Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya – Seperti yang kita tau bahwa hampir semua hal tentunya membutuhkan manajemen. Baik itu dalam urusan bisnis, belajar dan lain sebagainnya. Lalu apa sih manajemen itu? Pengertian manajemen yaitu suatu proses dimana anda mulai melakukan koordinasi pada suatu hal. Dengan harapan kita bisa mencapai tujuan serta menyeimbangkan dengan hal-hal lain yang bertentangan.

Sebelum melakukan sebuah kegiatan atau pekerjaan, alangkah baiknya jika kita membuat manajemen terlebih dahulu. Pasalnya dengan adanya manajemen pekerjaan atau kegiatan anda nantinya akan lebih efisien dan efektif. Selain itu pada dasarnya manajemen ini tidak bisa dilepaskan dengan Planning (perencanaan), Actuating (pelaksanaa), Controlling (pengendalian) dan Organizing (Pengorganisasian).

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Pengertian manajemen menurut para ahli disini sebenarnya banyak sekali, untuk itu disini kami akan coba memberikan rangkuman kumpulan pengertian manajemen dari beberapa para ahli. Berikut ulasannya :

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

1.  The Liang Gie

Menurut The Liang Gie manajemen merupakan sebuah unsur yang memiliki peran dalam serangkaian kegiatan yang bisa mengarahkan setiap fasilitas kerja dan menggerakkan karyawannya agar bisa mencapai tujuan perusahaan/organisasi yang telah ditetapkan diawal. Selain itu Liang lebih fokus pada fungsi manajemen itu sendiri dimana keseimbangan yang terjadi antara pergerakan bawaan dengan pengolaan dan penggunaan fasilitas kerja yang ada.

2. Odway Tead

Menurut Odway Tead manajemen merupakan suatu proses dari pelaksanaan kegiatan usaha untuk memimpin sekaligus mengarahkan tujuan dari penyelenggaraan tugas organisasi untuk mewujudkan tujuan yang telah dibuat bersama. Menurut Odway fungsi manajemen ini terletak pada leading dan pengarahan.

3. T Hani Handoko

Sedangkan menurut T Hani Handoko pengertian manajemen adalah suatu proses bekerja secara bersama-sama untuk meninterpretasujan, menentukan dan mencapai tujuan dari organisasi/perusahaan itu sendiri melalui sebuah pelaksanaan dari pengorganisasian, pengarahan, perencanaan, kepemimpinan, pengawasan dan penyusunan personalia.

4. Eiji Ogawa

Menurut Eiji Ogawa manajemen merupakan suatu proses yang didalammnya terdapat pengimplementasian, pengendalian dan perencanaan suatu kegiatan yang masuk kedalam sistem yang telah diberlakukan oleh organisasi/perusahaan. Dan dalam hal ini organisasi/perusahaan tentunya sudah menetapkan sasaran dan tujuan yang ingin dicapai sehingga nantinya bisa diperbaiki dan disempurnakan sesuai dengan munculnya perubahan kondisi selama prosesnya.

Baca Juga :   Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi dan Contohnya

5. Marry Parker Follet

Menurut Marry Parker Follet manajmen merupakan sebuah seni yang digunakan untuk melaksanakan sautu pekerjaan atau kegiatan melalui orang lain. Fungsi utama yang tekankan oleh Marry adalah mempengaruhi serta memimpin orang lain sehingga bisa bekerja sesuai dengan tujuan bersama.

Fungsi Manajemen

Berikut adalah beberapa fungsi dari manajemen yang harus anda ketehui :

  1. Manajemen sebagai suatu acuan yang diberikan kepada masing-masing anggota organisasi. Yang mana nantinya acuan tersebut akan diberikan kepada masing-masing anggota sesuai dengan porsi dan keahlian masing-masing. Dalam hal ini masing-masing anggota yang telah ditetapkan bagiannya memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan manajemen. Selain itu keberhasilan suatu kegiatan atau pekerjaan ini sangat bergantung pada kemampuan anda untuk memanejemen. Dalam hal ini suatu kegiatan atau pekerjaan akan berhasil jika manajemennya bisa teratur dan berjalan sesuai rencana.
  2. Selain itu fungsi manajemen lainnya yaitu menurut G.R Terry seorang ahli manajemen dalam bukunya “Principle of Majanemen” yaitu pengorganisasian, pengendalian, pelaksanaan dan perencanaan.
Baca Juga :   Strategi Pemasaran : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Konsep, dan Contohnya

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian manajemen menurut para ahli dan fungsinya. Semoga dari penjelasan diatas bisa menambah referensi dan bermanfaat buat anda khususnya yang sedang mancari informasi terkait dengan pengertian manajemen.

 

Categories Ekonomi