Cara Membaca Jangka Sorong Yang Benar

Cara Membaca Jangka Sorong Yang Benar – Apakah anda tahu apa itu jangka sorong? Iya, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan alat ini karena alat satu ini sudah mulai dikenalkan di bangku SMP dan SMA khususnya pada pelajaran matematika. Jangka sorong merupakan alat yang berukuran besar dengan skala paling kecil 0,1 mm.

Sebagai pengingat bahwa pengukuran jangka sorong sendiri memiliki skala utama satuan cm dan skala Nonius dalam satuan mm. Selain itu jangka sorong juga memiliki rangah tetap atas dan bawah yang tidak bisa digeser-geser. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar dibawah ini :

Cara Membaca Jangka Sorong

 

Nah, jika di bangku sekolah jangka sorong ini biasanya digunakan pada pelajaran matematika. Namun ketika di pabrik atau bengkel jangka sorong ini berfungsi untuk mendeteksi atau mencocokkan panjang dan diameter dari mesin yang akan diganti. Selain itu, jangka sorong juga bisa berfungsi sebagai alat ukur bagi para ahli kunci.

Fungsi Jangka Sorong

Berikut adalah fungsi jangka sorong yang perlu kita ketahui :

  • Jangka sorong berfungsi untuk mengukur diameter luar benda maupun panjang benda yang berukuran kecil.
  • Untuk mengukur diameter dalam benda.
  • Untuk mengukur kedalaman benda.

Cara Membaca Skala Jangka Sorong

Cara Membaca Jangka Sorong

 

Dari gambar diatas anda bisa perhatikan skala nonius yang berdekatan dengan salah satu skala utamanya. Angka yang berdekatan pada skala nonius dengan skala utama adalah angka 4 dan itu artinya memiliki nilai 0,4 mm. Kemudian perhatikan angka 0 pada skala nonius yang terletak di angka skala utama 4,7 cm.

Cara Menghitung 

4,7 cm + 0,4 mm = 4,74 cm

Misalnya anda masih bingung untuk menjumlahkannya, maka anda harus mengkonfersikan terlebih dahulu ke satuan mm. 4,7 cm = 47 mm. Kemudian 47 mm + 0,4 mm = 47, 4 mm.

Contoh Soal

Cara Membaca Jangka Sorong

 

Nah, untuk gambar diatas skala yang paling pas atau berdekatan antara skala nonius dengan skala utama sudah ditunjukkan dengan tanda merah pada gambar.

Untuk cara membacanya nilai skala utama adalah 4,5 cm. Sedangkan skala noniusnya adalah 0,1 mm. Jadi 2,5 cm + 0,6 mm = 2, 56 cm.

Baca Juga :   Cara Menghitung Volume Kerucut Yang Benar

Cara Menghitung Jangka Sorong

Berikut adalah cara menghitung jangka sorong jika skala noniusnya berimpit dengan skala utama.

https://sinau.info/membaca-jangka-sorong/

 

Cara membaca skala jangka sorong diatas sangatlah mudah yaitu dimana skala utama berada di angka 6,2 cm. Kemudian angkat noniusnya diangka 2 dan berimpit di angka 7 skala utama. Jadi cara membacanya adalah 6,2 cm + 0,0 cm = 6,22 cm.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan terkait dengan cara membaca jangka sorong. Sekian dari kami semoga bermanfaat.