objek yang akan dijadikan penelitian baik abstrak ataupun real. Dalam proses penelitian ini harus sistematis dan sesuai dengan kaidah ilmiah, sehingga hasil dari observasi atau penelitiannya nanti bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain variabel penelitian, anda juga harus memperhatikan landasan teori yang akan anda gunakan dalam proses penelitian karena landasan teori ini nantinya akan mempengaruhi hasil penelitian anda. Sedangkan untuk jumlah variablenya ini bebas, tergantung pada jenis penelitian yang akan anda lakukan. Berikut beberapa devinisi variable penelitian :

  • Variabel penelitian adalah segala sesuatu yang memiliki variasi nilai atau memiliki nilai yang berbeda dan dapat ditukar.
  • Variabel penelitian merupakan suatu hal yang bisa berbentuk apa saja yang ditetapkan ileh peneliti untuk diobservasi atau dipelajari sehingga nantinya akan memperoleh hasil/informasi mengenai hal tersebut dan kemudian ditarik keimpulan.
  • Variabel penelitian merupakan kontruk atau sifat yang akan dipelajari.
Baca Juga :   Pengertian Masalah Sosial, Faktor dan Contohnya

Setelah mengetahui pengertian variabel penelitian langkah selanjutnya adalah mempelajari ragamnya. Berikut beberapa jenis variable penelitian yang harus anda ketahui :

Jenis – Jenis Variabel Penelitian

1. Variabel Bebas dan Terikat

Variable bebas merupakan objek penelitian yang memiliki sifat yang bebas dan hasilnya tidak dipengaruhi oleh apapun. Berbeda dengan variable terikat yang mana variable ini hasilnya bisa dipengaruhi oleh objek penelitian yang lain. Namun dari kedua variable tersebut nantinya akan saling berhubungan. Sebagai contoh pada penelitian yang berkaitan dengan hasil belajar dan minat belajar. Dari contoh tersebut objek bebasnya adalah minat belajar yang mempengaruhi hasil belajar.

2. Dinamis dan Statis

Jika pada variable bebas dan terikat lebih menekankan pada hubungan antar keduanya. Maka berbeda pada jenis variable ini. Variable bisa dikatakan dinamis jika karakter atau jumlahnya bisa berubah. Misalnya prestasi kerja, motivasi belajar dan lainnya. Dan untuk yang bersifat statis ini artinya tidak bisa dirubah seperti nama, jenis kelamin, pendidikan dan sebagainya.

Baca Juga :   Pengertian Ideologi : Fungsi dan Jenis-Jenis Ideologi

3. Konseptual dan Faktual

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa variable merupakan proses mengolah objek yang nyata maupun abstrak untuk mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan. Maksud dari konseptual ini sendiri adalah sebuah tahapan penelitian berdasarkan konsep yang sudah ada atau telah ditetapkan. Sedangkan faktual ini merupakan sebuah variable penelitian yang nyata dan ada sejak dulu. Dari sini bisa dilihat bahwa antara konseptual dan faktual memiliki karakter yang saling berlawanan. Sebagai contoh dari keduanya adalaha semangat belajar dan umur. Semangat belajar ini bersifat konseptual dan umur adalah sesuatu yang faktual sesuai dengan keadaan yang sebenarnya saat itu.

4. Aktif dan Atribut

Perlu kita ketahui bahwa ada variable penelitian yang bisa dimanipulasi dan ada yang tidak bisa dimanipulasi. Jika dilihat dari pendapat Kidder variable penelitian merupakan suatu hasil yang didapatkan oleh peneliti setelah menarik kesimpulan dari proses yang dilakukan. Disini ada dua jenis variable yaitu variable aktif yang mana objeknya bisa dimanipulasi, dan artibut yang mana sifat objeknya tidak bisa dirubah.

Baca Juga :   Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Untuk melakukan penelitian ada banyak hal yang harus kita pahami salah satunya adalah pengertian variable, yang mana nantinya bisa memudahkan anda untuk mendapatkan data yang anda inginkan. Setelah menentukan variable atau objek penelitian, langkah selanjutnya adalah mengolah dan melakukan evaluasi mengenai metode apa yang cocok untuk digunakan dalam penelitian anda. Selain itu anda juga bisa menentukan hipotesa yang mana hal ini menjadi salah satu bagian penting dalam proses penelitian.

Untuk menentukan variable penelitian ada beberapa hal yang harus anda ketahui yaitu bersifat relevan dengan tujuan penelitian, bisa dinilai dan diamati, mudah diidentifikasi, klarifikasi dan definisinya jelas. Karena variable ini menjadi salah satu objek penting dalam penelitian, maka anda harus bisa memilih variable sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Selain itu proses dan landasan teori yang digunakan juga bisa mempengaruhi hasil observasi.

Sehingga bisa kita tarik kesimpulan bahwa semakin bagus variable yang dipilih maka hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Demikian informasi yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian variable penelitian, jenis dan contohnya. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Sosial