Pengertian Masalah Sosial, Faktor dan Contohnya

Pengertian Masalah Sosial, Faktor dan Contohnya – Masih dalam lingkup materi sosial, untuk melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan pengertian dasar negara. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai pengetrian masalah sosial, faktor dan contohnya yang terjadi dikehidupan masyarakat.

Masalah memang kerap kali hadir dalam hidup kita. Iya, salah satu masalah terbesar biasanya berasal dari masalah sosial seperti kemiskinan, penganguran, pendidikan dan lain sebagainya. Untuk itu, disini kami ingin membagikan sedikit ilmu terkait dengan pengertian masalah sosial, faktor dan contoh masalah sosial yang sering muncul. Berikut ulasannya.

Pengertian Masalah Sosial, Faktor dan Contohnya

Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial ialah suatu kondisi yang terlahir akibat dari suatu keadaan masyarakat yang tidak ideal. Pengertian lainnya adalah suatu ketidak sesuaian unsur-unsur masyarakat yang bisa membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Selain itu ada juga yang menjelasakan bahwa masalah sosial merupakan suatu bentu problema yang terjadi dalam kehidupan masyarakat yang disebabkan karena adanya interaksi sosial yang kurang seimbang. Masalah ini bisa berbentuk apa saja seperti misal masalah agama, budaya, etnis, hukum, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengertian masalah sosial menurut para ahli.

Pengertian Masalah Sosial Menurut Para Ahli

1. Kartini Kartono

Menurut Kartini Kartono, masalah sosial merupakan segala bentuk tingkah laku masyarakat yang melanggar adat istiadat dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa masalah sosial itu mengganggu, tidak dikendaki, berbahaya dan bisa merugikan banyak orang. Termasuk diantaranya adalah bisa mengacaukan keteraturan sosial yang sudah berjalan.

Baca Juga :   Sumber Hukum : Pengertian, Macam-Macam dan Contohnya

2. Soejono Soekamto

Menurut Soejono Soekamto, masalah sosial merupakan suatu keadaan yang terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara hubungan kebudayaan dan hubungan dalam masyarakat. Yang mana kondisi ini sebenarnya bisa membahayakan keberlangsungan hidup dalam suatu kelompok sosial.

3. Martin S. Weinberg

Menurut Martin S. Weinberg, masalah sosial merupakan suatu perbuatan yang dinilai bertentangan dengan kebudayaan dalam masyarakat. Terutama pada kondisi yang seharusnya terjadi dan dipatuhi, yang mana dari masalah sosial tersebut bisa menimbulkan dampak yang berpengaruh secara signifikan terhadap kehidupan masyarakat.

Beberapa Contoh Masalah Sosial

1. Kemiskinan

Adalah suatu keadaan dimana telah terjadi ketidakmampuan untuk bisa memenuhi kebutuhan dasar dalam kehidupan, antara lain seperti: sandang, pangan dan papa. Kemisikinan tidak hanya terjadi di daerah-daerah pelosok saja, tetapi bisa juga terjadi di daerah perkotaan.

2. Penganguran

Adalah salah satu contoh dari permasalah sosial saat ini, naiknya jumlah pengangguran umumnya disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah penduduk tetapi tidak di ikuti oleh banyaknya lapangan pekerjaan atau lapangan kerja yang masih terbatas. Hal seperti ini harus segera di atasi oleh pemerintah, caranya adalah dengan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya agar supaya bisa mengurangi umlah pengangguran yang ada.

3. Pendidikan

Kurangnya pendidikan merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat, misalnya: banyak anak-anak yang lebih memilih membantu orang tuanya mencari nafkah, dikarenakan ketidakmampuan mereka dalam hal membiayai sekolah.
Itulah diatas beberapa contoh tentang masalah sosial..

Fakto-Faktor Yang Dapat Menimbulkan Terjadinya Masalah Sosial

Masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat sebenarnya sangatlah banyak sekali, akan tetapi terdapat empat faktor utama yang menjadi penyebab timbulnya masalah sosial, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :   Pengertian Organisasi, Tujuan, Ciri-Ciri dan Unsur-Unsur Organisasi

1. Faktor Ekonomi

Masalah ekonomi umumnya berupa masalah kemiskinan, pengangguran dan lain lain. Pada umumnya yang bertanggung jawab pada masalah ini adalah pemerintah, sebab pemerintah kurang merata dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakatnya. Akibat dari masalah perekonomian ini menyebabkan masyarakat rentan untuk melakukan tindakan kriminalitas. Faktor ekonomi juga bisa menjadi acuan suatu nengara dapat dikatakan maju atau tidak dan juga dapat mempengaruhi masalah sosial pada aspek psikologis dan biologis masyarakat.

