Pengertian Teks Biografi, Ciri-Ciri, Tujuan dan Strukturnya

Pengertian Teks Biografi, Ciri-Ciri, Tujuan dan Strukturnya – Teks biografi merupakan suatu teks yang menjelaskan tentang kisah dan riwayat hidup seorang tokoh kepada pembaca. Teks biografi ini bisa kita temui dalam buku novel maupun jurnal yang menjelaskan tentang biografi seseorang seperti contoh biografi penulisnya atau tokoh tertentu.

Secara sederhana teks biografi ini mungkin sudah banyak yang mengetahui, namun kita juga harus mempelajari apa teks biografi itu secara mendalam. Pasalnya pembuatan teks biografi ini bisa berguna untuk mempelajari cara memperkenalkan diri saat hendak melamar pekerjaan. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan coba membagikan informasi terkait dengan pengertian teks biografi, ciri-ciri, tujuan dan struktur teks biografi. Berikut ulasannya :

Pengertian Teks Biografi, Ciri-Ciri, Tujuan dan Strukturnya

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi merupakan suatu teks yang menjelaskan atau memperkenalkan seorang tokoh mengenai riwayat hidup serta kelebihan dan kekuranagn yang mana nantinya bisa menjadi teladan bagi pembaca. Apabila ada teks yang memperkenalkan dirinya sendiri maka teks tersebut disebut autobiografi. Teks biografi ini biasanya terletak pada bagian belakang novel, buku cerita, laporan lain lain sebagainya. Sedangkan untuk autobiografi ini biasanya terletak pada lembar lamaran pekerjaan atau yang biasa kita kenal dengan daftar riwayat hidup.

Baca Juga :   Pengertian Drama : Ciri-Ciri, Jenis, Sejarah dan Unsur Drama

Ciri – Ciri Teks Biografi

1. Dibuat Berdasarkan Fakta

Teks biografi ini berisikan fakta sesuai dengan kisah hidup seorang tokoh yang diceritakan. Biasanya gaya penulisan dari teks biografi ini sendiri dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.

2. Isinya Dapat Menginspirasi

Dalam teks biografi ini biasanya terdapat kisah menarik dan menginspirasi dari kehidupan tokoh untuk para pembacanya. Sehingga tidak heran jika kebanyakan contoh teks biografi adalah kisah hidup tokoh-tokoh terkenal dan sukses. Umumnya kisah kesuksesan merekalah yang diangat dalam penulisan sehingga nantinya bisa menginspirasi pembacanya.

3. Memiliki Struktur yang Jelas

Layaknya teks lainnya, teks biografi ini juga harus memiliki struktur yang jelas yang nantinya bisa membedakan antara tes biografi dengan jenis teks lainnya.

Tujuan Teks Biografi

Dalam penulisan teks biografi terdapat beberapa tujuan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan pertama adanya teks biografi ini adalah untuk menginspirasi para pembaca bahwa untuk meraih prestasi atau kesuksesan itu dibutuhkan usaha, kerja keras, doa dan tawakkal. Yang mana ketika kita mau berusaha tentu akan membuahkan hasil.
  2. Tujuan kedua adalah memotivasi para pembaca untuk lebih giat dalam bekerja, bekerja maupun melakukan kegiatan lainnya dengan sungguh-sungguh agar nantinya bisa menjadi orang yang sukses dan bermanfaat untuk orang lain.
  3. Selanjutnya adalah memberikan informasi bawaha setuap manusia yang memiliki jabatan tinggi maupun tidak tinggi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang nantinya akan menyadarkan para pembaca untuk tidak terlalu mengidolakan tokoh secara berlebihan.
  4. Tujuan teks biografi selanjutnya adalah sebagai contoh atau mengambil hikmahnya. Sehingga segala hal baik yang dilakukan oleh tokoh bisa anda contoh dan yang tidak baik bisa ditinggalkan.
  5. Selain itu tujuan dari teks biografi adalah agar pembaca bisa menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik dalam hidupnya. Sehingga dengan teks biografi ini pembaca bisa mengambul pelajaran dari biografi seorang tokoh.
Baca Juga :   Teks Eksposisi : Pengertian, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya

Struktur Teks Biografi

Layaknya teks lainnya, teks biografi ini juga memiliki strukur yang mana untuk struktur teks biografi ini sendiri dibagai menjadi tiga bagian yaitu :

  • Orientasi, pada bagian ini teks biografi ini berisikan pengenalan tokoh atau gambaran awal tokoh yang sedang menjadi topik.
  • Peristiwa dan Masalah, pada bagian ini berisikan mengenai peristiwa atau kejadian apa saja yang pernah dialami oleh tokoh dalam meraih tujuan serta hal apa saja yang mengesankan dalam hidup serta hal apa saja yang menyedihkan dalam hidup yang pernah dirasakan oleh tokoh. Sehingga bisa dikatakan semua kisah hidupnya ada pada bagian ini,
  • Reorientasi, pada bagian ini merupakan bagian penutup yang mana berisikan kesan dan pesan penulis terhadap tokoh yang dijadikan topik.

Dari struktur teks biografi diatas bisa disimpulkan bahwa teks biografi ini berisikan cerita mengenai tokoh baik itu kelebihan dan kekurangannya serta memuat hal-hal yang berkesan dalam hidupnya. Dan struktur teks biografi ini menjadi hal yang penting dan menjadi pembeda dari teks teks lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Menyimak : Fungsi, Tujuan, Jenisnya

Demikian informasi yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian teks biografi, ciri-ciri, tujuan dan struktur teks biografi. Semoga dengan ulasan ini bisa memberikan pemahaman kepada kita semua khususnya buat anda yang membutuhkan. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Bahasa