Contoh Teks Eksposisi Singat, Paragraf dan Karangan Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi Singat, Paragraf dan Karangan Eksposisi – Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya terkait dengan pengertian teks eksposisi, bahwa teks eksposisi merupakan suatu paragraf yang berisikan informasi pengetahuan yang mana nantinya dengan teks tersebut pembaca akan mendapatkan pengetahuan tambahan dari informasi yang ditulis oleh penulis secara akurat.

Perbedaan teks eksposisi dengan teks lainnya terletak pada struktur teks eksposisi yang digunakan yang mana dalam hal ini dibedakan menjadi tiga bagian yaitu tesis, argumen dan pengulangan kata. Dan dalam pembahasan kali ini kami akan memaparkan contoh teks eksposisi seperti :

Contoh Teks Eksposisi Singat, Paragraf dan Karangan Eksposisi

  1. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan
  2. Contoh teks eksposisi tentang kesehatan
  3. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan
  4. Contoh teks eksposisi tentang narkoba

Namun sebelum itu, disini kami akan coba menjelaskan terkait dengan contoh paragraf eksposisi. Berikut ulasannya :

Struktur Tesk Eskposisi

1. Tesis

Di jaman seperti sekarang ini seringkali kita menemukan masyarakat yang membuang sampah (khususnya diapers) tidak pada tempatnya khususnya di sungai. Baik itu diperkampungan maupun di kota. Hal ini seolah menjadi hal yang lumrah dan tidak jadi masalah. Iya hal ini bisa kita lihat dari banyaknya saluran sungai yang terhalang oleh sampah yang pada akhirnya mengakibatkan bencana banjir.

2. Argumentasi

Sebagian pengamat menyimpulkan bahwa setiap tahunnya jumlah manusia yang membuang sampah di sungai terus bertambah. Hal ini menjadi salah satu sebab akibat terjadinya bencana banjir dinegara kita. Namun masyarakat Indonesia juga belum merasa kapok dengan terjadinya bencana banjir yang menimpa mereka dan hanya bisa menyalahkan pemerintah dengan kurangnya penanganan. Padahal bencan banjir tersebut disebabkan karena ulah mereka sendiri yang membuang sampah sembarangan. Selain itu bencana banjir tersebut juga banyak menelan korban jiwa, baik itu korban luka-luka dan korban meninggal dunia. Namun hal tersebut juga belum membuat mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

3. Penegasan Ulang 

Seharusnya setelah mereka mengetahui bencana banjir tersebut akibat ulah mereka sendiri mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuangnya ke sungai agar tidak merugikan lingkungan dan banyak orang. Selain itu jika kita memiliki kesadaran untuk membuang sampah ke tempatnya tentunya saluran sungai akan lancar dan tidak mengakibatkan banjir.

Baca Juga :   Pengertian Puisi Baru, Ciri-Ciri dan Jenis Puisi Baru

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Dari contoh teks paragraf eksposisi diatas jika digabungkan menjadi satu maka akan membentuk karangan eksposisi. Contoh karangan eksposisi sebenarnya sama dengan contoh paragraf eksposisi, bedanya adalah setiap paragrafnya terpisah-pisah sesuai dengan struktur teks eksposisi. Untuk lebih jelasnya berikut contoh teks eksposisi singkat yang telah kami pisah-pisah sesuai dengan strukutrnya :

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis :Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan sistem kurikulum yang digunakan di Indonesia yaitu dengan menggunakan kurikulum 2013 atau yang biasa disingkat dengan K-13. Meskipun pemerintah sudah menerapkan kurikulum yang baru, ternyata masih banyak sekolah-sekolah yang memakai kurikulum lama.

Argumentasi :

Penerapan kurikulum 2013 menurut Kementrian pendidikan dan budaya ini diutamakan untuk sekolah-sekolah yang terakreditasi A atau sekolah yang berstandart Internasional.

Selain itu ada beberapa syarat yang mesti dilakukan untuk penerapan kurikulum 2013/K-13 salah satunya adalah sekolah tersebut harus bisa dijangkau oleh pendistribusian buku. Pasalnya penerapan Kurikulum 2013 ini berfokus pada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, dan keterampilan dasar kepada pendekatan ilmiah.

Selain itu menurut Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 juga berfokus pada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan melalui pengamatan, percobaan dan penciptaan sebuah karya.

Menurut Musliar Kasim selaku wakil kementrian pendidikan budaya berpendapat bahwa kurikulum 2013 ini lebih menitikberatkan pada praktik ketimbang hafalan. Iya karena selama ini para peserta didik hanya dibebani dengan hafalan saja dan kurang dalam peningkatan kreativitas.

Selain itu menurut Meutia Hatta selaku dewan pertimbangan presiden menyatakan bahwa kurikulum 2013 ini memiliki tujuan untuk membentuk sebuah karakter generasi penerus bangsa yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.

Dalam penerapan kurikulum 2013 ini menentut siswa untuk aktif saat proses pembelajaran dengan harapan bisa membentuk generali yang berkualitas. Meski dalam kenyataannya banyak masyarakat yang menolak dengan penerapan kurikulum 2013 ini dengan anggapan bahwa perubahan kurikulum ini dirasa mendadak dan memaksakan.

