Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya

Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya – Setelah kemarin telah kita jabarkan mengenai pengertian biografi, ciri dan strukturnya. Pada kesempatan kali ini kami akan uraikan terkait dengan contoh biografi dan autobiografi beserta strukturnya. Jika anda suka membaca novel atau jurnal tentu akan sering menemui teks biografi pada bagian terakhir novel.

Perlu kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali contoh teks biografi yang bisa kita temui. Semakin banyak kita membaca novel atau jurnal maka akan semakin banyak referensi teks biografi yang bisa kita jadikan sebagai acuan ketika ingin membuat teks biografi. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya

Pengertian Teks Biografi dan Autobiografi

Sebelum masuk ke pembahasan inti terkait dengan contoh teks biografi dan autobiografi dan strukturnya, alangkah baiknya jika kita memahami makna dari teks biografi dan autobiografi terlebih dahulu.

Teks biografi merupakan teks pengenalan para tokoh terkait dengan riwayat hifup, sejarah perjalanan hidupnya serta karirnya hingga menjadi orang sukses, bahkan mengenai kelebihan dan kekurangan para tokoh. Selain itu dalam pembuatan teks biografi kita harus mempertimbangkan mengenai prestasi-prestasi tokoh yang akan kita angkat sebagai topik karena hal tersebut akan menginspirasi para pembaca. Sehingga dengan adanya teks biografi ini pembaca bisa termotivasi atas prestasi-prestasi yang ada tokoh tersebut.

Berbeda dengan teks biografi, teks autobiografi ini adalah kebalikan dari teks biografi. Yang mana jika teks biografi ini menceritakan tentang biografi para tokoh sedangkan untuk autobiografi ini menceritakan dirinya sendiri tanpa adanya perantara. Untuk lebih jelasnya berikut contoh teks biografi dan autobiografi.

Struktur Teks Biografi

Dalam pembuatan teks biografi ini ada tiga struktur yang harus anda perhatikan, yang mana ketiga struktur ini harus ada dalam teks biografi agar menjadi satu kesatuan, berikut struktur teks biografi :

  • Orientasi, merupakan bagian pembuka atau cerita awal yang menjadi pengantar dari teks biografi.
  • Peristiwa dan masalah, merupakan teks yang menjelaskan mengenai kehidupan tokoh yang akan kita angkat sebagai topik dari nol sampai sekarang dan berisi mengenai hal-hal yang berkesan dalam hidup serta menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan tokoh.
  • Reorientasi, merupakan bagian penutup cerita dan bisa juga berisikan pendapat penulis mengenai tokoh inspirasinya itu.
Baca Juga :   Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya

Setelah mengetahui arti dan struktur teks biografi, berikut akan kami sajikan contoh biografi yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi. Berikut ulasannya :

Contoh Biografi Pahlawan

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat merupakan nama lengkap dari RA Kartini. Beliau adalah pahlawan wanita yang menjadi kebanggaan kaum hawa di Indonesia. RA Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah yang merupakan keturunan ningrat. Dan meninggal pada 17 September 1904 di Kabupaten Rembang di usianya yanag ke-25 tahun.

RA Kartini adalah sosok wanita hemat yang haus akan ilmu dan gemar membaca.  Ketertarikannya dalam membaca membuat beliau memiliki pengetahuan yang luas soal ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Di usianya yang masih muda RA Kartini telah membuat berbagai buku yang salah satunya adalah berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” dengan menggunakan bahasa Melayu.

RA Kartini menjadi salah satu pahlawan Indonesia yang memberikan perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita dan masalah sosial. Beliau beranggapan bahwa seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebesan, otonomi serta kesetaraan hukum.

Contoh Autobiografi / Biografi Diri Sendiri

Nama saya Mahardika yang biasa dipanggil Dika. Saya lahir dari pasangan Mustofa dan Siti Arifah yang lahir di Malang pada tanggal 15 Mei 1996. Bapak saya bekerja sebagai sopir dan Ibu saya adalah seorang guru swasta. Saya anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak pertama saya telah menikah dan tinggal di Surabaya bersama suaminya. Dan adik saya saat ini masih duduk di kelas 11 di MAN 3 Malang.

