Pasar Bebas : Pengertian, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Pasar Bebas : Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya – Tentu kita sudah sering mendengar istilah pasar dalam kehidupan sehari-hari. Dimana pasar merupakan suatu tempat dimana banyak penjual dan pembeli berkumpul dalam satu tempat yang bisa berupa bahan pokok dan perabot rumah tangga.

Tapi apakah kita tau apa itu pasar bebas? Suatu istilah yang juga mungkin sudah sering kali kita dengar. Pasar bebas ini merupakan salah satu bentuk pasar yang dimana segala bentuk kebijakan baik harga atau lainnya tidak ada patokan atau paksaan dari pihak lain atau pemerintah. Iya sesuai namanya untuk penentuan harga bisa bebas tanpa campur tangan pihak lain.  Serta semua pihak juga memiliki kebebasan dalam beraktifitas maupun menetapkan sebuah kebijakan dan lainnya.

Pasar Bebas : Pengertian, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Selain itu perlu anda ketahui juga bahwa harga dalam pasar bebas ini juga ditentukan oleh permintaan dan penawaran antara penjual dan pembeli. Jadi secara umum pasar bebas merupakan sebuah konsep perekonomian yang mengacu pada penjualan produk yang dilaksanakan antar negara tanpa adanya pemungutan pajak atas ekspor dan impor atau hambatan perdagangan yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan informasi terkait dengan pengertian pasar bebas, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya. Berikut ulasannya :

Pengertian Pasar Bebas

Tahukah kamu apa yang dinamakan pasar bebas? Pasar bebas merupakan sebuah pasar dimana penjual dan pembeli memiliki kebebasan penuh dalam menetapkan masalah perdagangan dan juga bisnisnya. Bisa juga disebut dalam sistem ekonomi pasar bebas dimana baik penjual ataupun pembeli mempunyai kebebasan penuh dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan perdagangan mereka. Akan tetapi meskipun namanya pasar bebas, pada dasarnya tidak benar-benar bebas, karena masih ada aturan-aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh kedua pihak.

Baca Juga :   Pengertian Anggaran : Jenis, Manfaat dan Tujuannya

Definisi lainnya dari pasar pasar bebas ialah suatu proses kegiatan ekonomi yang dilaksanakan dengan tanpa adanya suatu aturan atau hambatan buatan yang diterapkan oleh pemerintah dalam perdagangan antar perorangan dan perusahaan yang berada dinegara lain. Tanpa adanya suatu halangan dari pemerintah untuk melakukan perdagangan, pastinya ada kebebasan aturan, cara, dan jenis barang yang dijual. Efeknya, akan memunculkan suatu persaingan usaha dagang yang super ketat baik itu antar perorangan maupun perusahaan yang ada di negara yang berbeda, atau yang biasa kita sebut dengan istilah ekspor – impor atau proses penjualan dan proses pembelian yang dilaksanakan antar negara berbeda.

Pengertian Pasar Bebas Menurut Beberapa Ahli

  • Adam Smith: pasar bebas merupakan wadah untuk menampung sesuatu yang dihasilkan oleh setiap orang yang berasal dari paham kebebasan yang disediakan kepada para pelaku ekonomi untuk mengusahakan kegiatan ekonomi sesuai dengan keinginan mereka tanpa adanya campur tangan dari pemerintah.
  • David Ricardo: perdagangan bebas adalah suatu sistem dagang luar negeri yang mana tiap-tiap negara melakukan usaha dagangnya tanpa ada halangan dari negara itu sendiri.

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar Bebas

  • Sumber produksi dan alat bisa dimiliki serta ditata oleh seseorang, masyarakat, maupun perusahaan.
  • Terdapat pembagian kelas dalam masyarakat, yaitu kelas pekerja dan kelas pemilik modal.
  • Adanya persaingan antar pengusaha untuk memperoleh keuntungan yang optimal atau sebesa-besarnya (profit motive).
  • Tidak adanya campur tangan dari pemerintah dalam pasar. Lalu campur tangan dari negara terbatas hanya pada berbagai hal yang tidak bisa diusahakan oleh swasta, tetapi menjadi syarat terselenggaranya pasar bebas, contohnya keamanan negara.
Baca Juga :   Supervisor Adalah - Pengertian Supervisor, Tugas, dan Tanggung Jawab SPV

Kelebihan Sistem Ekonomi Pasar Bebas

1. Setiap orang bebas memiliki kekayaan serta sumber daya produksi.

Hal ini menjadikan masyarakat dalam suatu negara bisa lebih sadar dan produktif dalam melaksanakan segala kegiatannya terutama pada bidang perekonomian. Selain itu masyarakat juga akan mendukung sepenuhnya untuk kemajuan perekonomian suatu negara.

