Teks Prosedur Kompleks : Struktur, Ciri, Kaidah dan Contoh

Teks Prosedur Kompleks : Struktur, Ciri, Kaidah dan Contoh –  Masih soal materi Bahasa Indonesia, setelah kemarin telah kami sajikan informasi terkait dengan pengertian teks anekdot. Kali ini kami akan coba menjelaskan terkait dengan pengertian teks prosedur komplek, jenis, ciri-ciri dan kaidahnya.

Teks prosedur kompleks merupakan salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang mulai dikenalkan di kelas X. Layaknya teks anekdot, teks prosedur kompleks ini juga memiliki ciri-ciri khusus dan struktur yang membedakannya dengan teks lainnya. Lalu apa sih Teks Prosedur Kompleks itu? Berikut akan kami sajikan uraiannya :

Teks Prosedur Kompleks : Struktur, Ciri, Kaidah dan Contoh

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa prosedur merupakan suatu tahapan kegiatan untuk menyelesiakan suatu aktivitas.  Dan teks prosedur ini sendiri nantinya akan memberi tahukan bagaimana suatu pekerjaan dikerjakan dan diselesaikan melalui langkah-langkah atau tindakan.

Jadi pengertian teks prosedur kompleks adalah suatu teks mengenai langkah-langkah atau urutan-urutan untuk membuat sesuatu atau melakukan aktivitas tertentu dengan tujuan untuk mencapai apa yang diinginkan. Pasalnya dengan teks prosedur ini dapat mempermudah kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau kegiatan dengan baik. Sehingga untuk pembuatan teks prosedur ini anda harus benar-benar membuatnya secara detail dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dan untuk pembuatannya sendiri tidak boleh di acak.

Baca Juga :   Pengertian Drama : Ciri-Ciri, Jenis, Sejarah dan Unsur Drama

Sturktur Teks Prosedur Kompleks

Dalam pembuatan teks prosedur kompleks terdapat 3 struktur yaitu bagian tujuan, bagian material dan bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan bagian strukturnya :

1. Bagian Tujuan

Pada bagian ini berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan diwujudkan pada teks prosedur tersebut.

2. Bagian Material

Pada bagian ini berisikan informasi terkait alat atau bahan apa saja yang dibutuhkan untuk pembuatan teks prosedur tersebut. Namun tidak semua teks prosedur memiliki bagian ini dan biasanya bagian material ini ada di rsep masakan.

3. Bagian Langkah-langkah

Pada bagain ini berisikan langkah-langkah atau cara-cara apa saja yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu dan pada bagian ini urutannya tidak bisa diubah dan harus berurutan.

Untuk pembuatan teks prosedur ketiga struktur tersebut harus ada didalamnya agar membentuk paragraf yang saling berkaitan. Karena jika salah satu struktur tersebut hilang maka akan mempersulit pembaca dalam memahami teksnya.

Ciri – Ciri Teks Prosedur Kompleks

Untuk membedakan teks prosedur kompleks dengan teks anekdot, teks eksposisi, teks eksplanasi maupun teks lainnya tedapat beberapa ciri-ciri umum yang dimiliki teks prosedur kompleks ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Teks prosedur ini memuat kalimat perintah untuk pembaca agar melakukan langkah-langkah yang tertera dalam teks.
  • Teks prosedur ini bersifat objektif
  • Teks prosedur ini bersifat aktual dan akurat
  • Dari langkah-langkah yang telah disebutkan nantinya berkelanjutan dengan penjelasan
  • Bersifat universal
  • Teks prosedur ini disusun secara informatif dengan penjelasan secara mendetail
Baca Juga :   Pengertian Berita : Unsur, Jenis-Jenis, Teknik Pembacaan Berita

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Untuk kaidah kebahasaan dari teks prosedur kompleks ini sangat menonjol karena biasanya terdapat banyak konjungsi, kalimat perintah, verba imperatif, verba material dan tingkah laku dan partisipan manusia secara umum. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya ;

  1. Konjungsi yang menyatakan waktu (kegiatan), seperti kemudian, setelah itu, lalu dan selanjutnya.
  2. Kata kejra imperatif (Perintah) yaitu kata yang menyatakan perintah, keharusan, dan larangan.
  3. Verba material dan tingkah laku merupakan kata kerja yang mangacu pada tindakan fisik, dan verba tingkah laku merupakan tindakan yang dilakukan dengan sebuah ungkapan.
  4. Partisipan manusia yang berkaita dengan apakah teks prosedur kompleks yang disunting terdapat partisipan manusia atau tidak, dan partisipan manusiannya bukan secara khusus.

Contoh Singkat Teks Prosedur Kompleks

Kali ini sinau.info akan coba memberikan contoh singkat tentang teks prosedur kompleks yaitu cara membuat ceker setan :

Bahan-bahan :

  • 1/2kg ceker ayam
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • serai
  • 2cm kunyit dan lengkuas
  • 10 biji (sesuai selerah) cabai rawit
  • 6 biji cabai meraj
  • 2 lembar daun jeruk, daun salam
  • secukupnya gula, garam, penyedap rasa
Baca Juga :   Pengertian Customer Service, Tugas , Fungsi dan Syaratnya

Langkah-langkah :

  • Rebus ceker sekitar 1 jam dan tambahkan garam
  • Uleg/blander cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas
  • Tumis semua bumbu tersebut sampai wangi kemudian masukkan daun jeruk, daun salam, serai.
  • Kemudian masukkan ceker tambahkan air secukupnya dan terakhir tambahkan gula, garam, penyedap rasa.
  • Tunggu sampai air benar-benar menyusut dan ceker benar-benar empuk.
  • Setelah itu angkat dan sajikan.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian teks prosedur komplek, struktur, ciri-ciri, kaidah dan contohnya. Dari ulasan tersebut diatas bisa kami tarik kesimpulan bahwa teks prosedur kompleks harus dibuat dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan seperti contoh diatas dengan langkah-langkahnya harus berurutan. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Bahasa