Pengertian Belajar dan Teori Belajar

Pengertian Belajar dan Teori Belajar & Contohnya – Belajar merupakan salah satu istilah yang pastinya sudah sangat sering kita dengarkan baik itu dimedia digitan maupun media cetak. Namun, tahukah anda apa pengertian belajar yang sebenarnya? Untuk itu disini nanti kami akan coba memberikan ulasan terkait dengan pengertian belajar, teori belajar serta contohnya.

Secara umum pengertian belajar adalah suatu kegiatan yang sangat fundamental dalam setiap jenjang pendidikan. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan setiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik itu dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif. Kegiatan belajar itu sendiri bisa dilakukan dimana saja seperti dirumah, perpustakaan, sekolah, laboratorium, hutan atau dimana saja.

Pengertian Belajar dan Teori Belajar

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli :

1. Ernest R. Hilgard

Menurut Ernest Belajar merupakan suatu proses perbuatan yang dilakukan secara sengaja yang nantinya akan menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditumbulkan oleh lainnya. Biasanya sifat perubahan ini relatif permanen dan tidak akan kembali kekeadaan semula. Belajar ini sendiri tidak bisa diterapkan para perubahan akibat situasi sesaat seperti perubahan akibat kecelakaan, sakit, mabuk dan lain sebagainya.

2. Gagne

Menurut Gagne belajar merupakan sejenis perubahan yang untuk tingkah laku yang mana keadaannya berbeda dengan sebelum individu tersebut dalam kondisi belajar sesudah melakukan tindakan.

3. Moh Surya

Menurut Moh Surya pengertian belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk merubah tingkah laku secara keseluruhan. Yang mana dalam hal ini belajar merupakan hasil pengalaman dari individu tersebut dalam interaksinya dengan lingkungan.

4. Nasution

Nasution berpendapat bahwa belajar merupakan kegiatan menambah dan mengumpulkan beberapa pengetahuan.

5. W. Gulo

Sedangkan menurut W. Gulo belajar merupakan suatu proses keberlangsungan yang ada pada diri seseorang untuk merubah perilaku, cara berpikir, bersikap dan berbuat.

Baca Juga :   Artikel Adalah? Pengertian Artikel dan Contoh Artikel Ilmiah

Dari beberapa pengertian belajar menurut para ahli diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh individu untuk merubah perilaku, cara berpikir, bersikap dan berbuat dari pengalaman yang telah didapatkan.

Sedangkan teori belajar sendiri merupakan teori yang memiliki tata cara penerapak kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa serta perencanaan metode pembelajaran yang akan dilaksanakan.  Disini ada beberapa teori belajar yang perlu kita ketahui agar bisa melakukan aktifitas belajar dengan baik dan efektif.  Berikut beberapa macam teori belajar :

Macam – macam Teori Belajar

1. Teori Belajar Klasik

Teori belajar klasik merupakan jenis pembelajaran suatu organisme yang mengaitkan atau mengasosiasikan stimulus.

2. Teori Behavioristik

Teori behavioristik ini berasal dari kata behaviour yang berarti tingkah laku.  Yang mana dalam hal ini seseorang akan diberikan penguatan dalam belajar dan akan menunjukkan tingkah laku sesuai dengan informasi yang didapat.

3. Teori Kognitif

Teori kognitif ini berarti kemampuan berpikir.  Yang mana nantinya seseorang akan mengenal dan memikirkan situasi dari tingkah laku yang terjadi. Teori ini melibatkan pikiran karena proses belajar individu ini akan merubah tingkah laku dari apa yang dilihat dan dipikirkan.

Baca Juga :   Pengertian Komunikasi Verbal dan Non Verbal & Contohnya

4. Teori Humanistik

Dalam teori ini lebih mengutamakan bagaimana manusia memahami lingkungan dan dirinya sendiri.

5. Teori Kontruktivistik

Untuk teori ini lebih bersifat membangun yang mana dalam pembelajaran dasarnya pengetahuan dan informsi ini dibangun dari peserta didik sedikit demi sedikit dari informasi yang diperoleh.

6. Teori Gesalt

Untuk teori Gesalt ini lebih mengkhususkan proses belajar mengajar pada pendidikan anak usia dini. Seperti pembelajaran yang bermakna, perilaku, prinsip, dan moral.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian belajar dan teori belajar. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat dan bisa menambah wawasan anda. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Bahasa