Pengertian Analisis Data : Tujuan, Jenis, Prosedur Analisis Data

Pengertian Analisis Data : Tujuan, Jenis, Prosedur Analisis Data – Analisis data merupakan suatu pekerjaan yang dibutuhkan keahlian khusus. Iya bagaimana tidak, jika sedikit saja kita melakukan kesalahan dalam menganalisis data, maka hasil dan interprtasi yang dihasilkan pun tidak akan sempurna atau bahkan bisa berakibat fatal. Nah untuk itu, disini akan kami bagikan untuk anda mengenai pengertian analisis data, langkah-langkahnya dan jenis analisis data yang tentunya wajib anda ketahui.

Pengertian Analisis Data

Pengertian Analisis Data : Tujuan, Jenis, Prosedur Analisis Data

Apakah itu analisis data? Analisis data sendiri merupakan sebuah cara untuk mengolah data menjadi informasi agar karakteristik data tersebut mudah dipahami dan bermanfaat untuk solusi permasalahan, terutama hal yang berkaitan dengan penelitian.

Analisis data bisa juga diartikan sebagai kegiatan yangd ilakukan untuk merubah data hasil dari penelitian menjadi informasi yang nantinya dapat dipergunakan untuk mengambil kesimpulan.
Analisis data merupakan bagian yang amat penting,sebab dengan analisislah suatu data dapat diberi makna yang berguna untuk masalah penelitian. Data yang telah dikumpulkan oleh peneliti tidak akan ada gunanya apabila tidak dianalisis terlebih dahulu.

Baca Juga :   Pengertian Diagram dan Jenis-jenis Diagram

Beberapa tujuan dari analisis data antara lain untuk mendeskripsikan data sehingga bisa dipahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai karakteristik populasi berdasarkan data yang didapatkan dari sampel, biasanya dibuat berdasarkan pendugaan dan pengujian hipotesis.

Pengertian Analisis Data Menurut Para Ahli

1. Taylor (1975)

Analisis data menurut Taylor (1975) adalah suatu proses yang merinci usaha secara formal untuk menemukan tema dan merumuskan suatu hipotesis seperti yang disarankan dan sebagai bentuk usaha untuk memberikan bantuan dan tema pada hipotesis.

2. Lexy J. Moleong (2002)

Analisis data menurut Lexy J. Meloeng (2002) adalah suatu proses untuk mengatur urutan data, lalu mengorganisasikannya kedalam suatu pola, kategori dan satuan uraian dasar.

Jenis – Jenis Analisis Data

Setelah mengetahui pengertian analisis data, terdapat dua jenis analisis data berdasarkan metode dan caranya yaitu analisis data secara deskriptif dan analisis data secara inferensial. Berikut ulasannya :

1. Analisis Data Secara Deskriptif

Analisis data secara deskrptif merupakan suatu teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara membuat gambaran data-data yang telah terkumpul tanpa membuat generalisasi dari hasil penelitian tersebut.

Baca Juga :   Pengertian Grafik, Macam - Macam, Tujuan dan Fungsinya

Yang termasuk pada penyajian data secara deskriptif adalah :

  • Grafik
  • Tabel
  • Presentasi
  • Frekuensi
  • Diagram
  • dan lain sebagainya

2. Analisis Data Secara Inferensial

Analisis data secara inferensial merupakan suatu teknik analisis data dengan menggunakan statistik, yang mana teknik tersebut dilakukan dengan cara membuat kesimpulan yang berlaku secara umum.

Secara umum analisis inferensial ini menggunakan rumus statistik tertentu yang mana hasil perhitungan rumus nantinya akan menjadi dasar dalam generalisasi yang sampel bagi populasi. Bisa dikatakan bahwa analisis inferensial ini berfungsi untuk membuat generalisasi dari hasil penelitian sampel untuk populasi.

Langkah – Langkah dan Prosedur Analisis Data

  1. Tahap pertama, pengumpulan data.Yakni mengumpulkan data yang akan dianalsis.
  2. Tahap kedua, editing. Yakni memeriksa kejelasan maupun kelengkapan
    mengenai pengisian instrumen pengumpulan data.
  3. Tahap ketiga adalah koding. Yakni melakukan proses identifikasi dan proses
    klasifikasi dari tiap­tiap pernyataan yang terdapat pada instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang sedang diteliti.
  4. Tahap keempat adalah tabulasi. Yaknimencatat ataupun entri data kedalam tebel­
    tabel induk penelitian.
  5. Tahap kelima, pengujian. Pada tahap ini data akan diuji kualitasnya yaitu menguji validitas maupun realiabilitas instrumen dari pengumpulan data.
  6. Tahap keenam, tahap mendeskripsikan data. Menyajikan dalam bentuk tabel frekuensi ataupundiagram dalam berbagai macam ukuran tendensi sentral maupun ukuran dispersi. Bertujuan memahami karakteristik data sampel dari penelitian.
  7. Tahap ketujuh, pengujian hipotesis. Adalah tahapan pengujian terhadap proposisi apakah ditolak atau bisa diterima dan memiliki makna atau tidak. Atas dasar hipotesis inilah nantinya keputusan akan dibuat.
Baca Juga :   Pengertian Diagram dan Jenis-jenis Diagram

Jenis-jenis Analisis Data Dalam Penelitian

  1. Teknik secara deskriptif. Merupakan teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis data dengan mendeskripsikan atau menggambarkan data­ data yang sudah dikumpulkan seadanya tanpa ada maksud membuat generalisasi dari hasil penelitian. Yang termasuk dalam teknik analisis data statistik deskriptif diantaranya seperti penyajian data kedalam bentuk grafik, tabel, presentase, frekwensi,diagram, grafik, mean, modus dll.
  2. Teknik secara inferensial. Merupakan statistik yang dipakai untuk melakukan analisis data dengan cara membuat kesimpulan yang berlaku secara umum.
    Ciri-cirinya yaitu digunakanya rumus statistik tertentu, lalu hasil perhitungan yang sudah dilakukan itulah yang nantinyaakan menjadi dasar dari pembuatan generalisasi yang berasal dari samber bagi populasi.

Dengan begitu statistik inferensial mempunyai fungsi untuk mengeneralisasikan hasil dari penelitian sampel untuk populasi, sesuai dengan fungsi itulah maka statistik inferensial sangat berguna untuk penelitian sampel. Itulah penjelasan mengenai teknik analisis data inferensial.

Demikianlah artikel singkat mengenai pengertian analisis data, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.