Pengertian Marketing / Pemasaran Beserta Konsep, Strategi dan Tugasnya

Pengertian Marketing / Pemasaran Beserta Konsep, Strategi dan Tugasnya – Jika diartikel sebelumnya telah kami jelaskan mengenai pengertian manajemen pemasaran, kali ini kami akan menjelaskan mengenai pengertian marketing/pemasaran lengkap dengan konsep, strategi dan tugasnya.

Dalam dunia bisnis, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah marketing/pemasaran. Pasalnya marketing ini sangat berpengaruh pada dunia bisnis misalkan pemasaran produk dari suatu perusahaan, marketing pemasaran properti. Marketing/pemasaran menjadi salah satu jabatan yang menjadi ujung tombak bagi sebuah perusahaan sehingga diharapkan seseorang yang memangang jabatan ini haruslah memiliki skill yang mumpuni.

Pengertian Marketing / Pemasaran Beserta Konsep, Strategi dan Tugasnya

Iya bagaimana tidak jika dilihat dari pengertian marketing adalah kegiatan wajib bagi perusahaan jasa maupun dagang yang berkaitan dengan kelangsungan hidup usaha atau bisnisnya. Yang mana kegiatan marketing pemasaran ini melibatkan hubungan langsung dengan para konsumen.

Pengertian Marketing / Pemasaran Menurut Para Ahli

Istilah marketing tentu sudah sangat sering kita jumpai dikehidupan sehari-hari. Namun, banyak dari kita yang salah mengartikan pengertian marketing itu sendiri. Bagi sebagian orang menganggap bahwa marketing adalah sales, padahal sudah sangat jelas dalam bahasa inggris arti marketing adalah pemasaran.  Untuk lebih jelasnya berikut pengertian marketing/pemasaran menurut para ahli :

1. Kotler (2001)

Menurut Kolter, pengertian pemasaran adalah suatu kegiatan pasar yang mempunyai sasaran demi mewujudkan pertukaran yang potensial dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan manusia. Bisa dikatakan bahwa keberhasilan dari pemasaran merupakan kunci sukses suatu perusahaan.

2. Stanton (2001)

Selanjutnya menurut Stanton, pengertian pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang dibuat untuk merencanakan, menentukan harga, dan memproduksi barang atau jasa yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan para konsumen.

Baca Juga :   Pengertian Penjualan, Jenis, Macam-Macam dan Tujuannya

Dari pengertian marketing diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa marketing/pemasaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk merencakan dan memasarkan produk baik itu barang maupun jasa dengan menggunakan berbagai cara agar produk tersebut disukai dan digunakan oleh khalayak luas.

Selain itu, untuk keberhasilan penjualan suatu perusahaan tentu kita harus memiliki konsep pemasaran yang baik agar nantinya bisa kita jadikan pijakan sebelum menjual barang kepada para konsumen. Berikut beberapa konsep pemasaran yang harus diperhatikan :

Konsep Marketing / Pemasaran

1. Konsep Produksi

Konsep produksi ini berkaitan dengan bagaimana produk tersebut bisa ditemukan dimana saja dengan harga yang relatif murah. Sehingga efisiensi produk tinggi dan meluasnya area distribusi disini harus menjadi orientasi pertama agar memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang dengan mudah dan dimana saja.

2. Konsep Produk

Dalam konsep ini berkaitan dengan kualitas, mutu dan performa yang baik dari produk yang akan dipasarkan. Sehingga disini bisa dibilang suatu perusahaan harus memproduksi barang yang memiliki kualitas, mutu dan performa yang terbaik. Selain itu packiaging yang unik juga bisa menarik perhatian para konsumen.

3. Konsep Penjualan

Dalam konsep ini berkaitan dengan cara menjual dan memasarkan produk suatu perusahaan, baik itu dengan menggunakan cara promosi dan periklanan untuk memperkenalkan detail produk yang akan dijual kepada para calon konsumen.

