Supervisor Adalah – Pengertian Supervisor, Tugas, dan Tanggung Jawab SPV

Pengertian Supervisor, Tugas, dan Tanggung Jawab SPV – Jika diartikel sebelumnya telah kami jelaskan terkait dengan pengertian marketing / pemasaran, kali ini akan kami jelaskan terkait dengan pengertian supervisor, tugas dan tanggung jawab seorang spv. Yang mana dalam hal ini masih dalam lingkup yang sama yaitu mencakup struktur organisasi suatu perusahaan dalam mencapai keberhasilan.

Apa sih supervisor itu? Tentu istilah tersebut sudah tidak asing lagi bagi kita, khususnya bagi kita yang bekerja di suatu perusahaan. Namun, keberadaan supervisor atau yang biasa disebut SPV ini sudah mulai merambat kesemua bidang bisnis yang tidak hanya diperusahaan besar saja. Namun saat ini kita juga bisa menemui Supervisor dan manajer dalam struktur organisasi di sebuah cafe atau resto.

Supervisor Adalah - Pengertian Supervisor, Tugas, dan Tanggung Jawab SPV

Dalam bahasa Inggris SPV adalah supervise yang artinya mengawasi atau mengarahkan. Secara umum pengertian supervisor adalah suatu jabatan yang bertugas untuk mengawasi dan mengarahkan. Untuk lebih jelasnya berikut pengertian supervisor menurut para ahli.

Pengertian Supervisor Menurut Para Ahli

1.  Sarwoto (1993)

Menurut Sarwoto, pengertian supervisor adalah seseorang yang bertanggung jawab atas tugas terhadap kelompoknya dalam suatu organisasi.

Baca Juga :   Pengertian Administrasi : Tujuan, Fungsi dan Ciri-Ciri Administrasi

2. Raphael, R. Kavanaugh dan D. Ninemeire

Menurut Raphael, R. Kavanaugh dan D. Ninemeire, pengertian supervisor adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan anak buahnya dalam suatu organisasi atau perusahaan.

3. Moekijat (1990)

Menurut Moekijat, pengertian supervisor adalah seorang anggota perusahaan yang bertanggung jawab atas pekerjaan anak buahnya terhadap manajemen yang lebih tinggi.

Dari beberapa pengertian tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa supervisor atau SPV adalah seseorang yang memiliki wewenang dari pejabat diatasnya untuk mengawasi, mengarahkan dan memberikan perintah kepada anak buahnya untuk melakukan suatu pekerjaan. Namun perlu kita ketahui juga bahwa tugas supervisor disetiap perusahaan itu berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda.

Tugas Supervisor Dalam Perusahaan

Bisa dikatakan bahwa tugas supervisor ini tergolong sulit karena sebagai spv kita harus membawahi beberapa orang untuk mengatur, mengawasi dan mengarahkan suatu kelompok kerja yang tentunya hal itu tidaklah mudah. Berikut beberapa tugas supervisor yang harus anda ketahui :

  • Tugas supervisor yang pertama adalah menyampaikan kebijakan perusahaan atau organisasi yang telah disepakati oleh pejabat diatasnya kepada anak buahnya.
  • Selain itu tugas supervisor ini adalah mengerjakan proyek dan tugas lainnya secara langsung.
  • Tugas supervisor yang ketiga adalah mengatur progress pekerjaan dan membagi kelompok yang dibawah wewenangnya.
  • Memberikan training kepada subordinatnya.
  • Memberikan breafing dan pelatihan kerja.
  • Mendisiplinkan karyawan yang cerobah dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Selain itu tugas supervisor yang lain adalah membuat jadwal kerja untuk beberapa waktu kedepan agar bisa berjalan sesuai dengan rencana.
  • Memberikan motivasi kepada staff.
  • Serta menjalankan dan mentaati seluruh peraturan perusahaan.
Baca Juga :   Pengertian Saham : Manfaat, Jenis-Jenis dan Resiko Saham

Tanggung Jawab Supervisor

Selain memiliki tugas, supervisor disini juga memiliki tanggung jawab yang harus ditepati. Berikut beberapa tanggung jawab seorang supervisor :

1. Planning

Tanggung jawab seorang supervisor yang pertama adalah harus membuat rancangan progress kegiatan atau pekerjaan yang akan dilaksanakan dalam beberapa waktu kedepan agar bisa mencapai target yang telah ditentukan.

2. Ordanizing

Setelah merencanakan progrees kegiatan atau pekerjaan selama beberapa waktu kedepan, seorang supervisor juga harus mengkoordinasikan tim nya agar bekerja sesuai dengan progress yang telah ditentukan.

3. Staffing

Setelah melakukan koordinasi dengan tim, tanggung jawab supervisor adalah membagi tugas kepada bawahannya agar pekerjaannya bisa dikerjakan sesuai planning.

4. Directing

Setelah membagi tugas kepada bawahannya, tanggung jawab spv selanjutnya adalah mengawasi dan mengarahkan pekerjaan agar sesuai dengan planning awal dan tidak melenceng dari progress.

5. Controling

Tanggung jawab SPV yang terakhir adalah mengontrol staff bawahan dan pekerjaannya agar selalu berada pada rencana yang telah dibuat dari awal.

Ciri – Ciri Supervisor

Sebagai seorang supervisor, kita harus memiliki ciri-ciri seperti dibawah ini :

Baca Juga :   Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya

1. Seorang supervisor tentunya harus memiliki kepribadian yang baik, jujur dalam semua perbuatan dan bertanggung jawab atas apa yang sudah ia katakan.

2. Seorang supervisor harus kooperatif dimana ia harus pandai dalam menjalin kerjasama antar atasan maupun bawahannya dan terhadap konsumen.

3. Seorang supervisor harus kompeten, dimana ia harus bisa kompeten dibidangnya dalam merencanakan, mengawasi kinerja anak buahnya sesuai dengan standart yang ada.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian supervisor lengkap dengan tugas dan tanggung jawab seorang supervisor. Dengan begini kita bisa tau betapa beratnya tugas bagi seorang supervisor. Alangkah baiknya jika kita mempertimbangkan terlebih dahulu jika mendapatkan promosi dari perusahaan untuk diangkat menjadi supervisor. Apakah sudah siap dengan tugas dan tanggung jawab yang akan dijalankan. Demikian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Ekonomi