2. Kreatifitas dan inovasi dari masyarakat dapat dikembangkan.

Dengan adanya kebabasan yang diberikan pemerintah dalam mengerakkan pasar bebas, maka masyarakat pun akan dengan bebas memunculkan berbagai macam kreatifitas dan inovasi dalam dunia perekonomian. Iya, dengan adanya pasar bebas mereka bisa mendapatkan kebebasan dalam berfikir, berpendapat dan lainnya sehingga akan timbul kreatifitas dan inovasi yang akan membantu perkembangan perkenomian negara.

3. Adanya suatu persaingan antar produsen yang berakibat terciptanya berbagai macam produk yang berkualitas.

Persaingan bebas tentu menjadi makan sehari-hari di pasar bebas. Hal ini tentu menjadi hal positif bagi perjalanan perekonomian negara. Dengan adanya persaingan yang ketat terhadap produk tentu akan timbul motovasi yang tinggi dari setiap individu untuk menciptakan sebuah produk yang berkualitas. Hal ini tentu wajib dilakukan jika tidak ingin kalah saing dengan pihak lain.

4. Efesiensi dan efektifitas yang tinggi karena tindakannya selalu atas dasar prinsip ekonomi.

Meski terbilang bebas, namun dalam pasar bebas tetap ada sebuah peraturan yang harus di patuhi dimana segala bentuk kegiatan harus berdasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi. Dengan begitu kebebasan yang terjadi akan membuahkan hasil yang maksimal karena berjalan sesuai prinsip ekonomi.

Baca Juga :   Pengertian Saham : Manfaat, Jenis-Jenis dan Resiko Saham

Kekurangan Sistem Ekonomi Pasar Bebas

1. Terjadinya eksploitasi kepada masyarakan yang ekonominya lemah oleh pihak yang ekonominya kuat.

Salah satu kekurangan dari pasar beas adalah terjadinya eksploitasi yang dilakukan oleh para pengusaha kepada masyarakat yang lemah. Dimana para penguasa bebas bertindak sesuka hatinya yang mana pihak yang lemah harus mematuhinya. Kenapa hal itu bisa terjadi? Pasalnya hal ini memang bisa terjadi karena pihak yang lemah membutuhkan hal ini untuk memenuhi kebutuhannya dan menerima apapun yang diinginkan oleh penguasa.

2. Bisa menimbulkan terjadinya monopoli yang dapat merugikan masyarakat.

Kekurangan dari pasar bebas selanjutnya adalah terjadinya monopoli. Dimana kebebasan diberikan seluas-luasnya kepada semua pihak. Sehingga dengan adanya monopoli akan pemperkaya pihak yang memiliki kekuatan dan kekuasaan sehingga membuat yang lemah semakin miskin.

3. Munculnya kesenjangan ekonomi antara golongan ekonomi kuat dengan ekonomi lemah.

Perlu kita ketahui bersama bahwa dalam pasar bebas juga sangat mudah timbul kesenjangan ekonomi. Dimana pihak atas dan bawah tidak bisa bersinergi dengan baik. Sehingga pihak yang memiliki kekuatan pasti akan berkuasa dan yang lemah akan menjadi semakin lemah.

4. Bisa menimbulkan ketidak stabilan perekonomian.

Kekurangan lain dari pasar bebas adalah menjadikan perekonomian suatu negara cenderung tidak stabil karena dalam pasar ini sering terjadi masalah karena banyak pihak yang bersaing sehingga menimbulkan persaingan yang ketat untuk mendapatkan yang terbaik.

Demikan uraian singkat yang bisa kami sajikan untuk anda mengenai pengertian pasar bebas, semoga uraian diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Categories Ekonomi