4. Konsep Pemasaran

Selanjutnya adalah konsep pemasaran dimana dalam konsep ini akan memperhatikan keinginan pasar/konsumen, penentuan kebutuhan konsumen serta bisa memberikan kepuasan yang efekif dan efisien dari kompetitornya.

Baca Juga :   Akuntansi Biaya : Pengertian, Tujuan, Klasifikasinya

5. Konsep Pemasaran Sosial

Dalam konsep ini, perusahaan akan menentukan keinginan, kebutuhan, dan kepentingan pasar/komsumen tanpa melupakan kesejahteraan sosial masyarakat.

6. Konsep Pemasaran Global

Konsep selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah konsep pemasaran global, yang amna dalam konsep ini lebih berkonsentrasi pada lingkungan yang bisa menghambat marketing. Eksekutif manager garus memiliki manajemen yang strategis.

Selain memiliki konsep yang jelas, suatu perusahaan juga harus memiliki strategi pemasaran agar perushaan tersebut bisa terus berproduksi. Berikut beberapa unsur yang mendasari dalam menentukan strategi pemasaran :

Strategi Marketing / Pemasaran

1. Penentuan Pasar

Strategi pemasaran yang pertama adalah penentuan pasar, dimana dalam hal ini kita terlebih dulu harus menentukan pasar mana saja yang akan kita tuju untuk produk kita. Seperti misalnya kalangan remaja, kalangan pelajar atau mahasiswa, kalangan ibu-ibu dan anak-anak.

2. Perencanaan Produk

Setelah kita menentukan pasar mana yang akan kita tuju, maka strategi yang berikutnya adalah menentukan produk apa yang akan kita jual sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Selain itu kita juga bisa merencanakan berapa banyak produk yang akan kita keluarkan dan cara mengemas produk kita seunik dan semenarik mungkin.

3. Manajemen Harga

Strategi berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah manajemen harga. Seperti yang kita tau bahwa salah satu cara strategis dalam mengawali persaingan adalah menentukan harga promosi, eceran, grosir maupun reseller.  Yang nantinya pasar juga akan ikut menentukan harga dan memberi respon terjadap produk perusahaan.

4. Distribusi

Baca Juga :   Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi dan Contohnya

Strategi selanjutnya adalah distribusi, yang mana dalam suatu perusahaan dituntut untuk memiliki rantai distribusi yang baik agar bisa dengan cepat dan tepat dalam mendistribusikan produk ke konsumen. Karena apabila rantai distribusi tersebut macet, maka produk tidak akan sampai ke tangan konsumen dengan cepat. Sehingga bisa menciptakan citra perusahaan yang rendah di mata konsumen.

5. Komunikasi dan Promosi

Dan terakhir adalah strategi komunikasi dan promosi, yang mana kita sebagai marketing / pemasaran harus bisa berkomunikasi dengan baik dalam memberikan informasi. Karena dari cara kita berkomunikasi bisa meningkatkan citra perusahaan yang baik terhadap konsumen ke perusahaan.

Setelah mengetahui konsep dan strategi marketing, tentunya kita harus mengetahui apa saja sih sebenarnya tugas dari marketing itu? Berikut tugas-tugas seorang marketing yang harus dijalankan untuk kelancaran perusahaan.

Tugas – Tugas Marketing / Pemasaran

1. Merencanakan Produk

Tugas marketing yang pertama adalah merencanakan produk apa yang akan diproduksi dan mengamati minat pasar terhadap barang terlebih dahulu.

2. Menetapkan Harga

Tugas marketing yang kedua adalah mencermati harga produk di pasaran yang kemudian adalah menetapkan harga sesuai dengan harga pasar. Dengan tidak terlalu murah atau terlalu mahal.

3. Promosi

Dan tugas terakhir dari marketing adalah mempromosikan produk yang akan di jual ke calon konsumen yang bisa dilakukan di media online, memberikan promo, dan voucher. Hal ini dilakukan agar bisa menarik konsumen terlebih dahulu terhadap produk yang kita produksi.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian marketing/pemasaran lengkap dengan konsp, strategi dan tugas seorang marketing. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Ekonomi