Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya – Teks Eksplanasi merupakan salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia yang baru-baru ini sudah mulai diterapkan di kurikulum 2013 di kelas VII. Mengingat teks ekplanasi tergolong materi baru dan belum adanya buku yang cukup memadai, untuk itu disini kami akan coba menjelasakan terkait dengan contoh teks eksplanasi lengkap dengan strukturnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya, teks eksplanasi merupakan suatu teks yang memuat informasi yang berubah sebuah sebab akibat dari peristiwa atau kejadian alam maupun sosial dilingkungan sekitar.  Adapun contoh teks eksplanasi lengkap dengan strukturnya adalah sebagai berikut :

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Struktur Teks Eksplanasi

  1. Pernyataan umum merupakan suatu paragraf yang berisikan tentang topik utama dalam bacaan yang ditulis oleh penulis.
  2. Sebab dan akibat merupakan penjelasan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi dan cara mengatasinya.
  3. Interpretasi merupakan suatu paragraf yang berisikan sebuah kesimpulan dari uraian bacaan dan memberikan solusi atau apa yang akan dilakukan ketika peristiwa tersebut terjadi. Sehingga nantinya pembaca bisa mengantisipasi dan waspada terhadap segala peristiwa alam atau sosial yang belum pernah dialami sebelumnya.

Perlu kita ingat bahwa dalam membuat teks eksplanasi anda harus menyertakan ketiga unsur diatas agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Karena jika salah satu unsur tersebut tidak disertakan maka teks tersebut tidak termasuk kedalam teks eksplanasi. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan contoh teks eksplanasi tentang bencana alam, contoh teks eksplanasi budaya dan contoh teks eksplanasi sosial. Berikut kumpulan contoh teks eksplanasi singkat dan kompleks yang nantinya bisa anda jadikan sebagai bahan referensi :

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam (Banjir)

Pernyataan umum :Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa tahun belakangan ini Indonesia menjadi salah satu negara yang sering sekali dilanda bencana banjir. Banjir itu sendiri merupakan salah satu bencana alam yang bisa merusak keseluruhan partikel jalan, rumah dan lainnya.

Sebab-akibat :

Banjir bermula karena adanya muatan air yang cukup besar dari biasanya. Bencana banjir muncul karena beberapa faktor yang salah satunya disebabkan oleh manusia itu sendiri yaitu membuang sampah sembarangan (khususnya sampah diapers di sungai). Selain itu bencana banjir juga bisa terjadi karena curah hujan deras yang tidak kunjung reda, kurangnya lahan resapan air dan minimnya pohon-pohon besar dilingkungan tersebut. Dan dampak banjir itu sendiri tentu akan merugikan masyarakat sekitar terutama bagi mereka yang tinggal dilingkungan sungai atau lautan.

Interpretasi :

Dari teks diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa kita bisa meminimalisir terjadinya bencana banjir yang dimulai dari diri kita sendiri dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon besar sebagai fungsi resapan air, dan membakar sampah yang telah menumpuk hingga tidak tersisa dan kita bisa membuat resapan air terutama didaerah perkotaan dengan memberikan drainase disekitar lingkungan perkotaan tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Pernyataan Umum :Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal karena keanekaragaman budaya, bahasa, adat istiadat, tradisi, bentuk fisik, makanan tradisioal, bangunan candi, musik, tari-tarian dan kesenian. Banyaknya keanekaragaman yang kita miliki tentu tidak menjadikan Indonesia runtuh namun justru menjadi kekayaan terbesar yang kita miliki. Sebagai negara yang memiliki banyak perbedaan budaya membuat kita semakin erat seperti semboyan negara kita yaitu “berbeda-beda namun tetap satu jua”. Dan salah satu kekayaan Indonesia yang menjadi aset Indonesia adalah batik.

Sebab-Akibat : 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa batik merupakan salah satu karya seni kriya yang berasal dari kain melalui proses pencantingan hinggi penglodoran. Batik ini sendiri mulai disahkan oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober sebagai salah satu kekayaan Indonesia dan menjadikannya sebagai hari batik Internasional.

Saat ini batik menjadi salah satu ciri khas dari setiap daerah. Pasalnya setiap daerah seakan berlomba untuk membuat batik sesuai ciri khasnya sendiri didaerah tersebut. Batik sendiri dalam proses pembuatannya dibagi menjadi 4 yaitu batik tulis, batik ikat celup, batik printing dan batik cap.

Untuk pembuatan batik tulis disini dibutuhkan latihan dalam menyanting. Pasalnya proses menyanting ini sendiri tidak mudah dan batik tulis sendiri membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatannya jika dibandingkan dengan jenis batik lainnya.

Interpretasi :

Dari ulasan tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa batik merupakan salah satu aset kekayaan tersebesar negera kita. Mari lindungi, letarikan dan hargai batik kita, batik Indonesia. Batik itu sendiri merupakan salah satau saksi sejarah Indonesia yang turun menurun dari nenek moyang sejak dahulu kala.

Contoh Teks Eksplanasi Lingkungan

Pernyataan Umum :Sampah menjadi salah satu benda yang dirasa cukup mengganggu bagi kesehatan masyarakat. Jenis sampah ini sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah non organik. Biasanya sebagaian sampah tersebut kerap kali dimanfaatkan atau di daur ulang menjadi berbagai jenis.

Sebab-Akibat :

Perlu kita ketahui bahwa ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah organik yaitu dengan pandai-pandai mengolah dan mendaur ulang menjadi baying yang memiliki nilai jual tinggi. Meski sampah-sampah tersebut bisa di daur ulang, nampaknya masih banyak sampah yang berserakan dilingkungan kita khususnya di sungai.

Kurangnya kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya membuat lingkungan kita merasakan dampaknya seperti banjir dan tanah longsor. Tidak hanya itu banyaknya sampah mengakibatkan lingkungan menjadi kumuh dan tidak sehat. Sehingga sampah – sampah tersebut mencemari udara dan memunculkan beragam penyakit sepeerti DBD dan muntaber.

Interpretasi :

Maka dari itu mulai tanamkan dalam diri untuk membentuk suatu kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Yang mana nantinya tentu akan berdampak positif bagi lingkungan kita. Membuang sampah pada tempat sampah berarti kita ikut menjaga lingkungan.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan contoh teks eksplanasi lengkap dengan struktur eksplanasi. Jika dilihat dari beberapa contoh teks eksplanasi diatas tentu sudah sangat sering kita temui yaitu bisa di buku pelajaran sekolah, majalah atau koran. Semoga dari ulasan kali ini bisa menambah wawasan. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Categories Bahasa