Cara Menghitung Keliling Lingkaran Yang Benar

Cara Menghitung Keliling Lingkaran Yang Benar – Jika membahas mengenai matematika memang tidak akan ada habisnya. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara menghitung keliling lingkaran dengan menggunakan rumus beserta komponen lingkaran tersebut. Sebelum kepembahasan lebih jauh mari kita pahami terlebih dahulu makna lingkaran.

Lingkaran merupakan gambar dua dimensi dimana hal ini berarti bahwa lingkaran tidak memiliki sudut. Berbeda dengan bangun datar dua dimensi lainnya,lingkaran ini cukup unik karena tidak memiliki sudut dan memiliki model tak hingga. Selain itu jika lingkaran ini dilipat maka akan mendapatkan lipatan tak hingga juga. Perlu kita ketahui bahwa lingkaran ini memiliki beberapa bagian seperti jari-jari, diameter dan pusat lingkaran yang tentunya kita harus memahami terlebih dahulu sebelum membahas mengenai rumus lingkaran.

Cara Menghitung Keliling Lingkaran

Bagian – Bagian Pada Lingkaran

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa lingkaran ini memiliki beberapa bagian seperti jari-jari, diameter dan pusat lingkaran. Berikut ulasannya :

  • Jari-jari lingkaran merupakan jarak dari pusat lingkaran ke titik keluar
  • Diameter lingkaran yang merupakan titik potong dari titik luar lingkran yang melewati titik pusat lingkaran yang membentuk garis lurus. Biasanya diameter ini dikenal dengan 2x dari jari-jari
  • Pusat lingkaran yang merupakan titik tengah yang memiliki jarak yang sama dari titik terluar. Sehingga untuk mengukur titik tengah lingkaran atau yang biasa dikenal dengan pusat lingkaran dengan titik terluar (apa saja) maka jaraknya adalah sama.
Baca Juga :   Cara Menghitung Debit Air Yang Benar

Pada dasarnya rumus mencari keliling lingkaran ini adalah konsep dasar untuk menguasai materi selanjutnya, sehingga rumus ini sangat penting untuk anda pahami. Materi lanjutan yang berhubungan dengan rumus keliling lingkaran adalah mencari volume tabung, luas permukaan tabung, volume kerucut, luas permukaan kerucut dan luas juring lingkaran.

Lalu bagaimana rumus menghitung luas lingkaran? Berikut akan kami sajikan secara lengkap terkait dengan mencari keliling lingkaran, lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya. Berikut ulasannya.

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran

 

π = 22/7 ? jika jari-jari (r) atau diameter (d) merupakan kelipatan 7 atau bisa dibagi 7
π = 3,14  ? jika jari-jari (r) atau diameter (d) bukan kelipatan 7 atau tidak bisa dibagi 7

Untuk menghitung lingkaran yang sempurna anda bisa menggunakan rumus dibawah ini.

Cara Menghitung Keliling Lingkaran

 

Untuk menghitung keliling lingkaran, disini kita bisa menghitungnya dengan menggunakan dua rumus yang mana nantinya akan mendapatkan hasil yang sama. Untuk cara pertama keliling lingkaran dihitung menggunakan rumus jari (r = radius) sedangkan untuk cara kedua dengan menggunakan rumus diameter (d). Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

Baca Juga :   Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Benar

Keliling lingkaran dengan rumus menggunakan jari-jari (r) :

K = 2 x π x r

K = 2 x 22/7 x 7

K = 44 cm

Keliling lingkaran dengan rumus menggunakan diameter (d) :

K = π x d

K = 22/7 x 14

K = 44 cm

Rumus tersebut diatas biasanya digunakan untuk menghitung lingkaran sempurna. Sedangkan untuk menghitung lingkaran yang tidak penuh/tidak sempurna anda bisa menggunakan rumus dibawah ini :

Sebelumnya perlu kita pahami bersama bahwa untuk menghitung lingkaran sempurna dan tidak sempurna ini menggunakan rumus yang berbeda. Hal pertam yang bisa kita lakukan adalah mengetahui potongan lingkaran tersebut berapa bagian dari lingkaran sempurna tersebut.

Mari kita lihat kembali gambar diatas yang mana pada bagian hitam tersebut adalah bagian yang ingin kita hitung kelilingnya dan disisi lain merupakan lingkaran yang hilang dan masing-masing bagian bernilai setengah lingkaran dan bagian hitam yang akan kita hitung bersama adalah setengah lingkaran. Untuk lebih jelasnya silahkan simak rumus dibawah ini :

K = ½ x 2 x π x r

K = ½ x π x d

Mungkin jika hanya melihat rumusnya saja kita belum begitu paham. Untuk itu berikut akan kami sajikan contoh untuk menghitung keliling lingkaran. Berikut ulasannya :

Baca Juga :   Cara Menghitung Persentase di Excel yang Benar

Contoh Soal Keliling Lingkaran

1. Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 14cm. Berapakah keliling lingkaran tersebut?

Jawaban

Keliling = π x 2 x jari-jari, maka 22/7 x 2 x 14 = 88 cm2.

2. Berapakah keliling dari suatu lingkaran yang memiliki diameter 6m?

Jawaban

Keliling = π x d , maka 22/7 x 6 = 18,85 m

3. Jika ada sebuah kolam renang yang berbentuk lingkaran dan memiliki diameter 20m. Dan jika seseorang berlari mengelilingi kolam tersebut sebanyak 12 kali. Maka berapakah jarak yang ia tempuh?

Jawaban

Jarak yang ditempuh adalah = 12 x keliling kolam = 12 x 3,14 x 20 = 753,6 m

4. Jika sebuah motor memiliki roda dengan jari-jari 42cm dan berputar sebanyak 2000 kali, maka berapakah jarak yang ditempuh oleh motor tersebut?

Jawaban

Jarak yang ditempuh motor sama dengan 2000 kali keliling lingkaran (roda ) maka jarak yang ditempuh motor = 1000 x π x d = 1.000 x 22/7 x 84 cm = 264000 cm = 2,64 km.

5. Sebuah lingkaran mempunyai luas 1256 cm² hitunglah keliling dari lingkaran itu ?

Jawaban

Luas lingkaran = π r² ? 1256 = 3,14 x r2
r² = 1256/3,14 = 400
r   = v400 = 20 cm
Keliling = 2 π r = 2 . 3,14 . 20 = 125,6 cm

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan cara menghitung keliling lingkaran. Sekian dari kami semoga bermanfaat.