Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi dan Contohnya

Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi dan Contohnya – Dalam dunia bisnis tentu kita akan sering menemukan istilah manajemen.  Pasalnya manajemen merupakan suatu hal yang penting yang wajib diperhatikan oleh pengusaha atau pebisnis. Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat beberapa macam manajemen yang harus kita pahami sebelum memulai usaha. Selain manajemen keuangan, menajemen pemasaran juga memiliki peran yang sangat penting untuk keberhasilan usaha anda.

Kenapa manajemen pemasaran memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan atau usaha anda? Pasalnya dengan adanya manajemen pemasaran yang baik nantinya akan menghasilkan hasil yang bagus pada omset pendapatan anda.

Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi dan Contohnya

Manajemen seringkali diartikan sebagai suatu proses perencanaan, penggerakan, pengorganisasian dan pengawasan untuk bisa mencapai suatu target yang telah ditentukan.  Sedangkan pemasaran merupakan sautu kegiatan yang bisa membantu para pelaku usaha untuk menciptakan nilai ekonomi.

Dengan adanya pemasaran nantinya kita bisa menentukan harga jasa atau produk yang akan ditawarkan.  Selain itu pemasaran sering diartikan sebagai penghubung antara kegiatan konsumsi dan produksi. Lalu apa definisi manajemen pemasaran itu? Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan ulasannya dibawah ini :

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Perlu kita ketahui bersama bahwa manajemen dalam kegiatan pemasaran ini memiliki tiga unsur utama yaitu orientasi pada pembeli atau konsumen, perencanaan kegiatan pemasaran dan kepuasan pada konsumen.  Untuk pengertian manajemen pemasaran ini sendiri banyak dikemukakan oleh para ahli. Berikut pengertian manajemen pemasaran menurut para ahli :

1. Philip Kolter/Armstrong (2002)

Menurut Philip Kolter Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, analisis, pengendalian dan pelaksanaan terkait dengan program yang dirancang agar bisa mempertahankan, membangun dan menciptakan nilai pertukaran yang memberikan keuntungan demi tercapainya sasaran atau tujuan suatu perusahaan.

2. Buchari Alma (2004)

Menurut Buchari Alma (2004) manajemen pemasaran merupakan suatu kegiatan merencanakan, mengarahkan dan mengawasi semua kegiatan bagian pemasaran dari suatu perusahaan. Menurut Buchari manajemen pemasaran disini lebih menitikberatkan pada manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran .

3. Handoko dan Dharmmesta

Manajemen Pemasaran menurut Handoko dan Dharmmesta yaitu suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan agar tetap bisa mempetahankan kelangsungan perusahaannya. Dengan adanya manajemen ini, diharapkan perusahaan bisa berkembang dan mendapat keuntungan yang diinginkan.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi dan Contohnya

4. Kolter (1980)

Menurut Kolter (1980) manajemen pemasaran adalah suatu perencanaan, penganalisaan, pengawasan dan pelaksanaan program-program yang bertujuan untuk memunculkan pertukaran dengan pasar atau sasaran yang dituju, agar tujuan dari perusahaan tersebut bisa dicapai.

Dari beberapa pengertian manajemen pemasaran tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa manajemen pemasaran merupakan sautu proses yang dilakukan untuk menganalisa, merencakan, mengimplementasikan, melaksanakan dan mengendalikan sekaligus mengawasi semua kegiatan bagian pemasaran dari suatu perusahaan.

Yang mana hal ini dilakukan agar tujuan dan target suatu perusahaan tersebut bisa tercapai secara lebih efektif dan efisien. Selain itu manajemen pemasaran juga memiliki peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan.  Dalam hal ini, manajemen pemasaran juga memiliki fungsi yang tentunya wajib anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

Fungsi Manajemen Pemasaran

  1. Melakukan riset terhadap konsumen
  2. Melakukan distribusi produk atau barang
  3. Memberikan layanan kepada pelanggan
  4. Meningkatkan dan mengembangkan produk
  5. Menetapkan harga suatu produk
  6. Membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien
  7. Mengevaluasi strategi promosi dan distribusi
  8. Menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen
  9. Memenuhi kebutuhan komsumen dan pasar
Baca Juga :  Pengertian Inflasi, Penyebab dan Dampak Inflasi di Indonesia

Itulah fungsi dari manajemen pemasaran yang harus anda ketahui. Dari situ diharapkan bagian manejemen pemasaran bisa menerapkan dalam suatu perusahaan agar bisa mencapat target yang diinginkan. Pada dasarnya manejemen dibidang ini sangat sederhana, karena tugas anda disini hanya perlu memastikan bahwa kegiatan pemasaran atau promosi yang anda lakukan selama ini telah berjalan dengan baik dan bisa memberikan keuntungan yang optimal untuk perusahaan atau usaha anda.

Contoh Manajemen Pemasaran

Contoh manajemen pemasaran disini misalnya sebuah perusahaan jasa desainer, salah satu hal penting yang harus anda lakukan dalam manajemen adalah menyusun strategi pemasaran. Seperti misalnya anda menawarkan produk atau jasa tersebut melalui online yang saat ini sedang ramai, anda bisa memberikan penawaran diskon paket desain atau sebagaiannya.

Selanjutnya anda hanya perlu melakukan rencana tersebut secara sistematis dan mengawasi apakah strategi tersebut bisa manarik perhatian customer atau tidak. Jika tidak, maka anda bisa melakukan evaluasi disetiap kegiatan pemasaran agar bisa lebih efektif.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian manajemen pemasaran, fungsi dan contoh manajenem pemasaran. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat buat kita.