Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar

Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Benar – Jika kemarin kita sudah belajar mengenai cara menghitung, kali ini kita akan belajar bareng mengenai cara membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup.

Pada dasarnya Mikrometer sekrup merupakan suatu alat ukur panjang yang digunakan untuk mengukur kepanjangan, diameter dan ketebalan suatu benda. Kenapa harus menggunakan mikrometer sekrup? Karena mikrometer sekrup ini memiliki tingkat presisi (keakuratan) alat yang sangat tinggi yaitu mencapai 0,01 mm atau 10 kali lebih teliti dibandingkan dengan jangka sorong yang hanya mencapai 0,1 mm.

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, cara kerja mikrometer sekrup ini memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Sehingga mikrometer sekrup ini sering kali digunakan untuk mengukur benda dengan ukuran kecil.

Mikrometer sekrup mungkin terdengar asing buat kita, maka dari itu disini nanti kami akan ulas secara tuntas terkait dengan bentuk alat mikrometer sekrup, bagian-bagian mikrometer sekrup dan cara menggunakan, membaca dan menghitung mikrometer sekrup secara benar.

Bagian – Bagian Mikrometer Sekrup

Bagi anda orang awam, tentu bertanya-tanya apa sih mikrometer sekrup itu, bagaimana cara kerjanya, cara membacanya dan bagian-bagian dari mikrometer sekrup ini. Untuk itu berikut adalah bagian-bagian mikrometer sekrup yang wajib anda ketahui sebelum mempelajari lebih lancut terkait dengan cara membaca mikrometer sekrup :

  • Poros Tetap yang terletak pada ujung lengkung frame dan tidak bisa bergerak
  • Poros Geser yang terletak pada ujung lengkung frame lainnya dan pada bagian ini bisa digerakkan dengan memutar pemutarnya.
  • Skala utama yang terletak sejajar dengan poros geser dan menunjukkan skala dalam satuan mm.
  • Skala Nonius (skala putar) yang terletak disamping skala utama dan memutari skala utama. Dan tingkat ketelitian skala nonius ini adalah 0,01 mm
  • Pemutar MikrometerSekrup yang terletak disamping skala nonius dan dapat berputar untuk menggerakkan poros geser.
  • Pengunci yang berfungsi untuk mengunci poros geser agar tidak bergerak
  • Rachet merupakan bagian yang tidak memiliki fungsi selain untuk membantu pergerakan poros geser. DImana jika poros geser bergerak, maka rachet juga akan ikut bergerak.
  • Frame merupakan mikrometer sekrup yang berbentuk U yang bertugas sebagai rangka poros.
Baca Juga :   Pemanasan Global : Pengertian, Faktor, Akibat dan Cara Mengatasinya

Fungsi Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup ini berfungsi untuk mengukur penjang sebuah benda, mengukur diameter luar benda dan mengukur ketebalan suatu benda yang memiliki ukuran yang cukup kecil seperti benda lempeng baja, aluminium, diameter kabel, kawat, lebar suatu kertas dan benda-benda lainnya dengan tingkat ketelitian mencapai 0,01mm.

Keakuratan tingkat ketelitian Mikrometer sekrup yang mencapai 0,01mm ini merupakan tingkat ketelitian yang lebih tinggi sepuluh kali lipat jika dibandingkan dengan alat ukur seperti jangka sorong.

Macam-Macam Skala Pada Mikrometer

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

 

Skala Utama

Skala utama dari mikrometer terdiri dari 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya yang berada pada bagian atas. Dan untuk nilai tengah dari mikrometer adalah : 1,5 ; 2,5 ; 3,5 ; 4,5 ; 5,5 mm dan seterusnya yang berada pada bagian bawah.

Skala Putar atau Skala Nonius

Skala putar atau skala nonius pada mikrometer terdiri atas skala 1 sampai dengan 50. Untuk setiap skala putar disini hitungannya berputar mundur 1kali putaran maka skala utama akan bertambah 0,5 mm. Sehingga dari logika tersebut diperoleh 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm.

Baca Juga :   Pemanasan Global : Pengertian, Faktor, Akibat dan Cara Mengatasinya

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

 

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Setelah mengetahui skala dari mikrometer, baru kita bisa membaca mikrometer sekrup dengan tepat. Berikut cara membaca mikrometer sekrup :

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah letakkan mikrometer sekrup pada satu arah sehingga bisa dilihat dengan jelas.

2. Kemudian silahkan baca skala utama dari mikrometer sekrup tersebut pada bagian atas garis yang menunjukkan angka bulat mm seperti 1 mm dan seterusnya. Sedangkan pada garis skala bawah menunjukkan bilangan 0,5 mm.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

 

Dari gambar diatas bisa kita lihat garis skala atas menunjukkan angka 5 mm dan garis skala bagian bawah menunjukkan 0,5 mm. Setelah itu anda bisa menjumlahkan kedua hasil tersebut diatas dan akan ketemu skala utama pada mikrometer dengan angka 5,5 mm.

3. Setelah itu baca skala putar atau skala noniusnya yaitu pada garis yang berada tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama. Jika pada gambar diatas, skala putar atau skala noniusnya menunjukkan angka 30 dikalikan dengan 0,01 mm sehingga skala putarnya adalah 0,30 mm.

Baca Juga :   Pemanasan Global : Pengertian, Faktor, Akibat dan Cara Mengatasinya

4. Lalu jumlahkan hasil pengukuran dari skala uta dengan hasil pengukuran dari skala putar seperti misalnya 5,5 mm + 0,3 mm = 5,8 mm.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh soal dibawah ini :

Contoh 1

Silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

 

d= Skala utama+ Skala nonius
Skala utama= 3,5 mm
Skala nonius= 20 x 0,01=0,2 mm
d= 3,5 mm + 0,2 mm = 3,7 mm

Contoh 2
Silahkan perhatikan gambar dibawah ini

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

 

d = Skala utama + Skala Nonius
Skala utama = 6,5 mm
Skala nonius = 9 x 0,01 =0,09 mm
d = 6,5 mm + 0,09 mm = 6,59 mm

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan untuk anda terait dengan cara membaca mikrometer sekrup dengan benar lengkap beserta contohnya. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan bisa memberikan pemahaman.

Categories IPA

Leave a Comment