Baca Juga :   Pengertian Cerpen : Struktur, Unsur, Ciri-Ciri dan Fungsinya

Saya mulai masuk SD pada usia 6 Tahun, saya sekolah di SDN 1 Blimbing Malang, ketika SMP saya sekolah di SMPN 5 Malang dan lanjut SMA nya di MAN 3 Malang. Saya adalah sosok lelaki yang mencintai seni terutama seni musik dan gambar. Ketika SMA saya dan teman-teman berhasil meraih juara 1 musikalisasi puisi tingkat nasional diadakan di Surabaya.

Keinginan saya adalah melanjutkan sekolah ke ISI (Institut Seni Indonesia) di Yogjakarta, namun orang tua melarang dan akhirnya saya melanjutkan sekolah di UIN Malang dengan jurusan Psikologi. Meski demikian, dunia seni tetap mengalir dalam diri saya dan akan terus saya kembangkan dengan mengikuti UKM Komust yang ada di kampus. Dan saat ini saya telah menyelesaikan study saya di UIN Malang dengan baik.

Contoh Biografi Teman

Namanya Nurul Imliyah, biasa dipanggil dengan nama Ilmi. Dia lahir pada tanggal 25 Februari 1989 di Kediri. Wanita satu ini memiliki perawakan yang lumayan tinggi dan sedikit gemuk. Ilmi merupakan anak ke-2 dari dua bersaudara. Saat ini Ilmi telah bekerja di salah satu Rumah Sakit di Trenggalek sebagai Psikolog sesuai dengan jurusannya yang sudah lulus S2 di Universitas 10 November Surabaya.

Ilmi dibesarkan dari keluarga yang agamis dan terlahir dari keluarga kaya. Bapaknya adalah seorang pengusaha pembuat gula dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Meski dia terlahir dari keluarga kaya namun gaya hidupnya sangat sederhana dan tidak pilih-pilih teman, sehingga tidak heran jika ilmi disukai banyak orang dan memiliki banyak teman.

Baca Juga :   Pengertian Berita : Unsur, Jenis-Jenis, Teknik Pembacaan Berita

Ilmi adalah sosok perempuan yang easy going, suka treveling dan kuliner. Kalau lagi jalan bareng sama temen-temen, si Ilmi ini paling tidak bisa nahan untuk beli makanan, sampai-sampai salah satu dari kita harus nahan dia buat stop buat beli makanan. Meski demikian Ilmi adalah sosok yang perhatian, supel, humoris dan penuh kehangatan.

Contoh Biografi Tentang Guru

Nama beliau adalah Nurkaromah, biasa dipanggil dengan nama Bu Nur. Beliau adalah salah satu guru BK di SMPN1 Gempol yang lahir pada tanggal 16 Maret di Kota Pasuruan. Beliau adalah sosok guru yang baik, lemah lembut dan tidak pernah marah dengan murid-muridnya, Meski kita hanya bisa bertatap muka di pelajaran BK dengan waktu yang sangat singkat, tapi beliau tetap membuka ruangannya buat kita-kita yang mau curhat atau diskusi soal pelajaran, orang tua, dan teman disela-sela waktu pelajaran bahkan ketika istirahat sekolah.

Guru BK pada umumnya memang terkenal jahat dan suka menyita ini itu, tapi berbeda dengan guru BK kita yang satu ini. Beliau sangat baik dan selalu bisa memberikan saran yang memuaskan buat kita para muridnya. Beliau saat ini sudah berusia sekitar 50tahun, semoga sehat selalu buat Bu Nur.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan contoh teks biografi dan autobiografi. Sebenarnya cukup mudah bukan untuk membuat teks biografi, tinggal bagaimana kita mengenal beliau atau tokoh yang akan kita angkat sebagai topik lalu kita tinggal menceritakan ulang melalui bahasa yang baku dan mudah dipahami. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

 

Categories Bahasa