Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Perbedaan dan Contohnya

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Perbedaan dan Contohnya

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Perbedaan dan Contohnya – Masih soal metode penelitian, jika kemarin kita sudah membahas mengenai pengertian variabel penelitian. Kali ini kami akan membahas mengenai pengertian metode penelitian. Perlu kita ketahui bersama bahwa dalam dunia penelitian terdapat dua metode yang bisa anda gunakana yaitu kualitatif dan kuantitatif.

Dari kedua metode tersebut sebenarnya bisa kita gunakan secara bersamaan, tapi kebanyakan dari kita khususnya yang mengerjakan skripsi lebih sering menggunakan salah satunya. Memahami metode penelitian menjadi salah satu point terpenting sebelum melakukan penelitian. Pasalnya pemilihan metode yang akan digunakan nantinya akan sangat berkaitan dengan permasalahan yang akan diangkat oleh penelliti.

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Perbedaan dan Contohnya

Lalu apa yang membedakan antara metode penelitian kualitatif dan kuantitatif? Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Metode penelitian kualitatif merupakan suatu metode yang berfokus pada pemahaman fenomena sosial dari sudut pandang partisipan secara deskriptif. Bisa dikatakan bahwa metode penelitian ini lebih menekankan pada penelitian yang bersifat memberikan gambaran secara jelas sesuai dengan fakta dilapangan dan hasilnya dituangkan secara deskriptif.

Baca Juga :   Pengertian Etika, Ciri-Ciri, dan Jenis Etika Secara Umum

Selain itu pada proses penelitain kualitatif ini sendiri juga dikenal dengan istilah paradigma alamiah yang mana dari segala proses penelitian yang terjadi harus dilaporkan sesuai dengan kenyataan dan tidak ada manipulasi. Jika dalam proses penelitaian terjadi suatu hal minus, maka hal tersebut harus tetap dilaporkan pada hasil penelitian.

Berbeda dengan metode penelitian kuantitatif yang mana pada metode ini peneliti nantinya akan memberikan gambaran terhadap suatu objek melalui teknik analisis tertentu berupa data. Yang mana data tersebut didapat dari sampel orang-orang yang diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan terkait dengan survei. untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka.

Tujuan dari penelitaian kuantitatif ini sendiri adalah untuk mengembangkan model-model matematis, teori dan hipotetsis yang berkaitan denfan fenomena alam. Sama halnya dengan metode penelitain kualitatif, metode penelitan kuantitatif ini juga harus dilakukan sesuai realita. Namun untuk hasil penelitiannya tergantung pada proses analisis data yang dilakukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang membedakan antara metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif :

Perbedaan Metode Kualitatif dan Kuantitatif

1. Jenis Data

Baca Juga :   Etika Bisnis : Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Contohnya

Pada metode kualitatif biasanya menggunakan jenis data dalam bentuk bukan angka atau lebih tepatnya adalah dalam bentuk deskriptif. Misalnya sebuah penelitian yang membahas mengenai karakter seorang siswa SMP. Maka data penelitiannya bisa berupa Rajin dan Tidak Rajin, Sangat Rajin, Cukup Rajin. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif biasanya berbentuk angka-angka yang nantinya akan dianalisis menggunakan SPSS. Contoh penelitian kuantitatif terkait hasil belajar siswa berupa 90, 80, 70, 85 dan seterusnya.

2. Jenis Teori

Pada metode kuantitatif ini biasanya menggunakan teori yang bersifat dedukatif. Yang mana proses penelitian ini dilakukan dari hal-hal yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus. Berbeda dengan metode kualitatif penelitiannya dilakukan secara terbalik yang mana fenomena-fenomena khusus dapat dijadikan sebagai landasan untuk mendapatkan kesimpulan fenomena secara umum (teori induktif).

3. Proses Analisis

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa untuk metode kuantitatif ini lebih banyak mengguankan teknik alanisis untuk memperoleh sebuah kesimpulan. Yang mana untuk teknik analisisnya bisa menggunakan diagram, tabel dan lainnya. Sementara itu untuk metode kualitatif proses analisisnya berdasarkan data yang ditemukan sesuai fakta yang ada dilapangan. Yang kemudian data tersebut dianalisis secara general untuk memperoleh kesimpulan yang bersifat umum.

Baca Juga :   Etika Profesi : Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip dan Contohnya

4. Perihal Tujuan

Orientasi metode kualitatif biasanya bertujuan untuk memberikan penilaian atau mengkritisi teori yang sudah ada. Sedangkan pada metode kuantitatif peneliti harus melalukan uji coba dari teori tersebut. Sebagai contoh pada penelitian kualitatif disini peneliti yang mengkritisi materi dari sebuah pelajaran yang mana peneliti mencoba melakukan analisa terhadap kekeliruan pada buku tersebut serta memberikan pembenarannya. Sedangkan pada contoh penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif adalah peneliti melalukan uji coba dari buku yang dikembangkan secara mandiri kepada siswa.

Demikian ulasan yang bisa kita sajikan untuk anda terkait dengan pengertian metode penelitian kualitatif dan kuantitatif lengkap dengan contoh dan perbedaan antar keduanya. Jika dilihat dari pengertian diatas metode kualitatif dan kuantitatif memiliki perbedaan yang signifikan. Sehingga harapan kami dari ulasan tersebut diatas bisa mempermudah anda dalam membedakan kedua metode penelitian diatas. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *