Akomodasi Adalah? Pengertian Akomodasi dan Contohnya

Akomodasi Adalah? Pengertian Akomodasi dan Contohnya – Untuk melengkapi artikel sebelumnya, kali ini kami akan memberikan informasi terkait dengan pengertian akomodasi dan contohnya. Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya dibawah ini.

Akomodasi merupakan suatu bentuk usaha untuk melerai atau menyelesaikan masalah dengan beberapa pihak secara kondusif sehingga nantinya akan tercipta kondisi yang damai seperti sedia kala, Sehingga bisa dibilang bahwa pengertian akomodasi adalah upaya kedua belah pihak yang tidak sepaham bisa disatukan kembali dan tidak terjadi masalah yang berkepanjangan.

Akomodasi Adalah? Pengertian Akomodasi dan Contohnya

Selain itu, akomodasi ini juga memiliki beberapa bentuk diantarannya adalah sebagai berikut :

Bentuk – Bentuk Akomodasi

1. Kompromi

Seperti yang sering kita rasakan, kadang kita memiliki perbedaan sudut pandang dengan orang lain baik itu di organisasi maupun di lingkungan sekitar sehingga hal ini menyebabkan timbulnya suatu masalah atau pertentangan. Dari pengertian akomodasi yang berprinsip menyelesaikan konflik secara dingin, sehingga akomodasi ini dilandasi dengan adanya tindakan kompromi dari kedua belah pihak.

Baca Juga :   Pengertian Dasar Negara : Fungsi, Manfaat dan Proses Terbentuknya Dasar Negara

2. Ajudikasi

Apa itu ajudikasi? Ajudikasi merupakan suatu tindakan yang melibatkan pihak ketiga sebagai penengah atau penyelesai masalah. Biasanya untuk ajudikasi ini sendiri melibatkan badan hukum agar mendapat kepastian dan mendapatkan hasil penyelesaian yang diinginkan. Dalam hal ini, akomodasi merupakan pihak yang dirugikan bisa mendapatkan keadilan atas tuntutan yang diberikan oleh pihak lain.

3. Mediasi

sama halnya dengan ajudikasi, mediasi ini juga melibatkan pihak ketiga untuk menyelesaiakn suatu masalah yang terjadi. Bedanya dalam mediasi ini pihak ketiga hanya berperan memberikan saran atau masukan atau hanya mempertemukan pihak yang bersangkutan agar bisa menyelesaikan masalah secara damai. Sehingga  bisa disimpulkan bahwa pengertian akomodasi disini adalah masalah bisa tetap diselesaikan oleh pihak yang bersangkutan dan pihak ketiga hanya sebagai media agar keduanya bisa menyelesaikan masalah dengan jalan terbaik.

4. Konsiliasi

Dari pengertian akomodasi yang mengutamakan masalah dapat selesai secara kondusif terkadang membuat beberapa orang tergerak untuk menjadi penengah meski tanpa diminta. Tindakan tersebut merupakan contoh dari akomodasi konsiliasi dimana pihak ketiga dengan sukarela mau membantu menyelesaikan masalah secara adil agar kedua belah pihak yang berseteru bisa kembali berdamai dan mendapatkan haknya masing-masing.

Baca Juga :   Pengertian Dasar Negara : Fungsi, Manfaat dan Proses Terbentuknya Dasar Negara

5. Toleransi

Untuk arti toleransi dalam akomodasi ini terkait tentang kesadaran masing-masing pihak agar bisa memaklumi segala pertentangan yang terjadi dan tidak mempermasalahkannya dalam kondisi tertentu. Sehingga tindakan akomodasi ini bisa menjamin hubungan dari kedua belah pihak ini tetap bersahabat dan hidup berdampingan.

6.Koersi

Arti akomodasi pada kondisi ini memiliki makna yang sedikit konversial. Yang mana koersi akomodasi merupakan suatu penyelesaian masalah yang lebih cenderung menguntungkan / membela satu pihak.  Sehingga untuk pihak yang bisa memenangkan perdebatan akan mendapatkan segala tuntutannya dan yang kalah akan tersingkirkan.

Biasanya akomodasi koersi ini akan menggunakan segala cara termasuk dengan ancaman dan kekerasan untuk bisa memenangkan pihak satu dan menekan pihak yang berseberangan agar mau mengalah. Sehingga dari permasalahan ini bisa dimenangkan dengan mudah dengan bantuan orang ketiga yang memiliki kekuasaan lebih tinggi. Jadi tidak heran jika untuk jenis akomodasi ini cenderung kontroversial.

7. Konversi

Akomodasi Konversi merupakan bentuk kesadaran dari salah satu pihak yang mau mengalah dan dengan suka rela mengentikan konflik yang terjadi karena telah mengakui kesalahannya. Biasanya pada jenis kasus ini pihak yang menang pun akan dengan mudah untuk melukapan konflik yang disebabkan pihak yang sudah mengakui kesalahannya. Sehingga akomodasi konversi ini akan mencapai penyelesaian masalah dengan jalan yang damai dan bisa menguntungkan kedua belah pihak karena bisa menyadari kesalahan yang dilakukan.

Baca Juga :   Pengertian Dasar Negara : Fungsi, Manfaat dan Proses Terbentuknya Dasar Negara

Demikian informasi yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian akomodasi lengkap dengan contohnya. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories PPKN