Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Benar

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Dengan Benar – Bagi pasangan yang baru menikah, memiliki momongan adalah impian terbesar. Tidak heran jika banyak sekali pasangan muda yang melakukan program hamil agar bisa dengan segera memiliki momongan. Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah mengetahui masa subur, sehingga anda pun bisa melakukan program kehamilan dengan benar dan memiliki peluang hamil lebih besar.

Masa subur merupakan salah satu proses dimana sel telur dilepaskan dari ovarium menuju saluran indung telur. Yang mana pembuahan ini sendiri biasanya terjadi setelah ovulasi. Ovulasi merupakan proses pelepasan telur yang telah matang dari dalam rahim yang kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Biasanya ovulasi terjadi 16 hari setelah hari pertama menstruasi atau 14 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Perlu kita ketahui bahwa masa subur wanita biasanya tergantung pada siklus menstruasi yang anda miliki. Karena setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya terkait dengan cara menghitung siklus haid wanita, siklus haid pada wanita normal ini biasanya berlangsung selama 28 hari. Dan diantara siklus menstruasi ini terdapat masa paling subur wanita. Dimana jika terjadi pembuahan (saat sel telur bertermu sperma) di masa subur wanita ini, maka kehamilan pun akan terjadi. Namun, jika pembuahan ini tidak terjadi, maka sel telur wanita pun akan meluruh dan keluar dari vagina dalam bentuk darah dimana hal ini biasa disebut dengan menstruasi.

Baca Juga :   Cara Menghitung Siklus Haid Wanita Dengan Benar

Untuk itu disini akan coba kami ulas terkait dengan cara mengetahui masa subur wanita dengan benar, agar kita bisa melakukan program hamil dengan benar. Berikut ulasannya.

Kapan Masa Subur Wanita Terjadi?

Secara umum masa subur wanita normal rata-rata terjadi mulai dari hari ke 10 hingga ke 17 setelah hari pertama haid, dimana siklus wanita normal ini berlangsung selama 28 hari.

Bagi anda yang sangat menginginkan momongan, wajib untuk anda mengetahui masa subur anda. Karena hal ini sangat berpengaruh dalam mendapatkan peluang lebih besar untuk kehamilan anda. Perlu kita ketahui bahwa lima hari sebelum ovulasi dan pada saat terjadi ovulasi merupakan masa paling subur bagi wanita. Dimana anda sangat dianjurkan untuk melakukan hubungan untuk mendapat peluang hamil yang tinggi.

Berikut adalah contoh untuk menentukan masa subur wanita dengan siklus haid teratur yaitu 28 hari. Sebagai contoh misalnya hari pertama haid anda jatuh pada tanggal 3 mei. Berikutnya tambahkan dengan 28 yang hasilnya nanti merupakan hari pertama haid anda dibulan berikutnya.

Baca Juga :   Cara Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan

Contoh 3 + 28 = 31

Maka hari pertama haid anda dibulan berikutnya jatuh pada tanggal 31 Juni.

Masa Subur Wanita

 

Nah, untuk mengetahui masa subur anda, disini anda hanya perlu menghitung kembali dengan cara mengurangi seperti 31-14 = 17 yang artinya masa subur anda dimulai pada tanggal 17 Juni sampai seminggu kedepan.

Tanggal 17 merupakan jendela masa subur anda yang memiliki peluang hamil cukup tinggi. Selain itu anda juga bisa melakukan hubungan bercinta sehari sebelum atau dimasa ovulasi terjadi. Karena sehari sebelum masa ovulasi dan di hari ovulasi terjadi merupakan puncak masa subur anda yang memiliki peluang hamil dengan tingkat yang tinggi.

Menentukan Masa Subur Wanita Dengan Siklus Haid Tidak Teratur

Menentukan masa subur wanita dengan siklus haid yang tidak teratur ini bisa dibilang susah susah gampang, karena masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur ini akan berubah-ubah setiap bulannya. Sehingga hal yang paling penting anda lakukan adalah mencatat siklus haid anda selama 6 bulan terakhir. Kemudian anda bisa mengurangi siklus haid terpendeknya dengan 18 dan hasilnya merupakan hari pertama masa subur dan kemudian dikurangi siklus haid terpanjangnya dengan 11 dan hasilnya adalah hari terakhir masa suburnya

Baca Juga :   Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Per Hari Dengan Benar

Sebagai contoh misalnya selama 6 bulan terakhir berturut-turut siklus haid anda yaitu 28, 31, 28, 29, 30 dan 26. Maka masa subur anda adalah

Hari pertama masa subur anda = 26 – 8 = 8
Hari terakhir masa subur anda = 31 – 11 = 20

Maka itu artinya, masa subur anda jatuh pada hari ke-8 jika dihitung dari hari pertama anda haid sampai dengan hari ke-29. Dengan begitu apabila anda haid pada tanggal 3 Mei, Maka hari pertama masa subur anda jatuh pada tanggal 3 + 8 =11 Mei dan hari terakhir masa subur anda adalah tanggal 3 + 20 = 23 Mei.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan terkait dengan cara menghitung masa subur wanita dengan benar. Semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu anda mengetahui masa subur anda sehingga anda pun bisa melakukan program hamil dengan benar. Semoga bagi kita yang belum memiliki momongan segera dianugrahkan momongan yang lucu, pinter dan bermanfaat buat semuanya. Amin

Categories Medis