Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya

Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya – Masih ingatkah kita dengan bencana alam gempa bumi yang terjadi di Lombok dan Palu beberapa bulan lalu? Serta terjadinya bencana Tsunami di Selat sunda yang menelan banyak korban jiwa yang meninggal dunia serta kerusakan rumah, akses jalan, dan tempat ibadah dibeberapa titik tertentu.

Teks tersebut merupakan salah satu contoh teks eksplanasi. Lalu apa sih pengertian teks eksplanasi itu? Untuk itu disini nanti kami akan mancoba menjelaskan terkait dengan pengertian teks eksplanasi, strukutr, jenis, ciri-ciri dan kaidahnya.

Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi merupakan suatu teks yang menjelaskan tentang suatu proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah dan budaya disekeliling kita yang memiliki hubungan sebab akibat.

Dari setiap peristiwa atau fenomena yang terjadi disekitar kita tentunya ada proses serta hubungan sebab-akibat dengan peristiwa lainnya. Dalam teks Eksplanasi ini sendiri biasanya menggunakan aspek “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa tersebut bisa terjadi untuk menjelaskan hubungan sebab akibat. Sebagai contoh artikel mengenai dampak globar warming, peristiwa meletusnya gunur merapi dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Artikel Adalah? Pengertian Artikel dan Contoh Artikel Ilmiah

Sama halnya dengan teks eksposisi yang kemarin sudah kami jelaskan, teks eksplanasi ini juga memiliki ciri khusus yang membedakan dengan teks-teks lainnya. Ciri khusus dari teks eksplanasi ini sendiri berisikan suatu peristiwa yang memiliki sebab dan akibat. Sebagai contoh rumah uang tiba-tiba roboh. Yang mana dalam hal ini dibalik robohnya rumah tersebut tentu terdapat faktor yang mempengaruhi robohnya rumah tersebut seperti kurangnya bahan, tidak koko dalam proses pembuatannya, terjadinya pelapukan kayu dan sebab lainnya.

Terjadinya suatu peristiwa atau fenomena bisa kita jadikan sebagai pelajaran atas apa yang telah terjadi, sehingga nantinya kita bisa lebih waspada dan dapat menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi ini dibedakan menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut :

  1. Pernyataan umum yakni suatu teks atau paragraf yang menjadi pembuka atau inti dari suatu bacaan tertentu.
  2. Urutan sebab akibat yang mana dalam hal ini teks eksplanasi akan menguraikan tentang kejadian atau peristiwa yang telah terjadi secara rinci.
  3. Interpretasi yakni suatu teks atau paragraf yang memuat kesimpulan terkait peristiwa yang terjadi, mengapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.
Baca Juga :  Observasi Adalah? Pengertian Observasi dan Contoh Teks Observasi

Dari ketiga struktur teks tersebut harus termuat dalam bacaan yang mengenai kejadian atau peristiwa. Karena dengan ketiga struktur teks eksplanasi tersebut bacaan akan menjadi satu kesatuan.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ciri-ciri teks eksplanasi yang nantinya bisa anda gunakan untuk melihat perbedaan antara teks eksplanasi dengan teks lainnya :

  1. Teks eksplanasi memiliki pernyataan sebab dan akibat
  2. Informasi dari teks eksplanasi ini berupa fakta
  3. Teks eksplanasi memuat pengetahuan ilmiah
  4. Menceritakan suatu peristiwa atau kejadian
  5. Struktur teks eksplanasi terdiri dari 3 bagian yaitu pernyataan umum, sebab-akibat dan interpretasi

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Secara umum teks eksplanasi dibedakan menjadi dua yaitu :

1. Teks eksplanasi tentang alam

Dalam jenis teks ekplanasi ini memuat tentang informasi bencana alam seperti gempa, tsunami, gerhana bulan, angin topan, tanah longsor dan bencana alam lainnya.

2. Teks ekplanasi tentang sosial (lingkungan sekitar)

Dalam jenis teks eksplanasi ini memuat mengenai peristiwa atau kejadiaan yang terjadi disekitar kita, seperti demo buruh, rumah roboh, listrik putus, kebakaran, kemiskinan, pengangguran dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga memuat tentang budaya, permasalahan perekonomian masyarakat dan lain sebagaianya.

Baca Juga :  Pengertian Teks Anekdot, Struktur, Ciri dan Kaidahnya

Kaidah Teks Eksplanasi

Selain struktur dan ciri-ciri, teks eksplani ini juga ciri khas kebahasaan yaitu sebagai berikut :

  1. Teks eksplanasi pada umumnya menggunakan kegiatan keilmiahan atau ilmiah seperti pelajaran sains yang meneliti sebuah kupu-kupu yang berawal dari kepompong.
  2. Teks eksplanasi ini biasanya menggunakan konjungsi waktu seperti pertama, sebelum, sesudah, setelah itu, jika, sehingga, bila, kemudian, selanjutnya, kedua, ketiga.
  3. Teks eksplanasi merupakan pemaparan informasi yang valid dan benar adanya. Karena sifatnya ilmiah maka akan terdapat bukti yang valid atas penelitian tersebut.
  4. Teks eksplanasi ini biasanya menggunakan kalimat pasif.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian teks eksplanasi, struktur, ciri dan kaidahnya. Dan dari ulasan diatas bisa kami tarik kesimpulan bahwa teks eksplanasi merupakan suatu teks yang berisikan berita atau informasi mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang terdapat sebab akibat dan solusi yang masuk akal. Selain itu teks eksplanasi ini sendiri merupakan teks informasi yang akura dan dapat dipercaya sehingga nantinya bisa anda jadikan sebagai sumber untuk menjelaskan suatu peristiwa. Sekian dari kami semoga bermanfaat.