Cara Menghitung Luas Lingkaran Yang Benar

Cara Menghitung Luas Lingkaran Yang Benar – Masih soal matematika, jika kemarin telah kami sajikan ulasan terkait dengan cara menghitung keliling lingkaran, kali ini kami akan mengulas mengenai cara menghitung luas lingkaran yang benar dan tepat. Tidak hanya itu, disini nanti juga akan kami cantumkan beberapa contoh soal mencari luas lingkaran lengkap dengan jawaban dan pembahasannya. Sehingga nantinya kami berharap anda bisa menghafal dan mengerjakan soal yang diberikan Bapak dan Ibu guru dengan baik dan benar.

Pada dasarnya rumus keliling dan luas lingkaran terlihat hampir sama bahkan tidak sedikit yang terbalik saat menerapkan rumus tersebut. Sehingga kita harus lebih teliti lagi sebelum memakai rumus luas lingkaran. Untuk itu disini akan kami jelaskan secara rinci bagaimana cara menghitung luas lingkaran. Berikut ulasannya :

Menghitung Luas Lingkaran

 

Rumus Luas Lingkaran

Luas Lingkaran = π x r²

Keterangan :

  • π ( phi ) = 3,14 atau 22/7
  • r             = jari-jari dari lingkaran atau setengah diameter lingkaran, jika jari-jari satuannya meter (m), maka satuan luasnya m².
Baca Juga :   Cara Menghitung Kubikasi Kayu dan Pasir Yang Benar

Rumus Luas Lingkaran

 

Contoh Soal

1. Diketahui sebuah roda sepeda motor memiliki diameter 42cm. Maka berapakah luas lingkaran roda tersebut?

Jawab :
d = 42 cm
karena d = 2 kali r maka:
r = d/2
r = 50/2
r = 21 cm
Luas = π x r²
Luas = 22/7 x 21²
maka Luasnya = 1386 cm²

2. Hitung luas lingkaran dengan jari-jari 20cm!

Jawab :
r = 20 cm
Luas = π x r²
Luas = 3,14 x 20²
Luas = 1256 cm²

Untuk menghitung luas lingkaran perlu diingat bahwa ada beberapa tips yang harus anda ingat dimana anda harus mengeluarkan jari-jarinya bukan diameternya, kemudian perhatikan bahwa 3,14 hanya pendekatan. Karena sebenarnya ada banyak digit setelah tidak diterima sehingga lebih baik anda menggunakan kalkulator.

Tips selanjutnya untuk mengingat semua rumus tersebut adalah lebih baik tulis dibuku catatan atau lembaran kertas. Jika belum paham, anda bisa coba minta penjelasan ulang kepada Bapak/Ibu guru, teman, atau saudara anda.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan cara menghitung luas lingkaran yang benar. Sekian dari kami semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.

Baca Juga :   Cara Menghitung Volume Tabung yang Benar