Pengertian Seni : Fungsi, Tujuan dan Macam-Macam Seni

Pengertian Seni : Fungsi, Tujuan dan Macam-Macam Seni – Seni merupakan sesuatu yang tidak semuanya memilikinya. Pasalnya seni ini memiliki nilai yang sangat tinggi, dimana seni ini bisa di ungkapkan dengan berbagai hal. Misalnya dengan lukisan, gerakan, tarian dan lain sebagainya. Seni merupakan suatu bawaan sejak lahir yang dimiliki oleh seseorang. Dimana hal ini adalah bentuk naluri yang dimiliki oleh seseorang. Dan untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan informasi tentang pengertian seni dan ruang lingkupnya. Berikut ulasannya.

Pengertian Seni

Pengertian Seni : Fungsi, Tujuan dan Macam-Macam Seni

Seni adalah suatu ekspresi jiwa yang indah yang di ungkapkan lewat suatu media dan bersifat nyata serta dapat di rasakan oleh lima panca indra manusia. Kata seni berasal dari bahasa sansekerta “Sani” yang artinya pemujaan, persembahan dan pelayanan. Jadi, kata tersebut mempunyai kaitan erat dengan upacara keagaan yang juga dikenal dengan sebutan ‘kesenian’.Sedangkan jika menurut kajian yang ada dalam ilmu eropa dikatakan dengan ‘art’ yang berarti artivisual dari sebuah benda yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

 

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula pendapat-pendapat yang mencuat yang disampaikan oleh beberapa ahli di dunia ini untuk sekedar menguraikan tentang seni menurut sudut pandang mereka. Berikut dibawah ini merupakan beberapa pendapat para ahli tersebut.

  • Leo Tolstoy : Seni adalah sebuah perumpamaan perasaan penciptak yang kemudiang di ungkapkan kepada orang lain dengan harapan agar mereka dapat ikut merasakan apa yang di rasakan oleh pencitanya.
  • Eric ariyanto : Seni adalah aktifitas batin yang kemudian digambarkan dalam bentuk karya yang dapat membangunkan perasaan senang dari orang lain yang mendengar ataupun melihatnya.
  • Popo Iskandar : Seni adalah suatu hasil ungkapan emosi yang ingin dipertontonkan kepada orang lain dalam hidup bermasyarakat.
  • Nandawan L.Hasan : Seni adalah ekspresi jiwa yang mempunyai unsur keindahan dan diluapkan melalui sebuah media tertentu yang memiliki sifat nyata dan dapat dinikmati oleh kelima panca indra.
  • Ki Hajar Dewantara : Seni adalah perbuatan manusia yang muncul dari perasaan yang memiliki sifat indah, sehinggadapat menggetarkan hati dan perasaan manusia.
  • Aristoteles : Seni adalah usaha untuk menirukan yang dilakukan terhadap alam, tetapi harus bersifat ideal.
  • Plato dan Rousseau : Seni adalah hasil penirutan dari alam dengan segala seginya.
Baca Juga :   Pengertian Tari Tradisional dan Contoh Tari Tradisional

Fungsi Seni

Jika dilihat dari pengertian seni yang telah dijelaskan diatas, secara umum fungsi seni adalah sebagai bentuk untuk menyampaikan ekspresi seseorang kepada orang lain dan lingkungannya. Fungsi seni ini sendiri dibedakan menjadi dua macam yaitu fungsi seni bagi individu dan fungsi seni bagi sosial. Berikut ulasannya :

A. Fungsi Seni Bagi Individu

Bagi seseorang seni merupakan alat pemenuhan kebutuhan mereka. Dimana seseorang tersebut bisa mengeskpresikan perasaannya melalui seni seperti melukis, menari dan lainnya. Adapun bentuk kebutuhan tersebut diantaranya :

