Observasi Adalah? Pengertian Observasi dan Contoh Teks Observasi

Observasi Adalah? Pengertian Observasi dan Contoh Teks ObservasiApa sih observasi itu? Observasi merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melakukan sebuah pengamatan pada lokasi penelitian yang kemudian dikumpulkan menjadi sebuah laporan hasil observasi.

Hasil observasi sendiri merupakan sebuah informasi valid yang dapat dijamin melalui sejumlah penelitian oleh penulis. Biasanya ciri dari tulisan hasil observasi ini ditulis berdasarkan fakta, isinya mudah untuk dimengerti dan disajikan dalam bentuk bahasa yang baik. Untuk contoh teks observasi berikut ulasannya :

Observasi Adalah? Pengertian Observasi dan Contoh Teks Observasi

Fungsi Observasi

Kenapa observasi dilakukan? Pasalnya observasi ini memeliki beberapa tujuan yang salah satunya adalah bisa digunakan sebagai bahan penelitian. Dalam hal ini teks observasi akan sangat membantu dan mempermudah proses pencarian data yang memungkinkan untuk dilakukannya penelitian. Tidak hanya itu, observasi ini juga bisa anda gunakan untuk menambah pengetahuan yang nantinya bisa anda jadikan sebagai sumber informasi baru yang bisa dipelajari untuk berbagai kalangan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk teks laporan hasil observasi ini biasanya disajikan secara objektif dan akan dibahas secara rinci. Tujuannya adalah agar teks hasil observasi ini lebih informatif dan menarik untuk dibaca.

Baca Juga :   Implikasi Adalah? Pengertian Implikasi dan Contoh Implikasi Penelitian

Selain itu observasi merupakan suatu laporan yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran. Sehingga dalam penulisan hasil observasi ini biasanya menggunakan struktur yang rapi dengan penggunaan bahasa yang baik. Struktur tersebut bisa berupa deskripsi umum atau pembukaan, pembahasan dan juga penutup. Nah, untuk contoh teks laporan hasil observasi adalah sebagai berikut :

  • Pembukaan

Untuk teks hasil observasi biasanya diawali dengan pembukaan yang bertujuan untuk memudahkan para pembaca untuk mendapatkan review tentang apa yang dibahas dalam laporan ini. Tidak hanya itu, dengan adanya pembukaan bisa membuat pembaca lebib antusias dan penasaran untuk membaca lebih lanjut terkait dengan isinya. Sebagai contoh laporan observasi dengan bagian pembuka adalah seperti dibawah ini :

Toge merupakan salah satu jenis sayuran yang sering kita temui. Sayur ini biasanya sering dimanfaatkan sebagai tumis atau hidangan lainnya. Toge kerap kali dikonsumsi karena terkenal akan manfaatnya bagi tubuh manusia yang salah satunya adalah untuk kesuburan dan kesehatan pria dan wanita. Sehingga banyak dari pakar ahli tertarik untuk melakukan penelitian dan uji coba untuk melihat kandungan nutrisi didalam sayuran toge ini.

  • Pembahasan

Setelah pembukaan, bagian terpenting dari hasil observasi adalah bahasan. Yang mana dalam pembahasan ini berisi fakta-fakta hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti. Dan pada bagian pembahasan ini biasanya diisi dengan teks observasi dengan menggunakan bahasa keilmuan untuk memperjelas data yang mereka dapatkan secara relevan. Contoh teks laporan hasil observasi bagian pembahasan adalah seperti dibawah ini :

Baca Juga :   Contoh Teks Eksposisi Singat, Paragraf dan Karangan Eksposisi

Kecambah atau toge ini merupakan salah satu jenis sayuran yang menyehatkan karena memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan kita diantaranya adalah vitamin B, C, B1, B6, K dan A. Selain itu toge juga menjadi salah satu sumber makanan yang kaya akanzat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalim, mangan dan asam lemak omega 3. Tidak hanya itu, sayuran toge ini juga mengandung sumber yang baik dari enzim yang diperlukan oleh tubuh yaitu untuk meningkatkan energi dan membuat kita merasa bugar dan sehat. Dan toge ini sendiri bisa meningkatkan kesuburan dan kesehatan pria dan wanita.

  • Penutup

Seperti yang kita tau, bahwa rasanya tidak lengkap jika sebuah tulisan jika tidak disertai dengan penutup dan hal ini juga berlaku untuk teks laporan hasil observasi. Untuk penutup hasil observasi ini biasanya digunakan untuk mengisi kesimpulan dan mafaat dari bahan yang dijadikan objek penelitian. Sebagai contoh laporan observasi bagian penutup adalah sebagai berikut :

Dari hasil ulasan yang telah kami jelaskan diatas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa sayuran toge merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesuburan dan kesehatan pria dan wanita jika dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga :   Pengertian Cerpen : Struktur, Unsur, Ciri-Ciri dan Fungsinya

Demikian informasi yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian observasi dan contoh teks hasil observasi. Yang dari penjelasan tersebut bisa kami tarik kesimpulan bahwa observasi merupakan laporan yang berisi fakta dari hasil penelitian secara nyata. Sehingga laporan hasil observasi ini akan sangat membantu dalam proses penelitian secara ilmiah.

Categories Bahasa