Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara – Kita pasti sudah mengenal pancasila sejak sekolah dasar. Bakah mulai dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMA kita selalu melafalkannya setiap upacara bendera. Namun sebenarnya apasih pengentian pancasila tersebut? Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak pengertian dan penjelasan mengenai pancasila sebagai berikut.

Pengertian Pancasila

Pancasila berasala dari dua kata yang digabung menjadi satu. Yakni,” panca = lima” dan “sila =peraturan tingkah laku yang baik” sehingga dapat kita simpulkan bahwa pancasila berati lima aturan dalam bertikah laku. Panca sila merupakan dasar negara indonesia atau sering juga disebut dengan sering disebut dasar falsafah negara (dasar filsafat negara/philosophische grondslag) dari negara, ideologi negara (staatsidee). Pancasila dipergunakan sebagai dasar dalam mengatur dan menjalankan mengatur pemerintahan negara indonesia.

Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara

Selain itu pengertian pancasila sebagai dasar negara juga dimuat dalam Pembukaan UUD 1945 Alinea IV yang berbunyi. “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang berbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Baca Juga :   Perilaku Konsumen : Pengertian, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi

Pancasila juga disebut sebagai idiologi negara atau dasar negara. Dalam hal ini pancasila memiliki peran penting dalam menentukan hukum negara, jiwa negara dan kepribadian negara. Dasar negara mempunyai hakikat dan kedudukan yang tetap, kuat, dan tak berubah bagi negara yang dibentuk. Dengan perkataan lain, tidak dapat di ubah dengan cara apapun. Fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai pokok kaidah yang fundamental negara akan selalu tetap sampai kapanpun. Karena mengubah dasar negara sama halnya dengan mengubah negara itu sendiri. Selain itu pancasila juga dijadikan dasar hukum UUD di indonesia.

Sebagai dasar negara republik indonesia, Pancasila berperan dalam mengatur seluruh tatanan kehidupan bangsa dan negara Indonesia, maksutnya segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan sistem ketatanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus berasaskan Pancasila. Selain itu juga bahwa semua peraturan yang berlaku di negara Republik Indonesia haruslah bersumber kepada Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara, dapat diartikan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan negara. Pancasila menurut Ketetapan MPR No. III/MPR/2000 merupakan “sumber hukum dasar nasional”.

Dalam kedudukannya sebagai dasar negara maka Pancasila berfungsi sebagai berikut:

  1. Sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) yang berlaku di Indonesia. Atau dapat kita sebut Pancasila sebagai asas kerohanian tertib hukum Indonesia;
  2. Suasana kebatinan (geistlichenhinterground) dari UUD; yakni dasar dalam menetapkan UUD negara republik indonesia.
  3. Cita-cita hukum bagi hukum dasar negara; yakni sebagai tujuan didiriakannya negara republik indonesia.
  4. Norma-norma yang mengharuskan UUD mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur;
  5. Sumber semangat bagi UUD 1945, penyelenggara negara, pelaksana pemerintahan.
Baca Juga :   Kesehatan Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Sasaran dan Ruang Lingkupnya

Fungsi Pancasila Bagi Indonesia

Seperti yang kita tau bahwa Pancasila menjadi dasar Negara Indonesia. Dan pancasila sendiri memiliki beberapa fungsi bagi Indonesia. Berikut fungsi pancasila :

1. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia, fungsi pancasila yang pertama adalah sebagai jiwa bangsa Indonesia sehingga diharapkan masyarakat Indonesia bisa menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupannya.

2. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia, Seperti yang kita tau bahwa bangsa Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang menjadikan Indonesai memiliki kepribadian dan menjadi pembeda dengan negara lain. Keuinikan tersebut diwujudkan dalam perilaku dan sikap menyal masyarakat Indonesia yang berlandaskan pada pancasila.

3. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum, Fungsi pancasila berikutnya adalah menjadi dasar hukum yang berlaku di Indonesaia. Dengan kata lain semua hukum yang berlaku di Indonesai tiadk boleh bertentangan dengan pancasila yang menjadi dasar negara.

4. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, Selain itu pancasila juga berfungsi sebagai pandagan hidup bangsa Indonesia dan sebagai petunjuk berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dan segala bentuk cita-cita dan moral bangsa dan budaya harus bersumber dari pancasila yang merupakan satu kesatuan yang utuh.

Baca Juga :   Pengertian Etika, Ciri-Ciri, dan Jenis Etika Secara Umum

5. Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, Perlu kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki cita-cita yang begitu dalam yaitu menciptakan masyarakat yang adil dan makmur bagi seluruh wilayah Indonesia yang mana dalam hal ini telah tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yang menjelaskan terkait dengan pancasila.

6. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa, Dalam pancasila terkadung nilai-nilai kepribadian yang dipercaya paling benar, adil, bijaksana dan sebagai alat pemersatu rakyat. Sehingga hal tersebut membuat pancasila menjadi falsafah hidup bangsa Indonesia.

7. Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia, pancasila sebagi dasar dalam penyelenggaraan negara dan kehidupan bernegara di Indonesia. sehingga untuk peraturan pemerintahan negara dan kehidupan bermasyarakat di Indonesia hars berlandaskan pada Pancasila.

8. Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia, dimana pancasila merupakan hasil perjuangan dan perjanjian bersama rakyat dengan pendiri dan pejuang bangsa Indonesia. Sehingga diharapkan seluruh elemen masyarakat Indonesia harus membela, mendukung dan memperjuangkan nilai-nilai luhur yang terkadung dalam pancasila.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian pancasila sebagai dasar negara. Semoga dengan penjelasan tersebut diatas bisa menjadikan kita lebih sadar akan tanggung jawab kita sebagai masyarakat Indonesia dalam mengembangkan dan menerapkan dasar-dasar pancasila. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Sosial