2. Faktor Budaya

Semakin majunya kebudayaan yang ada di masyarakat akan menjadi pemicu terjadinya masalah sosial. Misalnya seperti pernikahan usia dinji, kawin – cerai, kenakalan remaja, dan lain lain. Faktor kebudayaan ini haruslah mendapat perhatian yang sangat serius, sebab kebudayaan sebuah bangsa dapat mencerminkan kebiasaan masyarakatnya. Salah satu cara mencegah yang paling efektif masuknya budaya asing adalah dengan cara mendali pendidikan agama.

3. Faktor Biologis

Faktor jenis ini dapat menimbulkan masalah sosial seperti kurang gizi, penyakit menular dan lain lain. Hal ini terjadi diakibatkan oleh minimnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang layak dan bisa juga terjadi akibat dari kondisi ekonomi maupun pendidikan masyarakat yang masih minim. Jadi sebagian besar kondisi dari biologis masyarakat mudah terjangkit berbagai macam penyakit, solusinya adalah dengan cara meningkatkan fasilitas-fasilitas kesehatan dan memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat tentang pencegahan serta memberi pengetahuan tentang pentingnya pola hidup sehat dan juga menjaga kebersihan lingkungan.

4. Faktor Psikologis

Faktor jenis ini dapat muncul apabila psikologis dalam suatu masyarakat sangat lemah. Faktor psikologis bisa juga muncul apabila beban hidup yang dirasakan masyarakat khususnya yang berada di daerah perkotaan, pekerjaan yang menggunung sehingga mengakibatkan stress dan dapat menimbulkan emosi yang meluap-luap dan pada akhirnya dapat memiu konflik antar anggota masyarakat.

Baca Juga :   Etika Profesi : Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip dan Contohnya

Dampak Masalah Sosial

1. Meningkatnya Angka Kriminalitas

Dampak pertama dari masalah sosial adalah meningkatnya angka kriminalitas seperti begal, jambet, pencurian. Iya, jika kriminalitas tersebut ttidak ditangani dengan benar, maka bisa jadi bisa semakin meningkat yang nantinya akan menimbulkan keresahan dan menjadi ancaman bagi masyarakat.

2. Konflik Sosial

Terjadinya masalah sosial tentu akan menimbulkan konflik sosial apabila tidak segera diatasi secara optimal. Biasanya masalah yang bisa menimbulkan konflik sosial adalah tawuran, demo buruh yang menuntut kenaikan UMR atau kesejahteraan buruh, dan tuntutan warga terhadap pemerintah mengenai kenaikan harga BBM.

3. Kenyamanan dan Keamana Terganggu

Tentu kita akan sependapat bahwa terjadinya masalah sosial seperti tawuran antar pelajar, begal, geng motor, masalah sampah hingga banjir sangat menganggu kehidupan masyarakat. Iya, masayarakat tentu tidak akan bisa hidup tenang karena merasa terancam dan terganggu karena masalah tersebut.

4. Menimbulkan Kerusakan Fisik

Salah satu masalah sosial yang sering terjadi dalam masyarakat adalah tawuran dan vandalisme, yang mana hal tersebut bisa menyebabkan rusaknya fasilitas umum yang berguna bagi masyarakat. Selain itu banyaknya warga yang mengalami kerusakan fisik karena aksi kekerasan yang dilakukan dalam aksi tawuran.

Cara Menanggulangi Masalah Sosial

  1. Dengan cara meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan.
  2. Dengan cara meningkatkan kesadaran sosial
  3. Dengan cara menyediakan lapangan kerja yang banyak
  4. Dengan cara meningkatkan pemerataan pembangunan atau fasilitas publik
  5. Dengan cara mensosialisasikan norma sosial dan nilai-nilai sosial
  6. Dengan cara memberkan sanksi sosial yang tegas bagi orang-orang yang melanggarnya
  7. Dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian masalah sosial, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Categories Sosial