Cara Menghitung Volume Tabung yang Benar

Cara Menghitung Volume Tabung yang Benar – Jika berbicara mengenai matematika tentu tidak akan ada habisnya. Seperti yang kita tau bahwa matematika menjadi salah satu pelajaran yang ditakuti oleh banyak siswa. Pasalnya matematika adalah salah satu pelajaran yang dirasa cukup sulit dan menakutkan. Kenapa demikian? Mungkin karena kita belum paham betul tentang matematika, belum paham rumus-rumusnya, dan belum jatuh cinta dengan matematika.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak kalian semua untuk belajar bareng tentang bagaimana cara menghitung volume tabung yang benar itu seperti apa. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, sebaiknya kita mengenali dulu istilah-istilah yang berkaitan dengan tabung.

Cara Menghitung Volume Tabung

 

Pengertian Silinder (Tabung)

Silinder tabung merupakan bangunan 3 dimensi yang beraturan dengan bentuk seperti tabung dengan lingkaran dengan ketinggian tertentu.

Radius, Diameter, dan Tinggi Tabung

Perlu kita ketahui bahwa ukuran silinder atau tabung tersebut tidak bisa dilihat dengan besaran diameter penampang tabung serta tingginya. Hal itu berarti diameter tabung bisa dilihat lebih pendek atau lebih panjang dari tinggi tabung sebenarnya. Sehingga bisa dikatakan bahwa dimensi tinggi tabung lebih besar dari diameter dimensi pada tabung disebut juga panjang tabung misalkan pada batang besi sedangkan dimensi tinggi ini terkadang disebut sebai tebal silinder seperti contoh pada keping koin.

Baca Juga :   Pengertian Diagram dan Jenis-jenis Diagram

Rumus Menghitung Volume Silinder (Tabung)

Untuk menghitung volume silinder kita bisa menggunakan rumus, namun sebelum itu kita harus mengetahui dimensi radius diameter serta tinggi silinder(tabung). Untuk lebih jelasnya berikut rumus menghitung volume silinder :

volume = phi x radius x radius x tinggi

Rumus Menghitung Volume Silinder

 

dimana phi = 22/7

Seperti yang kita tau bahwa rumus ini seringkali ditulis secara lebih singkat dengan V=phi x r x r x t. Pada dasarnya untuk menghitung volume silinder atau tabung adalah luas lingkaran tabung dikalikan dengan tinggi tabung. Pada rumus tersebut pi x r x r adalah luas lingkaran penampang silinder.

Untuk menghitung volume silinder atau tabung anda bisa menggunakan rumus diatas, dimana dimensi radius atau diameter dan tingginya harus dalam satuan yang sama. Perlu diketahui bahwa satuan volume adalah satuan panjang kubik misalnya milimeter kubik (mm³), centimeter kubik (cm³), meter kubik (m³) dan lainnya.

Contoh Menghitung Volume Tabung

Contoh Soal 1

Soal : Berapa volume sebuah tabung yang memiliki diameter 20cm dan tinggi 28cm?
(Petunjuk : volume silinder = phi x radius x radius x tinggi)

Jawaban :

Radius silinder adalah setengah dari diameter yaitu 10cm.

Baca Juga :   Cara Menghitung Diagram Lingkaran Dan Contoh Soal

Volume tabung = (22/7) x 10cm x 10cm x 28cm = 8.800cm³

Contoh Soal 2

Soal : Sepotong balok dibentuk menjadi sebuah silinder dengan luas penampang 240cm2. Silinder balok tersebut tingginya 50cm. Maka berapakah volme silinder balok tersebut?

(Petunjuk : Volume silinder = luas penampang lingkaran x tinggi)

Jawaban :

Volume silinder balok : 240 cm2 x 50 cm = 12.000cm³.

Contoh Soal 3

Soal : Sebatang besi memiliki panjang 7meter dan mempunyai penampang bentuk lingkaran dengan diameter 1cm. Maka berapakah volume batang besi tersebut dalam centimeter kubik?

(Petunjuk : volume silinder = pi x radius x radius x tinggi)

Jawaban :

Panjang besi = tinggi silinder yaitu 7 m = 700cm

Radius silinder = setengah kali diameter batang besi yaitu 0,5 cm

Volume batang besi = (22/7) x 0,5cm x 0,5cm x 700 cm = 550 cm³.

Contoh Soal 4

Soal : Sekeping koin logam memiliki tebal 1,4 mm dengan diameter 20 mm. Berapakah volume koin tersebut?

(Petunjuk : volume silinder = pi x radius x radius x tinggi)

Jawaban :

Tebal koin      = tinggi silinder yaitu 1,4 mm.
Radius koin    = setengah kali diameter yaitu 10 mm.
Volume koin  = (22/7) x 10 mm x 10 mm x 1,4 mm = 440 mm³.

Baca Juga :   Cara Menghitung Debit Air Yang Benar

Contoh Soal 5

Soal : Ada sebongkah es batu yang dicetak membentuk silinder dengan ukuran jari-jari silinder dan tebalnya sama yaitu 35cm. Maka berapakah volume silinder es batu tersebut?

(Petunjuk : volume silinder = pi x radius x radius x tinggi)

Jawaban:

Radius                     = jari-jari silinder yaitu 35 cm.
Tinggi silinder        = tebal silinder = 35 cm.
Volume silinder es = (22/7) x 35 cm x 35 cm x 35 cm = 134.750 cm³.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan terkait dengan cara menghitung volume silinder/tabung dengan menggunakan rumus. Semoga penjelasan yang sudah kami terangkan diatas bisa menambah pengetahuan anda dalam pelajaran matematika. Sekian dari kami semoga bermanfaat.