Pengertian Open Source, Macam-Macam, Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Open Source, Macam-Macam, Kelebihan dan Kekurangannya Jika pada pembahasan sebelumnya telah kami ulas mengenai ilmu sosial, manajemen, dan bahasa. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi sedikit ilmu terkait dengan teknologi yaitu terkait dengan pengertian open source dan contohnya. Berikut ulasanya.

Pengertian Open Source

Pengertian Open Source, Macam-Macam, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa sih open source itu? Open Source ialah sebuah istilah yang digunakan oleh perangkat lunak atau software yang telah membebaskan atau membuka source codenya untuk dapat dilihat oleh user atau penggunanya, dan membebaskan penggunanya untuk bisa melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga bisa mengembangkan ataupun memperbaiki sofware tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

Kelebihan dari software open source adalah bisa didapatkan secara gratis tanpa harus membayar lisensi softwarenya. Dan umumnya software open source dapat di unduh dengan bebasdi internet. Salah satu software yang cukup terkenal adalah sistem operasi komputer Linux.

Software open source ini sangat oleh internet, mula-mula open source di download dari internet lalu dipakai oleh orang yang menggunakannya dan apabila terjadi kekurangan pada softwarenya, dapat di perbaiki dan di kembangkan. Dah hasil pengembangan software itu akan di publikasikan kembali ke internet, dan bisa di pakai oleh orang banyak. Dewasa ini mudah sekali bila ingin memperoleh open source software di internet.

Baca Juga :   Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Contohnya

Pengembangan software open source ini pastinya telah melibatkan orang yang banyak sekali dari berbagai belahan dunia, yang berhubungan melalui jaringan internet atau dunia maya. Maka seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat berakibat dengan semakin menjamurnya berbagai macam softwore yang diciptakan dengan basis open source yang di unggah ke internet. Metode dari open source ini sudah banyak melahirkan develover-develover yang sangat handal.

Meskipun software berbasis open source ini gratis, tetapi software ini bukanlah progam yang murahan, berhentilah menganggap bahwa kualitas software yang gratis itu kurang bagus. Sebab software gratis yang memilik basis open source sudah banyak melalui perbaikan yang berkelanjutan sehingga softwarenya akan semakin sempurna.

Macam – Macam Lisensi Sofware Selain Open Source

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa open source merupakan suatu perangkat lunak yang bisa diakses atau dimodifikasi secara gratis. Ada beberapa jenis perangkat lunak yang juga bisa diakses secara gratis. Namun perangkat lunak ini berbeda dengan open source baik itu dalam hal waktu pemakaian, iklan maupun terlihat atau tidaknya kode sumber. Berikut macam-macam lisensi software :

1. Freeware

Freeware merupakan perangkat luak yang gratis untuk diakses. Namun pada freeware ini pengguna tidak bisa melihat source code tersebut, juga disyaratkan untuk tidak memodifikasi perangkat lunak tersebut. Untuk freeware disini tidak memiliki batasan jumlah dan waktu pemakaian, jadi anda bisa bebas untuk mengakesnya.

Baca Juga :   Pengertian Hardware, Software dan Brainware

2. Shareware

Shareware merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa diunduh dan digunakan untuk trial (percobaan) saja. Untuk shareware ini berbeda dengan freeware karena untuk penggunaannya dibatasi oleh waktu. Misalnya 7 hari atau 30 hari saja. Setelah itu perangkat lunak ini sudah tidak bisa digunakan lagi atau otomatis terkunci. Iya, karena shareware ini hanya digunakan sebagai percobaan, sehingga untuk anda merasa puas dengan perangkat lunak ini, anda bisa membeli perangkat lunak ini.

3. Adware

Adware merupakan perangkat lunak yang juga gratis untuk diakses. Namun pada perangkat lunak ini terdapat banyak sekali iklan yang muncul. Yang mana iklan ini menjadi sumber penghasilan bagi sang pembuat adware ini / developer perangkat lunak tersebut.

Kelebihan Open Source

Beberapa kelebihan dari perangkat lunak yang menggunakan lisensi open soucer adalah sebagai berikut :

1. Pengguna Bebas mengembangkan Sistem

Open source memungkinkan penggunanya untuk mempelajari kode sumber dari suatu perangkat lunak. Selanjutnya pengguna bisa melihat dan memahami kode sumbernya yang nantinya pengguna bisa menganalisis apakah ada yang perlu untuk diperbaiki atau ditambah dari kode sumber tersebut yang kemudikan melakukan modifikasi (jika memang diperlukan) untuk menghasilkan sistem baru yang sesuai dengan keingginan pengguna, sehingga perangkat lunak tersebut bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga :   Pengertian Kelas Maya, Tujuan, Jenis dan Contohnya

2. Merupakan Sistem yang Legal

Keuntungan lain dari open source adalah sistem perangkat lunak ini sudah legal. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir melanggar hukum karena perangkat lunak tersebut memang tidak digunakan untuk komersial atau menghasilkan uang.

3. Tidak Ada Pembajakan

Dan keuntungan selanjutnya adalah semua pengguna bebas untuk mengakses dan memodifikasi perangkat lunak ini, sehingga pengguna lain tidak ada yang bisa membajaknya. Hal ini tentu karena perangkat lunak ini telah dibagikan secara gratis, sehingga setiap orang bisa mengaksesnya dengan mudah tanpa perlu membayar.

Kekurangan Open Source

Dimana ada kelebihan tentu ada kekurangan. Berikut kekurangan dari open source :

1. Tanpa Dukungan Dana dan Pemasaran

Kekurangan dari open source adalah tidak adanya dukuran dana dan pemasaran. Iya berbeda dengan perangkat lunak lainnya yang mendapat dukungan dana serta pemasaran dari pihak perusahaan.

2. Beberapa Interface Aplikasi Open Source Kurang Familiar

Kekurangan lainnya adalah aplikasi open source ini memiliki tampilan yang berbeda dengan perangkat lunak yang lain. Sehingga para pengguna harus mencoba dan memahaminya dengan cara otoddak atau membiasakan diri dengan tempilan dari aplikasi open source tersebut.

Contoh-Contoh Open Source Software

Beberapa contoh open source software yang popular adalah sebagai berikut:

  • Linux
  • XAMPP
  • Mozilla Fireforx
  • OpenOffice
  • OsCommerce
  • ClamAV dan ClamWIn
  • Audiocity
  • GIMP
  • VideoLAN
  • Blender
  • FileZilla
  • Mplayer

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian open source software, semoga pembahasan diatasa dapat bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Comment