Implikasi Adalah? Pengertian Implikasi dan Contoh Implikasi Penelitian

Implikasi Adalah? Pengertian Implikasi dan Contoh Implikasi Penelitian – Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah implikasi, khususnya buat anda yang terjun dalam penelitian. Namun sebagian orang masih banyak yang menggunakan istilah implikasi ini dalam kehidupan sehari-hari, padahal istilah implikasi ini biasanya digunakan untuk penelitian. Lalu apa sih arti implikasi?

Dalam kehidupan sehari-hari, kata implikasi ini memiliki persamaan kata yang memadai diantaranya adalah keterkaitan, keterlibatan, sangkutan, asosiasi, efek, konotasi, akibat, siratan, maksud dan sugesti. Untuk itu istilah implikasi ini sendiri lebih cocok digunakan dalam konteks bahasa ilmiah dan penelitian.  Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian implikasi dan contoh implikasi penelitian.

Implikasi Adalah? Pengertian Implikasi dan Contoh Implikasi Penelitian

Pengertian Implikasi

Sebenarnya ada beberapa pengertian implikasi menurut para ahli. Namun pengertian implikasi menurut para ahli sendiri juga belum bisa menjelaskan secara jelas terkait dengan arti implikasi sebenarnya. Implikasi adalah suatu konsekuensi  atau akibat yang berasal dari hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Selain itu ada juga yang menyebutkan bahwa implikasi adalah suatu analisis atau hasil akhir temuan dari penelitian.

Baca Juga :   Pengertian Pendidikan, Tujuan, Fungsi dan Jenis Pendidikan

Kata implikasi sendiri sebenarnya memiliki makna yang sangat luas dan beragam. Selain itu kata implikasi ini juga bisa anda gunakan dalam suasana apapun yang mengaharuskan anda untuk berpendapat. Secara sederhana implikasi merupakan suatu dampak dari suatu penelitian.

Pengertian Implikasi Penelitian

Perlu kita ketahui bersama bahwa implikasi dalam penelitian biasanya digunakan sebagai perbandingan. Sehingga bisa dikatakan implikasi penelitian merupakan suatu perbandingan penelitian dari penelitian sebelumnya dengan penelitian yang baru. Atau bisa juga berarti bahwa implikasi merupakan suatu dampak yang ditimbulkan secara langsung dari hasil penelitian atau merupakan suatu kesimpulan dari hasil penelitian.

Selain itu ada tiga jenis implikasi yang biasa digunakan dalam penelitian diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Implikasi Teoritis merupakan suatu penyajian hasil penelitian dengan menggunakan gambar. Gambar-gambar ini nantinya akan menunjang dan melengkapi hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, selain itu gambar-gambar yang akan disajikan tentunya harus berkaitan dengan implikasi teoritikal berdasarkan hasil penelitian yang akan disajikan.
  2. Implikasi Manajerial merupakan sebuah analisis atau hasil akhir penelitian yang didapatkan dari kebijakan-kebijakan yang telah diterapkan pada sebuah metode penelitian.
  3. Implikasi Metodologi terkait dengan bagaimana suatu cara atau metode yang digunakan dalam penelitian. Implikasi metodologi ini sendiri memiliki tujuan untuk menyebutkan kesulitan-kesulitan maupun tantangan yang dialami oleh peneliti. Sehingga nantinya peneliti bisa mendapatkan masukan atau perbaikan dari penelitian yang sudah diteliti.
Baca Juga :   Pengertian Puisi : Jenis-Jenis dan Struktur Puisi

Contoh Implikasi

Selain ketiga jenis implikasi tersebut implikasi teoritis, implikasi manajerial dan implikasi metodologi, ada juga contoh atau jenis implikasi yang berasal dari pemanfaatan implikasi metode penelitian diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Implikasi Dalam Kepemimpinan

Perlu kita ketahui bersama bahwa untuk menjadi pemimpin ada banyak hal yang wajib kita perhatikan. Iya, menjadi seorang pemimpin tentunya wajib memiliki sikap yang berkualitas dan bertanggung jawab demi kemajuan suatu organisasi atau perusahaan.

Selain itu seorang pemimpin juga harus memiliki sikap sebagai seorang leader dengan tujuan dan visi misi yang jelas. Tidak hanya itu, seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk memberikan dorongan untuk anggotanya dan mengutamakan jalinan yang manusiawi dan menghargai. Sehingga nantinya akan tercipta pemimpin yang memiliki implikasi dan fungsi positif bagi perushaaan maupun anggotanya.

2. Implikasi Etika

Implikasi etika yang dalam hal ini berkaitan dengan formalitas yang dilakukan. Yang mana sebuah etika tentunya sudah diajarkan sejak dini yang kemudian akan berlanjut untuk terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita tau bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan namun tetap tidak meninggalkan etika seperti contoh yang paling simple adalah seseorang yang usianya lebih mudah wajib menjunjung dan menghormati orang yang lebih tua.

Baca Juga :   Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya

3. Implikasi Budaya

Implikasi budaya merupakan metode budaya yang didalamnya mengkaji tentang bagaimana seseorang harus bersikap secara tepat dalam kebudayaan. Seperti yang kita tau bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki beragam kebudayaan.  Sebagai warga Indonesia yang baik menjunjung tinggi kebudayaan seharusnya tidak merendahkan budaya lain, seharusnya dengan berbagai macam budaya yang kita miliki membuat kita untuk lebih menghormati budaya sesama warga negara dari beragam latar belakang budaya.

4. Implikasi Globalisasi

Implikasi globalisasi merupakan suatu metode yang mengkaji terkait dengan dampak dari globalilasi terhadap lingkungan masyarakat dalam segala aspek seperti ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan terkait dengan pengertian implikasi dengan berbagai metodenya. Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa implikasi merupakan satu hal yang harus kita pahami untuk melangsungkan proses penelitian dengan baik, sehingga nantinya bisa menghasilkan penelitian yang bermanfaat dan membuahkan pemikiran yang maju dan berkembang. Sekian dari kami semoga bermanfaat.