Artikel Adalah? Pengertian Artikel dan Contoh Artikel Ilmiah

Artikel Adalah? Pengertian Artikel dan Contoh Artikel Ilmiah – Apa sih artikel itu? Mungkin dari sebagain besar dari kita sering mendengan istilah itu, bahkan setiap hari kita bisa melihat berbagai contoh artikel baik itu di koran, karya tulis ilmiah atau di sosial media. Namun kadang sebagian dari kita masih bingung untuk menjelaskan makna sesungguhnya dari artikel itu sendiri.

Pengertian artikel dari para ahli juga beragam meski pada intinya memiliki arti yang hampir sama. Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan dibawah ini terkait dengan pengertian artikel dan contoh artikel ilmiah.

Artikel Adalah? Pengertian Artikel dan Contoh Artikel Ilmiah

Pengertian Artikel

Secara umum, pengertian artikel ini adalah sebuah karya tulis yang biasanya berisi ide, gagasan, hingga fakta. Artikel ini sendiri biasanya digunakan untuk membujuk, mengajak, mendidik, menghibur dan meyakinkan para pembaca.

Tujuan Penulisan Artikel

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa kita bisa melihat contoh artikel pada tulisan yang dipublikasikan secara luas melalui koran, televisi, majalah, sosial media dan lain sebagainya. Selain itu ada yang mengatakan bahwa artikel merupakan sebuah karangan esai yang berisi kumpulan ide-ide atau fakta yang disampaikan secara objektif.

Baca Juga :   Teks Diskusi : Pengertian, Struktur, Kaidah dan Jenis Teks Diskusi

Penulisan artikel ini bertujuan untuk membujuk, meyakinkan dan menghibur pembaca. Seperti yang kita tau bahwa kumpulan artikel ini sendiri memiliki isi yang sangat beragam sesuai dengan topik yang dibahas seperti misalnya informasi mengenai sejarah, pendidikan atau bahkan tutorial untuk membuat sesuatu. Selain itu artikel juga bisa berbentu isi laporan hasil penelitian seperti pada contoh artikel ilmiah.

Jenis Jenis Artikel

Artikel ini sendiri dibedakan menjadi 4 jenis yaitu deskripsi, narasi, argumentasi dan persuasi. Apa sih berbedaan dari ke empat jenis artikel itu? Deskripsi merupakan sebuah karya tulis yang mempu memebrikan gambaran secara mendetail sehingga bisa membuat para pembaca ikut hanyut dan seolah-olah berada diposisi atau situasi tersebut.

Sedangkan untuk narasi sendiri berisi rangkaian peristiwa yang diceritakan secara sistematis dari awal hingga akhir dan memiliki beberapa unsur seperti tokoh, permasalahan dan penyelesaiannya. Dan untuk argumentasi ini adalah sebuah tulisan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran serta didukung dengan fakta dan data. Dan terakhir Persuasi yang biasanya berisi ajakan yang dapat meyakinkan pembaca untuk melakukan sesuatu seperti keinginan penulis.

Baca Juga :   Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Cara Membuat Artikel

Bagaimana sih cara membuat artikel yang baik dan benar? Untuk membuat artikel kita tidak boleh sembarangan karena dalam pola pembuatan artikel ini sendiri memiliki beberapa struktur yang harus kita patuhi agar tercipta suatu artikel yang baik dan benar. Sebuah artikel itu harus memenuhi struktur yang terdiri atas pembukaan, leher artikel, isi dan penutup. Dari unsur-unsur tersebut tentunya kita harus benar-benar memahami agar tulisan yang kita buat mampu untuk menjangkau pikiran pembaca sehingga mudah untuk dimengerti.

Nah jika anda sudah memahami struktur penulisan artikel, tentunya anda akan dengan mudah untuk membuat artikel dengan pola yang baik dan benar. Selain itu cara menulis artikel yang berbobot adalah dengan menentukan tema yang spesifik dan memiliki tujuan penulisan tertentu. Selain itu anda juga harus menentukan rumusan masalah atau ide pokok pembahasan dan kesimpulan dari keseluruhan tulisan anda.

Untuk penulisan artikel yang mengandung unsur – unsur seperti diatas biasanya digunakan untuk karya tulis ilmiah. Dan untuk kumpulan artikel ilmiah ini bisa dengan mudah anda jumpai di perpustakaan. Selain itu sumber yang digunakan sebagai referensi karya ilmiah ini berasal dari laporan hasil penelitian, buku, jurnal dan kumpulan makalah. Sebagai contoh artikel ilmiah adalah “Dampak Negatif Makanan Cepat Saji Bagi Kesehatan”.

Baca Juga :   Pengertian Puisi : Jenis-Jenis dan Struktur Puisi

Contoh Artikel Ilmiah

Perlu kita ketahui bersama bahwa contoh artikel yang bersifat ilmiah ini biasanya digunakan sebagai bahan referensi pada tulisan-tulisan yang bertujuan untuk memberikan pengajaran dalam bidang pendidikan. Yang mana pada penulisan artikelnya sendiri menggunakan bahasa yang mudah untuk dimengerti dan isinya lebih mengarah kepada pembelajaran dan keteladanan. Contoh artikel pendidikan dalah “Pengaruh Pendidikan Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia di Pedalaman”.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian artikel dan contoh artikel ilmiah. Semoga bisa menambah wawasan dan semoga bermanfaat.

 

Categories Bahasa