Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi dan Contohnya –  Untuk melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan pengertian manajemen pemasaran, kali ini kami akan membahas mengenai pengertian manajemen keuangan, fungsi dan contohnya. Seperti yang kita tau bahwa manajemen keuangan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis.

Bahkan untuk skala rumah tangga pun membutuhkan manajemen dalam mengatur keuangan, yang mana dalam hal ini sangat berguna untuk mengatur penggunaan uang yang keluar agar lebih efisien dan hemat. Sehingga nantinya uang tersebut bisa berguna sesuai kebutuhan dan tentunya bisa menyisihkan sebagai tabungan.

Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi dan Contohnya

Pada dasarnya manajemen keuangan ini berkaitan dengan cara mengalokasikan atau mengelola aset atau harta yang dimiliki dan bagaimana caranya agar bisa mendapatkan pendanaan model kerja.  Dengan tujuan agar nilai yang dimiliki oleh perusahaan bisa lebih maksimal dan bisa memberikan nilai tambah dari segi finansial atau aset perusahaan.

Ruang lingkup manajemen keuangan ini meliputi keputusan investasi, pengelolaan aset dan keputusan pendanaan. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan pengertian manajemen keuangan menurut para ahli lengkap dengan fungsi dan contohnya. Berikut ulasannya :

Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli

Perlu kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali pengertian manajemen keuangan menurut para ahli. Yang mana dari pengertian manajemen keuangan tersebut para ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut pengertian manajemen keuangan menurut para ahli :

1. Suad Husnan

Secara sederhana menurut Suad Husnan manajemen keuangan adalah suatu manajemen yang dilakukan terhadap fungsi-fungsi keuangan.

2. Bambang Riyanto

Menurut Bambang Riyanto manajemen keuangan merupakan keseluruhan aktivitas perusahan atau kegiatan yang berkaitan dengan usaha dalam mendapatkan dana yang dibutuhkan dengan menggunakan biaya serta syarat-syarat yang dianggap paling menguntungkan.

3. Grestenberg

Selain itu Grestenberg juga berpendapat bahwa manajemen keuangan adalah suatu manajemen yang berkaitan dengan suatu cara perusahaan untuk mendapatkan dana, penggunaan serta pendistribusian dananya.

4. James Van Home

Menurut James Van Home manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan pendanaan, pengelolaan dan peroleh aktiva secara keseluruhan.

Dari keempat pengertian manajemen keuangan menurut para ahli bisa kita tarik kesimpulan bahwa pada dasarnya manajemen kuangan merupakan suatu proses yang dilakukan dalam suatu kegiatan keuangan organisasi atau perusahaan yang berkaitan dengan usaha perusahaan dalam meminimalkan biaya perusahaan dan bisa mendapatkan dana untuk bisa mencapat tujuan keuangan yang telah ditentukan.

Baca Juga :   Pengertian Penjualan, Jenis, Macam-Macam dan Tujuannya

Selain memahami arti manajemen keuangan, bagi anda seorang pengusaha juga wajib menetahui prinsip dan fungsi manajemen keuangan. Pada dasarnya prinsip manajemen keuangan ini adalah akuntabilitas, konsistensi, transparansi, integritas, kelangsungan hidup, standar akuntasi dan pengolaannya. Berikut adalah fungsi manajemen kuangan :

Fungsi Manajemen Keuangan

1. Reporting (Pelaporan Keuangan)

Untuk fungsi Reporting adalah menyiapkan laporan informasi mengenai analisa rasio dari laporan keuangan dan kondisi keuangan suatu perusahaan.

2. Budgeting (Anggaran)

Fungsi budgeting disini adalah perencanaan alokasi anggaran dan data terima anggaran biaya.

3. Planning (Perencanaan Keuangan)

Dalam manajemen keuangan Planning ini berfungsi untuk merencakana laporan rugi laba dan arus kas perusahaan.

4. Pencairan Keuangan

Dalam manejemen keuangan pencairan keuangan ini berfungsi untuk mengeksploitasi dan mencari sumber dana untuk operasional perusahaan.

5. Pengelolaan Keuangan

Dengan adanya manajemen keuangan, pengelolaan keuangan perusahaan akan lebih maksimal. Pasalnya dengan adanya manajemen keuangan akan memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.

6. Auditing (Pemerikasaan Keuangan)

Pada bagian ini Auditing berfungsi sebagai pemeriksa keuangan atau auditing. Kenapa perlu dilakukan auditing? Karena hal ini sangat penting agar audit internal keuangan perusahaan bisa dilakukan sesuai standar akuntansi yang benar dan tidak memicu adanya penyimpangan atau korupsi perusahaan.

Baca Juga :   Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor yang Mempengaruhi

7. Controlling (Pengendalian Keuangan)

Fungsi manajemen keuangan yang terakhir adalah controlling untuk melakukan evaluasi atas sistem keuangan perusahaan.

Contoh Manajemen Keuangan

Untuk contoh manajemen keuangan sebenarnya ada banyak sekali. Beberapa diantaranya adalah pembuatan laporan neraca harga, modal dan hitan, laporan rugi laba, laporan arus kas, laporan piutang dan hutang dan masih banyak lagi. Laporan tersebut merupakan salah satu bagian dari manajemen keuangan yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan atau bagi anda yang baru memulai menjalankan usaha.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan terkait dengan pengertian manajemen keuangan, fungsi dan contohnya. Semoga bisa menambah wawasan khususnya buat anda yang membutuhkan informasi ini. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

 

Categories Ekonomi