Pengertian Customer Service, Tugas , Fungsi dan Syaratnya

Pengertian Customer Service, Tugas, Fungsi dan Syaratnya – Istilah customer service tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, tapi apakah kita tau apa pengertian customer service sesungguhnya? Nah untuk itu disini kami ingin berbagi ilmu kepada anda semua terkait pengertian customer service, tugas dan syaratnya. Berikut ulasannya secara lengkap.

Pengertian Customer Service

Pengertian Customer Service, Tugas , Fungsi dan Syaratnya

Customer service ialah setiap kegiatan yang di peruntukkan untuk memberikan kepuasan kepada kliennya, melalui pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhannya. Pelayanan yang diberikan termasuk menerima keluhan atau masalah yang sedang dihadapi.

Fungsi Customer Service

Seorang customer service ialah harus pintar dalam hal memberi solusi untuk memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh klien atau pelanggannya. Tugas dari customer service adalah memberikan pelayanan yang prima dan membina hubungan yang baik dengan klien, pelanggan atau nasabahnya. Seorang customer service juga harus dapat bertanggung jawab dari awal hingga akhir dari sebuah pelayanan tersebut. Customer service juga memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Penerima tamu – artinya bahwa seorang customer service harus dapat memberikan pelayanan terhadap berbagai macam pertanyaan yang diajukan oleh para tamu serta memberikan informasi yang diinginkan selengkap mungkin secara ramah, sopan, menarik dan menyenangkan. Harus selalu memberi perhatian, bicara dengan suara jelas serta lembut dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami nasabahnya.
  • Customer Relation Office – artinya bahwa seorang customer service merupakan seseorang yang bisa membina hubungan baik dengan pelanggan. Sehingga pelanggan atau klien merasa puas, senang dan juga semakin percaya. Customer service harus selalu menyiapkan formulir atau brosur untuk pelanggan atau klien, serta ikut membantu mengisi formulir.
  • Komunikator – artinya bahwa seorang customer service adalah orang yang dapat memberikan berbagai macam informasi dan kemudahan-kemudahan kepada klien atau tamunya, dan juga sebagai tempat untuk menampung segala macam keluhan, keberatan ataupun sebagai tempat konsultasi.
Baca Juga :   Pengertian Organisasi, Tujuan, Ciri-Ciri dan Unsur-Unsur Organisasi

Tugas Customer Service

1. Sebagai Resepsionis

Tugas pertama customer service adalah untuk menerima tamu yang datang dengan ramah tamah, sopan, tenang, simpatik, menarik dan menyenangkan. Dalam hal ini customer service harus bersikap memberikan perhatian kepada setiap tamu yang datang serta harus berbicara dengan suara yang lembut dan jelas. Dan yang paling penting adalah ketika sedang melayani pelanggan seorang customer service tidak diperbolehkan untuk merokok, makan, minum atau bicara dengan sesama karyawan.

2. Sebagai Deskman

Tugas kedua dari customer service adalah memberikan informasi mengenai produk-produk perusahaan terkait dengan manfaat, ciri-ciri produk serta untuk menjawab segala pertanyaan pelanggan terkait dengan produk yang dijual. Selain itu juga untuk membantu pelanggan yang membutuhkan pertolongan seperti mengisi formulir tersebut.

3. Sebagai Salesman

Tugas ketiga dari customer service adalah untuk menjual produk dengan melakukan cross selling serta melakukan pendekatan atau mencari pelanggan baru dimana nantinya tugas customer service adalah berusaha untuk membujuk pelanggan baru untuk membeli produk serta berusaha untuk mempertahankan pelanggan lama. Selain itu customer service juga akan berusaha mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan termasuk diantaranya terkait dengan keluhan para pelanggan.

Baca Juga :   Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

4. Sebagai Customer Relation Officer

Tugas terakhir dari customer service adalah sebagai custom relation officer. Dimana sesorang customer service harus bisa menjaga image atau citra suatu perusahaan. Selain itu juga bisa membina hubungan baik kepada seluruh pelanggan. Sehingga pelanggan bisa merasa puas, senang dengan pelayanannya, serta semakin percaya kepada perusahaan tersebut. Dan tugas yang paling penting adalah sebagai penghubung antara perusahaan dengan seluruh pelanggan.

Syarat Umum Yang Harus Dipenuhi Oleh Customer Service

1. Syarat Fisik

  • Menarik dari segi penampilan dan wajah.
  • Mempunyai tinggi dan berat badan yang proporsional. Misalnya seperti: tinggi badan ideal untuk laki-laki minimal 165 cm dan untuk perempuan minimal 160 cm.
  • Sehat jasmani maupun rohani.

2. Syarat Mental

Mempunyai mental yang kuat dalam hal melayani pelanggan atau kliennya, karena akan memberikan kepercayaan diri yang lebih baik, bisa memberikan keyakinan dan menimbulkan sifat kejujuaran maupun tanggung jawab yangbesar terhadap apa saja yang dilakukannya.

3. Syarat Kepribadian

  • Energik dan gesit
  • Memiliki rasa humor dan selalu ingin maju.
  • Mampu mengendalikan diri sendiri
  • Tidak mudah marah dan tempramental
  • Tidak terpancing untuk berkata-kata ataupun berbuat kasar
Baca Juga :   Pengertian Menyimak : Fungsi, Tujuan, Jenisnya

4. Syarat Sosial

  • Mempunyai jiwa sosial yang tinggi
  • Bijaksana
  • Memiliki budi pekerti yang luhur
  • Pandai bergaul dan bersosialisasi dengan siapapun
  • Bisa bekerjasama serta berkomitmen dengan berbagai macam pihak.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian customer service, semoga penjelasan singkat ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Comment