Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya – Mungkin secara tidak sadar kita sering kali mendengar istilah ini dalam kegiatan sehari-hari. Namun apakah arti sebenarnya dari sistem? Sistem merupakan kumpulan suatu unsur yang bergabung menjadi satu kesatuan dan memiliki tujuan yang sama. Dimana unsur-unsur dalam sitem tersebut nantinya akan saling berhubungan satu sama lain untuk memudhakan mencari informasi agar bisa mencapai tujuan bersama.

Selain itu di dalam sistem juga terdapat unsur-unsur penggerak sehingga penggereak tersebut nantinya saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan.  Sebagai contoh misalnya tubuh manusia yang terdiri dari berbagai sistem seperti panca indera, sistem pernafasan, sistem eksresi dan lain sebagainnya. Dimana dari masing-masing sistem yang dalam tubuh tersebut memiliki komponen dengan fungsi masing-masing tapi memiliki tujuan yang sama dan berhubungan satu sama lain.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian sistem menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Indrajit

Sistem merupakan sautu perkumpulan komponen yang memiliki hubungan antara komponen satu dengan komponen lainnya.

2. Jogianto

Menurut Jogianto sistem adalah gabungan dari banyaknya elemen yang memiliki hubungan yang saling berinteraksi untuk menyelesaikan suatu tujuan tertentu. Menurut Jogianto menyatakan bahwa sistem dapat digambarkan sebagai sautu kejadian yang nyata dan dapat berupa manusia, benda atau orang yang nyata.

3. Murdick, R. G

Menurut Murdick sistem merupakan sautu kimpulan elemen yang didalamnya terdapat prosedur yang nantinya digunakan untuk mencari suatu tujuan bersama melalui cara pengoperasian barang dan data pada saat tertentu. Untuk cara ini biasanya ditujukan untuk mendapatkan data atau informasi yang diinginkan.

4. Harijono Djojodihardjo

Menurut Harijono sistem merupakan gabungan suatu objek yang memiliki hubungan, baik itu dari segi fungsi maupun hubungan dari setiap ciri0-diri dari obyek yang dengan keselurhan nantinya menjadi satu kesatuan yang memiliki fungsi.

Baca Juga :   Pengertian Internet : Fungsi, Manfaat dan Dampak Internet

5. Lani Sindharta

Sitem merupakan kumpulan beberapa unsur dimana unsur tersebut saling berkaitan bersama dan beroperasi dalam mencapai suatu tujuan bersama.

6. Colin Cherry

Menurut Colin sistem merupakan suatu kesuluhan yang dibentuk dari berbagai bagian yang berasal dari berbagai sifat dan bagian-bagiannya.

7. Pamudji

Pengertian sistem menurut Pamudji adalah suatu keseluruhan yang terorganisis atau suatu kebulatan yang kompleks. Selain itu Pamudji juga menyatakan bahwa sistem adalah suatu paduan himpunan dari banyak hal sehingga nantinya akan membentuk suatu kesatuan yang utuh. Dimana kesatuan yang utuh tersebut mencakup berbagai macam komponen yang termasuk sistem. Dan sistem tersebut memiliki fungsi masing-masing yang berkaitan antara satu sitem yang satu dengan sistem yang lain untuk mencapai tujuan yang sama.

8. Sumantri

Menurut Sumantri sistem merupakan sekelompok bagian yang mana dari bagian tersebut saling mengisi dan bekerjasama dalam menjalankan maksud tertentu. Apabila salah satu sistem sedang terganggu atau mengalami masalah maka nantinya juga akan berpengaruh pada sistem lainnya. Akibatnya dari keseluruhan bagian tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Baca Juga :   Pengertian Wireless dan Prinsip Kerjanya

9. Prajudl

Pengertian sistem menurut Prajudl adalah suatu jaringan yang terdiri dari prosedur-prosedur yang saling terkait satu sama lain. Yang mana keterkaitan tersebut berdasarkan pola yang bulat yang dapat menggerakkan fungsi utama maupun urusan.

10. R. Fagen dan A. Hall

Menurut R. Fagen dan A. Hall sistem merupakan suatu kumpulan dari objek yang memiliki suatu hubungan antara masing-masing obyek termasuk hubungan mengenai sifat-sifat yang mereka miliki.

11. Arifin Rahman

Pengertian sistem menurut Arifin Rahma adalah sekumpulan pendapat, prinsip dan unsur lainnya yang memiliki bentuk sebagai kesatuan yang saling berhubungan.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian sistem menurut para ahli yang nantinya bisa anda jadikan sebagai bahan acuan. Dari beberapa pengertian sistem tersebut bisa kami tarik kesimpulan bawha sistem merupakan suatu komponen yang terhubung satu sama lain dengan fungsinya masing-masing yang kemudian komponen tersebut menjalankan fungsinya sendiri untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sekian dari kami semoga bermanfaat.