Cara Menghitung Skala Peta yang Benar

Cara Menghitung Skala Peta yang Benar – Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi terkait dengan cara menghitung skala peta beserta rumus yang digunakan. Pasalnya banyak yang belum mengerti cara menghitung skala peta karena dianggap cukup rumit. Akan tetapi, cara menghitung skala peta ini sebenarnya cukup mudah asalnya kita tau rumus-rumusnya.

Sebelum menghitung skala peta perlu kita ketahui bersama bahwa setiap peta memiliki skala atau perbandingan antara yang ada di gambar peta dengan aslinya. Biasanya skala tersebut menentukan jarak dan ukuran yang bisa menjadi informasi tambahan.

Cara Menghitung Skala Peta

 

Cara Menghitung Skala Peta

Perhitungan dengan Skala Angka

Cara Menghitung Skala Peta

 

Berikut contoh menghitung jarak sebenarnya

Pada sebuah peta berskala 1:10.000.000, jarak antara kota A dan kota B adalah 5cm. Berapakah jarak sebenarnya antara kota A dan kota B?

Jawaban :

Jarak sesungguhnya = 5cm/1:10.000.000

=5cm x 10.000.000/1

= 50.000.000cm

Jadi, jarak sesungguhnya anatara kota A dan kota B adalah 50.000.000cm atau 500km

Baca Juga :   Pemanasan Global : Pengertian, Faktor, Akibat dan Cara Mengatasinya

Berikut cara menghitung skala peta lengkap

Cara Menghitung Skala Peta

 

Contoh menghitung skala peta lainnya :

Jarak antara kota C dan D pada suatu peta adalah 8cm. Dan jarak sebenarnnya antara kota C dan kota D adalah 160km. Maka berapakah skala peta tersebut berdasarkan satuan cm?

Jawaban :

Skala = Jarak pada peta : Jarak sesungguhnya

= 8cm : 160cm

= 8cm : 160.000.000cm

= 1 : 2.000.000

Jadi, skala peta tersebut adalah 1 : 2.000.000

Perhitungan dengan Skala Batang

Untuk menghitung skala peta dengan cara ini kita harus menggunakan ukuran pada batang grafis atau garis tegak lurus yang ada pada gambar peta yang biasanya pada masing-masing ruas mewakili jarak tertentu. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh dibawah ini :

Jarak antara Desa Tembalang dengan Desa Blambangan pada peta dengan skala batang adalah 4 ruas. Satu ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1km, maka berapa jarak kedua desa sesungguhnya?

Jawaban :

Karena setiap ruas pada peta tersebut dianggap mewakili 1 km, maka jarak antara kedua desa tersebut adalah 4 x 1km = 4km

Demikian informasi yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan cara menghitung skala peta yang benar. Cukup mudah bukan? Nah, dari contoh diatas tentunya bisa anda pahami sendiri dengan menghafal rumus-rumus nya. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Baca Juga :   Pemanasan Global : Pengertian, Faktor, Akibat dan Cara Mengatasinya