Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor yang Mempengaruhi

Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor yang Mempengaruhi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian Analisis SWOT, definisi Analaisis SWOT dan manfaat Analisis SWOT itu sendiri.

Pengertian analisis SWOT

Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor yang Mempengaruhi

Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. Baik tujuan tersebut untuk tujuan jangkan panjang maupun tujuan jangka pendek.

Selain itu, analisis SWOT juga dapat diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah perusahan atau oraganisasi. Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor yang di jadikan masukan. Dan  kemudian masukan tersebut dikelompokkan sesuai kontribusinya masing-masing.

Satu hal yang perlu diperhatikan bagi pangguna analisa ini, bahwa analisa SWOT semata-mata hanya digunakan sebagai suatu analisa saja, yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi sebuah perusahaan atau oraganisasi. Analisis SWOT bukan sebuah alat yang mampu memberikan jalan keluar dari  permasalahan yang sedang dihadapi.

Definisi Analisis SWOT

Taukah kamu kepanjangan dari SWOT ?

SWOT merupakan singkatan dari Strength Weaknesses Opportunities Threats. Yang artinya Strength (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (Peluang), Threats (hambatan). Dalam artikel ini kita akan membahas satu-persatu tentang analisis SWOT secara singkat.

Seperti yang kita tau, analisis SWOT (Strength Weaknesses Opportunities Threats) terbagi menjadi 4 bagian yakni:

1. Strenght (S) atau disebut sebagai analisis kekuatan

Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang harus di lakukan dalam mengunakan analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki kemudian dibandingkan dengan para pesaing-pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul didalam kualitasnya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat kualitas yang lebih baik.

2. Weaknesses (W) atau disebut sebagai analisi kelemahan

Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Weaknesses merupakan cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi. Yang mana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

Baca Juga :   Pengertian Anggaran : Jenis, Manfaat dan Tujuannya

Misalnya jika perusahaan tersebut terdapat kendala dalam pemasaran yang kurang baik, maka perusahaan harus meneliti kekurangan-kekurangan yang di miliki yang berhubungan dengan sektor pemasaran. Agar nantinya permasalahan tersebut tidak membuat perusahaan menjadi kalah saing dan mudur di bandingkan perusahaan lainnya.

3. Opportunity (O) atau disebut sebagai analisis peluang

Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan dimasa depan. Opportunity merupakan ananlisis yang digunakan untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang. Baik dimasa kinia ataupun masa yang akan datang.

Misalnya sebuah perusahaan industri minuman berada di daerah yang panas. Yang mana daerah tersebut sangat membutuhkan minuman segar dengan harga yang terjangkau. Maka perusahaan tersebut memiliki peluang untuk menciptaka produk minuman yang segar dan harganya terjanggaku.

4. Threats (T) atau disebut sebagai analisis ancaman

Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan suatu usaha. Theart merupakan cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi dalam menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut dapat menyebabkan kemunduran suatu perusahaan.

Jika tidak segera di atasi, maka ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang yang akan dijalankan. Misalnya sebuah organisasi kelompok pengrajin rotan di daerah pedesaan. Dengan kondisi lingkungan yang semakin moderen serta banyaknya kebakaran hutan yang terjadi membuat mereka semakin sulit untuk memperoleh bahan baku, Maka oragnisasi tersebut dapat menganalisis hal-hal apa yang menyebapkan tantangan atau ancaman tersebut terjadi.

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Agar lebih paham terkait dengan pengertian analisis SWOT, berikut pengertian analisis SWOT menurut para ahli :

1. Philip Kolter

Analisis SWOT menurut Philip Kolter adalah suatu evaluasi yang dilakukan untuk menidentifikasi semua kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terdapat pada individu atau organisasi.

2. Pearce dan Robinson

Analisis SWOT menurut Pearce dan Robinson adalah suatu bagian dari proses manajemen strategik perusahaan yang memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama suatu perusahaan.

3. Yusanto dan Wijdajakusuma

Analisis SWOT menurut Yusanto dan Wijdajakusuma adalah suatu instrumen internal dan eksternal perusahaan yang bertumpu pada basis data tahunan dengan menggunakan pola 3-1-5.

Baca Juga :   Akuntansi Manajemen : Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

4. Freddy Rangkuti

Analisis SWOT menurut Freddy Rangkuti adalah suatu usaha yang dilakukan berdasarkan logika untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang. Selain itu pada saat yang sama, analisis SWOT ini juga bisa meminimalisir kelemahan dan ancaman. Analisis SWOT ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan.

