Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli – Untuk melengkapi artikel sebelumnya, kali ini kami akan coba mengulas terkait dengan pengertian motivasi dan teori motivasi belajar. Tentu kita sudah sangat sering mendengar istilah motivasi dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa sih arti motivasi itu? Secara etimologi pengertian motiviasi ini berasal dari bahasa Inggris yaitu motivation dengan kata dasar motif yang berarti tujuan atau segela upaya untuk mendorong individu untuk melakukan sesuatu.

Dengan adanya motivasi biasanya seseorang akan mengalami perubahan perasaan, jiwa dan emosi untuk melakukan sesuatu karena kebutuhan, keinginan dan tujuannya. Pasalnya motivasi itu sendiri juga bisa berarti kekuatan, tenaga atau daya yang bergerak ke tujuan tertentu.

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

1. Weiner (1990)

Menurut Weiner (1990) motivasi merupakan kondisi internal yang memberikan energi untuk seseorang agar bertindak, mendorong individu untuk mencapai tujuan tertentu dan membuat individu tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.

2. Uno (2007)

Menurut Uno (2007) motivasi merupakan dorongan internal dan ekternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita serta penghargaan dan penghormatan.

Baca Juga :   Pengertian Teks Biografi, Ciri-Ciri, Tujuan dan Strukturnya

3. Sardiman (2006)

Menurut Sardiman motivasi merupakan suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan adanya felling dan didahului dengan adanya tujuan.

4. Mulyasa (2003)

Menurut Mulyasa motivasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang nantinya akan mengakibatkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu.

5. Azwar

Menurut Azwar motivasi merupakan rangsangan atau dorongan yang dimiliki seseorang atu sekelompok masyarakat yang ingin bekerjasama secara maksimal dalam melakukan suatu tindakan yang telah direncanakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah ditetapkan.

Jenis – Jenis Motivasi

Tentu kita tau bahwa ada banyak hal yang bisa memotivasi sesorang untuk melakukan sesuatu dalam hidupnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Namun, secara umum disini ada dua jenis motivasi yaitu :

1.  Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disebabkan karena faktor dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri karena adanya hasart untuk mencapai tujuan tertentu tanpa dipengaruhi oleh orang lain.

Contoh : Seseorang termotivasi untuk bekerja agar bisa mendapatkan penghasilan sehingga ia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

2. Motivasi Ekstrinsik

Sedangkan motiavasi ekstrinsik merupakan suatu keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu yang disebabkan karena faktor dorongan dari luar dirinya sendiri untuk mencapai tujuan yang menguntungan dirinya.

Baca Juga :   Pengertian Customer Service, Tugas , Fungsi dan Syaratnya

Contoh : Seseorang termotivasi untuk bekerja lebih giat karena adanya peluang yang diberikan oleh perusahaan untuk meningkatkan karir kepada pegawai yang berprestasi.

Faktor – Faktor Motivasi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi seseorang diantaranya adalah sebagai berikut ;

1. Faktor Internal

Faktor Internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang. Yang mana motivasi ini timbul dari dalam dirinya sendiri karena adanya keinginan individu untuk memiliki prestasi dan tanggung jawab dalam hidupnya.

Beberapa hal yang termasuk kedalam faktor internal :

  • Harga diri dan prestasi yang mana motivasi ini ada dalam diri seseorang untuk mengembangkan kreativitas dan mengarahkan energi untuk mencapai prestasi yang mneingkatkan harga dirinya.
  • Kebutuhan, yang man dalam hal ini setiap individu memiliki kebutuhan dalam hidupnya sehingga orang tersebut bisa termotivasi untuk melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Harapan merupakan sesuatu yang ingin dicapai oleh seseorang dimasa depan yang nantinya akan mempengaruhi sikap dan perasaan subjektif orang tersebut.
  • Tanggung jawab merupakan motivasi dalam diri seseorang agar bekerja dengan baik dan hati-hati untuk menghasilkan sesuatu sesuai dengan keinginan.
  • Kepuasan kerja, merupakan motivasi dalam diri seseorang karena bisa melakukan suatu pekerjaan tertentu.
Baca Juga :   Etika Profesi : Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip dan Contohnya

2. Faktor Eksternal

Berbeda dengan faktor internal, faktor eksternal ini merupakan faktor yang berasal dari luar diri seseorang. Yang mana motivasi itu timbul karena adanya pengaruh dari luar misalnya organisasi, pertemanan dan keluarga. Beberapa hal yang termasuk kedalam faktor eksternal adalah :

  • Jenis dan sifat pekerjaan yang mana dalam hal ini terdapat dorongan dalam diri seseorang untuk bekerja pada jenis dan sifat pekerjaan tertentu. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh besarnya imbalan yang didapatkan pada pekerjaan tersebut.
  • Kelompok kerja merupakan suatu organisasi dimana seseorang bekerja untuk mendapatkan penghasilan bagi kebutuhan hidupnya.
  • Kondisi kerja merupakan keadaan dimana seseorang bekerja sesuai dengan harapannya sehngga dapat bekerja dengan baik.
  • Keamanan dan keselamatan kerja merupakan perlindungan yang diberikan oleh suatu organisasi tersebut terhadap jamainan keselamatan dan keamanan seseorang dalam bekerja.
  • Hubungan interporsonal merupakan hubungan antar teman sejawan, atasa dan bawahan. Dalam hal ini diharapkan agar setiap orang bisa saling menghargai dalam organisasi sehingga nantinya akan tercipta suasana kerja yang harmonis.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian motivasi menurut para ahli lengkap dengan fungsi dan faktor yang mempengaruhi motivasi. Semoga dengan ulasan tersebut bisa memberikan pemahaman dan menawambah wawasan anda. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

Categories Bahasa