Pengertian Ideologi : Fungsi dan Jenis-Jenis Ideologi

Pengertian Ideologi : Fungsi dan Jenis-Jenis Ideologi – Pengertian Ideologi dapat dikatakan sebagai suatu kumpulan ide atau gagasan yang bisa diartikan sebagai visi yang luas dalam memandang segala sesuatu. Sedangkan pengertian ideologi jika kita lihat dari kamus, berasal dari kati idea atau ideas yaitu ide.

Pengertian ideologi yang sebenarnya tidak hanya sekedar ide atau gagasan saja, tetapi terbangun secara sistematis dan mempunyai tujuan yang jelas dalam lingkup nasional atau kenegaraan. Tetapi para anak-anak muda sekarang lebih banyak menggunakan kata ideologi sebagai kumpulan atau pendapat mereka untuk suatu kelompok kecil. Berikut penjelasan pengertian ideologi menurut para ahli.

Pengertian Ideologi : Fungsi dan Jenis-Jenis Ideologi

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

1. Silvio Vietta

Menurut Silvio Vietta : Ideologi merupakan sebuah bentuk perlindungan dari kumpulan ide terhadap tingkat politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme

Baca Juga :   Etika Profesi : Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip dan Contohnya

2. Rene Descartes

Menurut Rene Descartes : Ideologi merupakan suatu kumpulan ide dari seseorang atau sekelompok manusia.

3. Machiavelli

Menurut Machiavelli : Ideologi merupakan suatu usaha dari seseorang penguasa untuk mempertahankan kekuasaan dan suasanya politik yang terjadi dalam negara atau pemerintahannya dalam bentuk sistem yang terorganisir.

4. Kamus Politik White

Menurut Kamus Politik White : Ideologi adalah “The sum of political ideas of doctrines of distinguishable class of groub of people” artinya; cita-cata politik atau doktrin dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.

5. Karl Marx

Menurut Karl Marx : Ideologi merupakan suatu alat untuk mencapai sebuah kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat. Dalam artian yang lebih jauh lagi, bahwa suatu ideologi bisa diciptakan oleh kelas masyarakat yang mempunyai kemampuan untuk mengendalikan/memproduksi bahan baku masyarakat.

6. Leibniz

Menurut Leibniz : Memimpikan ideologi sebagai one greath system of truth yaitu kesatuan sitem kebenaran yang menakjubkan.

7. Thomas H

Menurut Thomas H : Ideologi merupakan sebuah cara untuk mempertahankan serta melindungi politik dari suatu pemerintahan agar dapat tetap mengatur masyarakat.

8. Ali Syariati

Menurut Ali Syariati : Ideologi merupakan suatu bentuk kumpulan gagasan dan ide yang dipatuhi oleh kelompok, kelas sosialm bangsa atau ras tertentu.

Baca Juga :   Kesehatan Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Sasaran dan Ruang Lingkupnya

9. Napoleon Bonaparte

Menurut Napoleon Bonaparte : Ideologi merupakan sebuah khayalan belaka yang penerapannya tidak praktis.

Fungsi Ideologi Secara Umum

Secara umum ideologi ini bisa dipelajari, diformulasikan hingga dimasukkan kedalam tataran abtrak dalam pikiran dan jiwa manusia. Pasalnya ideologi akan menjadi sebuah landasan berpikir dan cara pandang manusia dalam menafsirkan dan memahami dunia.

Secara umum ideologi memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menjadi pemandu tindakan sosial individu di masyarakat
  • Menjadi sumber inspirasi norma dan nilai sosial
  • Menjadi panduan bagi individu dalam menemukan identitas dirinya
  • dan memberikan mitivasi bagi individu untuk mencapai tujuan hidupnya.

Pada umunya ideologi ini bisa menentukan tindakan konkrit dindividu dalam kehidupan sosialnya. Namun secara ekstrim, seseorang bahkan rela untuk berkorban nyawa demi mempertahankan ideologi yang diyakininya.

Jenis – Jenis Ideologi

1. Ideologi Kapitalisme

Gagasan utama dari ideologi kapitalisme ini terletak pada kebebasan individu untuk melakukan akumulais kapitar individual. Selaian itu negara tidak diperbolehkan untuk ikut campur dalam upaya memperkaya diri yang dilakukan oleh seseorang.

2. Ideologi Liberalisme

Gagasan utama dari ideologi liberalisme adalah pada kebebasan individu dan menjunjng tinggi kesetaraan dalam masyarakat suatu negara. Yang mana hak-hak dasar setiap orang harus dilindungi oleh negara.

Baca Juga :   Kelompok Sosial : Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor Pembentuk dan Contohnya

3. Ideologi Marxisme

Ideologi marxisme merupakan hasil pemikiran dari Karl marx yang menyusun suatu teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.

4. Ideologi Sosialisme

Jenis ideologi yang keempat adalah ideologi sosialisme yang mana dalam ideologi sosialisme ini memiliki gagasan utama pada kesetaraan sosial dimana pemerintah memiliki peran dominan atas individu. Dalam ideologi sosialems tidak ada pengakuan atas hak milik pribadi.

5. Ideologi Nasionalisme

Gagasan utama dari ideologi nasionalisme adalah kesadaran dan semangat cinta tanah air dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap individu dan masyarakat.

6. Ideologi Feminisme

Jenis ideologi yang terakhir adalah ideologi feminisme dan gagasan utamanya adalah untuk memperjuangkan kesetaraan hak dan tanggungjawab bagi perembuan dalam politik, ekonomi, budaya, ruang pribadi dan ruang publik.

Itulah sedikit pengertian ideologi, fungsi dan jenis-jenis ideologi. mereka mengartikan ideologi sesuka hatinya dan kalian pun dapat juga mengartikannya sendiri, akan tetapi kami harap anda mengartikan ideologi dalam tataran sebagai makhluk bermoral dan bertanggung jawab serta tidak gila kekuasaan seperti yang dikhawatirkan Machiavelli, Silvio, Karl Marx dan teman-teman seperjuangan lainnya.

Categories Sosial

Leave a Comment