5. Rais

Analisis SWOT menurut Rais adalah suatu metode analisis yang paling mendasar yang berfungsi untuk mengetahui topik dan permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Yang mana hasil akhir dari analisis SWOT ini adalah arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada. Serta untuk mengurangi kelemahan yang dimiliki perusahaan dan untuk menghindari ancaman.

Unsur – Unsur Analisis SWOT

SWOT merupakan suatu metode yang digunakan untuk membuat evaluasi terkait dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancama dalam suatu bisnis.  Untuk memudahkan analisis hubungan antar aspek, SWOT pada umumnya digambarkan dalam sebuah tabel pada ukuran kertas yang besar.  Selain itu pada pembuatan analisis SWOT ini melibatkan tujuan bisnis yang spesifik dan identifikasi faktor internal dan eksternal untuk mencapai suatu tujuan.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas bahwa analisis SWOT ini melibatkan empat unsur utama yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

1. Kekuatan (Strenght)

Unsur analisis SWOT yang pertama adalah pada kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan. Seperti misal melakukan analisis terkait dengan kelebihan apa saja yang dimiliki oleh perusahaan seperti dari segi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi strategis atau unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada keunggulan perusahaan.

Dalam analisis SWOT pada umumnya perusahaan akan cenderung membuat sebanyak mungkin daftar kekuatan sebagai upaya kompetisi.

2. Kelemahan (Weakness)

Unsur analisis SWOT yang kedua adalah mengetahui kelemahan yang dimiliki perusahaan. Dimana unsur analisis tersebut bisa dilakukan dengan melakukan perbandingan dengan pesaing seperti apa yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki oleh perusahaan anda.

Untuk membuat daftar kelemahan perusahaan seara obyektif, anda bisa meminta testimoni kepada konsumen yang pada umunya telah mengetahui kekurangan dari perusahaan anda.

3. Peluang (Opportunity)

Unsur selanjutnya adalah peluang, dimana biasanya unsur ini dibuat pada saat awal membangun suatu bisnis atau usaha. Hal ini disebabkan karena suatu bisnis ini bisa terbentuk karena adanya peluang atau kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Unsur peluang ini sendiri termasuk pada daftar apa saja yang memungkinkan suatu bisnis atau usaha yang mampu bertahan dan bisa diterima oleh masyarakat, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Baca Juga :   Pasar Bebas : Pengertian, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

4. Ancaman (Threats)

Dan unsur yang terakhir adalah analisis terhadap ancaman. Pasalnya unsur ini sangat penting yang berguna untuk menentukan apakah bisnis anda bisa bertahan atau tidak dimasa depan.  Beberapa hal yang termasuk kedapam unsur ancaman adalah seperti banyaknya pesaing yang mulai bermunculan, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lainnya.

Untuk membuat daftar ancaman suatu perusahaan atau bisnis bisa untuk jangka panjang maupun jangka pendeh, atau bahkan bisa sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.

Manfaat Analsis SWOT

Metode analisis SWOT merupakan metode analisis yang paling dasar dalam melakukan analisis strategi, yang bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan ataupun suatu topik dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisis ini biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan suatu perusahaan tau organisasi  dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai ancaman yang terjadi.

Jika digunakan dengan baik dan  benar, maka analisis ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi. Dari uraian diatas tadi, analisis SWOT adalah instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi dalam manajemen perusahaan atau organisasi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan atau kekurangan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak dari ancaman yang timbul dan harus dihadapi.

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Secara garis besar terdapat 2 faktor yang mempengaruhi analisis SWOT. Berikut ulasannya :

1.  Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari perusahaan itu sendiri seperti kekuatan dan kelemahan suatu perusahaan. Beberapa hal yang termasuk kedalam faktor internal adalah sebagai berikut :

  • Sumber daya keuangan yang memadai
  • Sumber daya manusia yang kompeten
  • Properti teknologi terkini
  • Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan
  • Kemampuan pemasaran yang baik
  • Kemampuan distribusi yang baik
  • Dan lain sebagainya.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan segala faktor yang berasal dari luar perusahaan seperti ancaman dan peluang. Yang mana dari kedua hal tersebut bisa berpengaruh pada performa suatu perusahaan. Beberapa hal yang termasuk kedalam faktor eksternal adalah sebagai berikut :

  • Tren bisnis
  • Budaya masyarakat
  • Sosial politik dan ideologi
  • Kondisi perekonomian suatu negara
  • Peraturan dan kebijakan pemerintah
  • Perkembangan teknologi
  • Dan lain sebagainya.

Itulah pemaparan mengenai pengertian analisis SWOT dan manfaatnya, terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga dapat bermanfaat…AMIN

Categories Ekonomi

Leave a Comment