  1. Seni Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik : Seperti yang kita tau bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan kecerdasan dan kecakapan dalam memberikan apresiasi pada keindahan dan penggunaan berbagai benda. Dalam proses pemenuhan kebutuhan fisik ini bara seniman biasanya memiliki peran penting dalam menciptakan benda-benda yang bernilai seni untuk pemuasan kebutuhan fisik dan membeirkan kenyamanan bagi orang lain.
  2. Seni Sebagai alat Pemenuhan Kebutuhan Emosional : Emosi merupakan sautu perasaan yang ada pada diri manusia yang bisa berupa perasaan senang, marah, sedih, haru, cinta, benci dan lainnya. Dan semua orang perlu meluapkan perasaan dalam diri mereka agar kondisi kejiwaannya tetap normal. Biasanya untuk memenuhi kebutuhan emosional tersebut seseorang membutuhkan dorongan dari luar dirinya. Seperti seseorang ayng memiliki jiwa seni dan estetika akan mengungkapkan emosinya melalui lukisan, musik. Atau ketika seseorang sedang merasa stress maka ia akan membutuhkan waktu untuk rekreasi, nonton bioskop atau hal lainnya yang bisa meredakan tekanan jiwanya.
Baca Juga :   Pengertian Tari Tradisional dan Contoh Tari Tradisional

B. Fungsi Seni Bagi Sosial

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan sesama dalam suatu lingkungan. Dalam hal ini seni juga berfungsi sebagai media untuk pemenuhan kebutuhan sosial tersebut, berikut diantaranya :

  • Seni Sebagai Media Agama / Kepercayaan
  • Seni Sebagai Media Pendidikan
  • Seni Sebagai Media Informasi
  • Seni Sebagai Media Hiburan

Macam – Macam Seni

Seni dibagi terbagi atas beberapa macam, diantaranya adalah Seni rupa, seni kriya dan seni sastra. Seni rupa sendiri dibagi menjadi beberapa macam, tergantung dari bentuk dan kegunaannya. Jika di tinjau dari kegunaannya seni rupa dibagi atas seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Sedangkan apabila ditinjau dari segi bentuknya seni rupa dibagi menjadi dua yaitu dua dimensi (dwimatra) dan tiga dimensi (trimatra).Begitupun dengan seni sastra yang terbagi atas puisi, pantun, novel yang selanjutkan berkembang menjadi dram teater dan lain sebagainya. Berikut ulasannya :

1. Seni Musik

Seni musik merupakan suatu karya seni yang menggunakan bunyi sebagai unsur utama untuk menunjukkan keindahan. Selain itu dalam musik juga terdapat unsur lain seperti harmonisasi, melodi dan notasi. Selain dari alat-alat musik, bunyi tersebut juga bisa dihasilkan melalui manusia seperti akapela atau beatbox.

2. Seni Rupa

Seni rupa merupakan suatu karya seni yang bisa kita nikmati melalui media pengelihatan atau visual art. Seni rupa berfokus pada karya yang memiliki wujud dan rupa yang di ekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan tangan, multimedia dan lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Tari Tradisional dan Contoh Tari Tradisional

3. Seni Tari

Seni tari merupakan suatu bentuk seni yang memanfaatkan gerakan tubuh untuk melihatkan keindahan. Pasalnya dengan tarian seseorang bisa menyampaikan pesan tertentu melalui gerakan tarian tersebut.

4. Seni Sastra

Seni sastra merupakan suatu bentuk seni yang bisa kita nikmati melalui media pendengaran dan penglihatan. Dengan seni sasta yang berupa suatu kata-kata atau kalimat seseorang bisa menyampaikan pesan dan kesan dengan cara yang indah. Contoh seni sastra seperti puisi (suara) dan kaligrafi (tulisan).

5. Seni Teater

Seni teater merupakan suatu seni yang memvisualisasikan imajinasi seseorang yang mana hasil imajinasi tersebut diaplikasikan dengan perilaku makhluk hidup baik secara individu maupun kelompok.

Tujuan Pemakaian Seni

Sejak ribuan tahun yang lalu manusia telah mengenal dan memahami yang namanya seni, yang dipakai sebagai media untuk berkomunikasi yang di wujudkan dalam bentuk gambar yang melukiskan kegiatan mereka pada zaman dulu (umumnya terdapat pada dinding-dinding goa prasejarah).

Selain dari pada itu, dahulu kala seni juga digunakan sebagai media pemujaan antara alam dan makhluk. Sehingga seni sangat berkaitan erat dengan hal-hal yang bersifat magis dalam suatu kultur. Akan tetapi berbeda halnya dengan zaman sekarang, seni sudah berkembang sangat pesat dan mempunyai fungsi yang lebih masuk akal dari pada sebelumnya.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian seni, fungsi, tujuan dan macam-macam seni. Semoga dari penjelasan tersebut bisa memberikan wawasan baru khususnya buat anda yang sedang mendalami seni. Sekian dari kami semoga bermanfaat.