Baca Juga :   Pengertian Teks Anekdot, Struktur, Ciri dan Kaidahnya

Penegasan Ulang :

Kementrian pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan bahwa penerapan kurikulum 2013 ini lebih diutamakan bagi sekolah-sekolah yang terakreditasi A atau sekolah yang bertaraf Internasional dan terjangkaunya pendistribusian buku bagi siswa. Selain itu penerapan kurikulum 2013 ini lebih berfokus pada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan dan keterampilan dasar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

TesisSeperti yang kita ketahui bersama bahwa mata merupakan salah satu indra pengelihatan yang sangat penting bagi hidup kita. Dengan mata kita bisa melihat keindahan dunia dan bisa kita gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Banyak diantara kita yang tidak bisa melihat karena buta atau minus. Kebutaan mungkin bisa saja terjadi akibat kecelakaan atau bawaan dari lahir, akan tetapi jika mata minus bisa jadi karena kesalahan kita dalam menjaga mata kita.

Argumentasi

Mata minus sering kali disebabkan oleh beberapa hal seperti membaca terlalu dekat, menonton tv atau bermain game dengan jarak kurang dari 3 meter dan terlalu banyak bermain HP.  Pasalnya pancaran radiasi dari TV atau HP bisa menyebabkan mata menjadi rabun atau minus.  Namun ada juga yang beranggapan bahwa mata minus tersebut bisa juga terjadi karena fakor keturunan.

Penegasan Ulang

Hal tersebut diperkuat dengan pendapat banyak orang yang sudah mengalami mata minus atau rabun yang mana dalam hal ini disebabkan karena membaca terlalu dekat, terlalu sering bermain HP dan bahkan karena faktor keturunan.  Namun dari hasil penelitian mata minus karena faktor keturunan tidak memiliki hubungan yang signifikan, sehingga bisa dipastikan bahwa mata minus karena memiliki kebiasaan seperti diatas.

Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Tesis Lingkungan sehat merupakan wujud dari lingkungan yang bersih, aman dan adanya rasa peduli antar tetangga. Bisa kita lihat disekitar kita, jika lingkungan sekitar kita kumuh maka kesehatan kita pun berkurang. Lingkungan sehat seharusnya menjadi salah satu prioritas dalam hidup kita yang man hal tersebut bisa kita ciptakan dengan melakukan kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar kita.

Baca Juga :   Pengertian Dongeng, Jenis - Jenis Dongeng dan Ciri - Ciri Dongeng

Argumentasi

Pada dasarnya lingkungan sehat tidak hanya bersih dan aman dari kejahatan saja. Namun lingkungan yang sehat ini sendiri juga bisa berupa tetangga yang ramah dan saling menghargai, serta teman yang baik. Untuk itu alangkah baiknya jika kita bisa berteman dengan orang-orang baik yang mengajak kita melakukan kebaikan, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat sekitar.

Penegasan Ulang

Lingkungan yang sehat merupakan salah satu wujud kepedulian kita terhadap kesehatan kita. Lingkungan yang sehat tidak hanya berupa lingkungan yang bersih melainkan terjalinnya hubungan yang baik antar sesama warga sekitar. Seperti halnya di kampung-kampung di kota Mojokerta Jawa Timur yang mana dalam lingkungan tersebut selalu mengadakan kegiatan pengajian bagi umat muslim. Dengan adanya hal positif tersebut warga sekitar akan mendapatkan kajian yang nantinya bisa mententramkan hati serta lingkungan sekitar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Narkoba

TesisDi jaman yang serba canggih seperti saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami masalah terkait dengan penggunaan narkoba. Bahkan tidak sedikit dari kasus tersebut pelakunya adalah anak dibawah umur yang sudah coba-coba mencicipi barang haram tersebut.

Argumentasi

Seperti yang kita tau beberapa tahun lalu tepatnya pada tahun 2017 banyak sekali artis yang terjerumus untuk menggunakan narkoba, yang pada akhirnya mereka harus mendekam di penjara. Seperti contoh artis Roro dan bahkan artis yang tentunya tidak kita sangka-sangka yaitu Ridho Roma anak dari Roma Irama pun ikut terjerumus kedalam benda haram narkoba tersebut.

Penegasan Ulang

Untuk itu dijaman yang seperti ini tentunya kita harus bisa lebih mengawasi putra putri kita dan memberikan ilmu pengetahuan terkait tentang narkoba serta bahayanya narkoba bagi tubuh kita sejak dini. Penulis berpendapat bahwa penegak hukum di Indonesia harus lebih tegas dalam memberikan sanksi kepada para bandar narkoba dan konsisten atas sanksi yang telah dibuat.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan terkait dengan contoh teks eksposisi, paragraf dan karangan eksposisi. Semoga dengan uraian tersebut bisa membuat kita membedakan teks eksposisi dengan teks lainnya. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

Categories Bahasa