Cara Menghitung Denyut Nadi Normal Dengan Mudah & Benar

Cara Menghitung Denyut Nadi Normal Dengan Mudah & Benar – Jantung adalah salah satu sistem organ manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah yang terletak di dalam rongga dada agak sebelah kiri. Dimana jantung ini sendiri merupakan bagian terpenting bagi manusia yang biasanya ditandai dengan adanya detak jantung, nafas dan denyut nadi. Untuk itu disini kami ingin mengulas tentang bagaimana cara menghitung denyut nadi dan cara menghitung berapa jumlah rata-rata detak jantung per menitnya.

Perlu kita ketahui bahwa pada setiap manusia memiliki jumlah denyut jantung yang berbeda. Kenapa demikian? Karena dari setiap kegiatan atau aktifitas yang dilakukan menghasilkan jumlah denyut jantung yang berbeda-beda. Seperti misalnya ketika saat anda selesai melakukan olahraga dengan ketika anda baru bangun tidur. Pasti anda merasakan perbedaan bukan? Itu karena jumlah denyut jantung anda dari kedua aktifitas tersebut berbeda.

Cara Menghitung Denyut Nadi

 

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting, dimana detak jantung ini sendiri juga berfungsi untuk mengetahui kesehatan tubuh anda apakah dalam keadaan sehat/bugar atau dalam kondisi sakit. Biasanya untuk orang dewasa yang normal detak jantung idealnya adalah 60-100 kali perdetik. Namun perlu kita ketahui juga bahwa jumlah detak jantung tersebut juga dipengarugi oleh beberapa faktor seperti ukuran tubuh, tingkat emosi dan obat yang di kosumsi sebelumnya.

Baca Juga :   Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Tepat

Bagi sebagian orang yang memiliki sakit jantung, tentu sangat disarankan untuk melakukan kontrol/cek detak jantung secara rutin ke dokter. Namun, sebenarnya anda juga bisa mengukur sendiri detak jantung tanpa menggunakan alat ukur seperti stetoskop. Iya, pengecekan detak jantung ini tidak hanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki sakit jantung, namun pengecekan detak jantung/denyut nadi itu juga sangat disarakan untuk semua orang. Lalu bagaimana kah caranya? Cara untuk mengukur detak jantung ini cukup mudah anda cukyp menempelkan jari telunjuk dan jari tengah di pergelangan tangan atau bisa juga dengan memakai tiga jari pada sisi leher kemudian hitung selama 15 detik dan setelah itu baru dikalikan empat maka itulah hasil akhir dari jumlah denyut jantung anda setiap menitnya.

Untuk hasil penghitungan denyut jantung yang tidak normal atau diluar batas padahal anda tidak melakukan kegiatan apapun lebih baiknya anda segera datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kenapa demikian, karena dikhawatirkan terdapat masalah kesehatan yang serius pada tubuh anda. Dan untuk waktu terbaik untuk mengukur denyut jantung adalah saat bangun tidur di pagi hari.

Kenapa setelah bangun tidur dipagi hari adalah waktu terbaik untuk menghitung denyut jantung? Karena ketika bangun tidur kondisi tubuh kita masih normal, segar dan bugar. Sehingga dapat di ketahui jika ketika bangun tidur pagi tubuh anda memiliki denyut jantung melebihi 100 per menit maka ada kemungkinan anda mengalami gangguan kesehatan seperti sakit tenggorokan, demam, haid atau masalah lain. Dan untuk anda yang ingin menghitung denyut jantung saat ingin berolahraga lebih baiknya pastikan terlebih dahulu jumlah denyut jantung sebelum memulai aktivitas tersebut. Apabila hasil dari denyut jantung diatas 100 per menit, maka sebaiknya anda berhenti melakukan aktivitas olahraga atau bisa juga dengan mengurangi intensitas olahraga tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan informasinya terkait dengan cara menghitung denyut nadi/jantung dengan mudah dan benar untuk anda.

Cara Menghitung Denyut Nadi Yang Benar

  1. Silahkan tempel dan tekan dengan menggunakan tiga atau dua jari telunjuk, tengah, manis (tapi jangan terlalu keras) pada salah satu pergelangan tangan yang lain. Temukan denyut nadi kita, setelah itu barulah kita mulai menghitung denyut nadi kita.
  2. Hitunglah denyut nadi selama 15 dekit kemudian hasilnya dikalikan 4.

Ukurannya Adalah

  • Denyut nadi normal : 60-100/menit
  • Denyut nadi maksimal : 200 – umur
  • Zone latihan (Training zone yaitu tingkat intensitas dimana anda bisa berolahraga) : 7-% – 85% dari denyut nadi maksimal.

Kegiatan Yang Mudah dan Sulit Diukur Denyut Nadinya

1. Olahraga Tipe 1

Untuk menghitung denyut nadi olahraga tipe 1 ini anda tidak perlu memiliki ketrampilan khusus untuk bisa mengukur denyut nadi seprti misalnya olahraga jogging, lari dan bersepeda.

2. Olahraga Tipe 2

Untuk menghitung denyut nadi pada olahraga tipe 2 ini diperlukan keterampilan khusus karena denyut nadi pada kegiatan ini sulit untuk di hitung seperti olahraga senam, aerobik dan berenang.

Baca Juga :   Cara Menghitung Siklus Haid Wanita Dengan Benar

3. Olahraga Tipe 3

Untuk menghitung denyut nadi pada olahraga tipe 3 ini sangat sulit dihitung seperti olahraga tenis, bulutangkis, sepakbola, bakset dan jenis olahraga permainana lainnya.

Tips Khusus

Untuk anda yang suka melakukan olahraga jogging atau lari kami sarankan untuk tidak langsung mandi karena denyut nadi masih belum stabil. Tunggulah sampai denyut nadi/jantung anda kembali normal. Agar tidak terjadi kram, atau pembekuan darah.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan menambah pengetahuan terkait dengan cara menghitung denyut nadi/jantung secara benar dan mudah.

Categories Medis