Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal & Contohnya

Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal  & Contohnya – Untuk melengkapi artikel sebelumnya terkait dengan pengertian paragraf, berikut akan kami sajikan untuk anda terkait dnegan pengertian komunikasi verbal dan non verval yang juga sangat erak kaitannya dengan kata-kata yang kita gunakan sehari-hari.

Secara sederhana komunikasi merupakan suatu proses pertukaran pikiran atau penyampaian pesan dari penyebar pesan (komunikator) ke penerima pesan (komunikan) dengan suatu tujuan tertentu.  Komunikasi tersebut biasanya memiliki pesan yang mana pesan tersebut disampaikan kepada penerima pesan yang dikemas dengan kata-kata (verbal) atau tanpa kata-kata (non verbal).

Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal & Contohnya

Biasanya komunikasi verbal ini disampaikan dalam bentuk lisan maupun tulisan. Sedangkan untuk komunikasi non verbal biasanya disampaikan dalam menggunakan bahasa tubuh seperti gerakan tangan, raut wajah, gelengan kepala, tindakan dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan informasi lengkap terkait dengan pengertian komunikasi verbal dan non verbal lengkap dengan contohnya.

Daftar Isi

Baca Juga :   Pengertian Berita : Unsur, Jenis-Jenis, Teknik Pembacaan Berita

Pengertian Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal ialah suatu bentuk kegiatan percakapan atau penyampaian pesan maupun informasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain,baik itu dilakukan secara lisan maupun dengan cara tertulis.

Pengertian lainnya dari komunikasi verbal ialah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan secara tertulis (written) ataupun lisan (oral). Pada komunikasi verbal ini pada penyampaian pesannya selain memakai simbol-simbol yang menggunakan satu kata atau lebih sebagai medianya, biasanya menggunakan media bahasa, sebab bahasa bisa menerjemahkan pikiran yang dimiliki oleh seseorang kepada orang lainnya.

Sedangkan komunikasi lisan dapat di sampaikan kepada komunikan atau penerima informasi dengan menggunakan media seperti contohnya: memberikan informasi lewat telepon. Dan komunikasi verbal yang melewati tulisan dapat dilakukan dengan cara tidak langsung antara orang yang menyampaikan informasi atau komunikator dengan penerima informasi atau komunikan, contoh komunikasi yang dilakukan dengan memakai media surat-menyurat.

Jenis Komunikasi verbal

1. Sisi Pemberi

Jenis komunikasi verbal ini biasanya dilakukan dengan cara berbicara dan menulis yang berguna untuk menyampaikan ide, maksud dan informasi yang mana hal ini juga bisa disebaut sebagai komunikasi aktif.

2. Sisi Penerima

Jenis komunikasi ini biasanya dilakukan dengan cara mendengarkan  dan membaca. Sebagai sisi yang yang menyerap ide, maksud, dan informasi dari pihak lain yang mana hal ini bisa juga disebut sebagai komunikasi pasif.

Baca Juga :   Teks Diskusi : Pengertian, Struktur, Kaidah dan Jenis Teks Diskusi

Contoh Komunikasi Verbal Adalah Sebagai Berikut:

  • Surat-menyurat
  • Berbicara melalui telepon
  • Presentasi tugas di depan kelas kepada teman
  • Membaca koran
  • Membaca majalah
  • Menonton televisi
  • Mendengarkan siaran radio
  • Dan lain sebagainya

Pengertian Komunikasi Non Verbal

Sedangkan komunikasi non verbal ialah merupakan kebalikan dari komunikasi verbal yakni suatu proses komunikasi atau penyampaian pesan maupun informasi yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain tanpa adanya suatu ucapan atau kata-kata, akan tetapi caranya menggunakan gerakan atau isyarat.

Komunikasi non verbal banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan komunikasi verbal. Komunikasi non verbal ini hampir secara otomatis digunakan setiap hari. Sebab komunikasi non verbal ini mempunyai sifat yang tetap dan selalu ada. Pada komunikasi non verbal ini terbilang sangat jujur dalam hal mengungkapkan apa-apa yang akan di ungkapkannya sebab komunikasi ini terjadi secara spontan.

Jenis Komunikasi Non Verbal

1.  Komunikasi Objek

Komunikasi jenis ini merupakan jenis komunikasi non verbal yang memanfaatkan benda sebagai medium. Sebagai contoh saat terjadi kecelakaan dijalan raya, polisi menggunakan cone atau corong untuk menandai area tersebut untuk memberikan peringatan.

2. Komunikasi dengan Sentuhan

Komunikasi jenis ini biasanya digunakan untuk menunjukkan reaksi dan relasi antara orang yang melakukan. Sebagai contoh melakukan jabat tangan, berpelukan, pukulan dan lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Pantun : Ciri-Ciri, Syarat, Struktur dan Jenis-Jenis Pantun

3. Komunikasi yang Memanfaatkan Waktu

Untuk jenis komunikasi ini biasnaya sulit digunakan untuk mengungkapkan suatu maksud. Namun pada kegiatan tertentu komunikasi ini biasanya berhubungan dengan durasi yang harusnya normal tapi dibuat lebih lama atau lebih sebentar.

4. Komunikasi dengan Gerakan Tubuh

Jenis komunikasi ini merupakan jenis komunikasi yang paling sering dilakukan seseorang untuk melengkapi komunikasi verbal. Seperti contoh gaya tuhu, lirikan mata, ekspresi wajah atau gerakan tangan.

5. Komunikasi dengan Memanfaatkan Tempat dan Jarak

Untuk komunikasi jenis ini adalah merupakan jenis komunikasi yang menunjukkan seberapa dekat hubungan anda dengan seseorang berdasarkan jarak dan posisi anda secara fisik terhadap orang lain.

6. Komunikasi dengan Suara

Jenis komunikasi ini bukanlah ucapan melainkan suara yang ditimbulkan tanpa bahasa tertentu. Suara tersebut biasanya digunakan untuk mengisyaratkan sesuatu saat dikombinasikan dengan komunikasi verval. Contoh suara hmm saat merasa bingung atau sedang berfikir.

Berikut Ini Contoh-Contoh Komunikasi Non Verbal:

  • Memakai bahasa tubuh, seperti mengangguk-anggukkan kepala dan lain sebagainya.
  • Dengan ekspresi wajah, seperti dengan senyuman, tertawa dan lain sebagainya.
  • Memakai simbol atau lambang-lambang, seperti pada pakaian yang sedang dipakainya memberikan petunjuk identitas pemakainya.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan terkait dnegan pengertian komunikasi verbal dan non verbal. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Bahasa