Pengertian Inflasi, Penyebab dan Dampak Inflasi di Indonesia

Pengertian Inflasi, Penyebab dan Dampak Inflasi di Indonesia – Dalam bidang ekonomi tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Bahkan istilah ini tidak akan pernah lepas dari sistem perkonomian suatu negara. Istilah ini biasanya disebut dengan nama Inflasi. Yang mana pengertian inflasi menurut para ahli adalah suatu keadaan perekonomian di suatu negara baik itu barang ataupun jasa mengalami peningkatan harga.

Keadaan ini bisa terjadi secara terus menerus dan bisa terjadi dalam jangka panjang. Sebagai contoh di negara kita sendiri Indonesia juga pernah mengalami peningkatan harga barang. Selain itu dampak inflasi ini sendiri akan sangat merugikan banyak pihak, sehingga kondisi seperti i harus ditangani dengan cepat dan tepat.

Pengertian Inflasi, Penyebab dan Dampak Inflasi di Indonesia

Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan informasi terkait dengan pengertian inflasi, penyebab dan dampak Inflasi terhadap suatu negara.

Pengertian Inflasi Menurut Para Ahli

Jika menurut para ahli, pengertian Inflasi ini sendiri memiliki perbedaan pendapat, namun sebenarnya memiliki arti yang sama. Untuk lebih jelasnya berikut pengertian inflasi menurut beberapa para ahli :

Parkin dan Bade

Inflasi merupakan suatu pergerakan ke atas dari tingkatan harga yang secara mendasar peningkatan tersebut ialah berhubungan dengan harga.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Nopirin (1987:25)

Inflasi meurpakan proses kenaikan harga-harga umum barang-barang secara terus menerus selama periode tertentu.

Bambang dan Aristanti (2007)

Inflasi merupak  suatu proses kenaikan harga-harga umum secara terus menerus. Kejadian inflasi ini sendiri mengakibatkan menurunnya daya beli masyrakat, karena dalam hal ini akan terjadi penurunan tingkat pendapatan dalam artian penurunan nilai tukar rupiah.

Investoword

Inflasi merupakan kenaikan harga umum dari keseluruhan barang dan jasa dalam suatu perekonomian yang biasanya diukur dengan indeks harga konsumen (Consumer Price Index) dan Indexs Harga Produsen (Producer Price Index)

Dari beberapa pengertian Inflasi menurut para ahli diatas maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa Inflasi merupakn suatu gejala ekonomi di suatu periode tertentu yang menyebabkan kenaikan harga secara terus menerus. Apabila kenaikan harga ini hanya bersifat sementara, maka kondisi ini tidak tergolong dalam inflasi. Sebagai contoh saat mendekati Hari Raya Idul Fitri biasanya harga barang kian meningkat drastis dibandingkan hari biasanya.

Penyebab Inflasi

Sesuatu itu tidak akan terjadi jika tidak ada penyebabnya, Iya seperti Inflasi ini tentunya juga ada penyebabnya sehingga munculah inflasi disuatu negara. Secara umum penyebab inflasi ini bisa berasal dari berbagai faktor. Namun secara garis besar inflasi terjadi karena adanya ketidakseimbangan demand dan supply di masyarakat.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Keuangan, Fungsi dan Contohnya

Ada 2 penyebab utama Inflasi yaitu tingginya permintaan masyarakat terhadap jenis barang dan jasa atau kurangnya produsi distribusi tertentu membuat harganya terus mengalami peningkatan. Selain itu pemicu permintaan yang tinggi biasanya disebabkan oleh permintaan barang ekspor yang tinggi, permintaan barang untuk swasta dan belanja pemerintah bertambah.

Penyebab terjadi Inflasi lainnya adalah karena meningkatnya biasa produksi yang disebabkan upah buruh naik atau harga bahan bakar naik. Selain itu peredaran uang yang tinggi di masyarakat juga bisa membuat kenaikan harga terhadap suatu barang tertentu. Jika berdasarkan pengertian inflasi, keduanya bisa berdampak pada perekonomian negara.

Selain itu, Indonesia sendiri juga pernag mengalami permasalahan ekonomi seperti ini. Indonesia pernah mengalami inflasi pada tahun 1998 yang mana kondisi inflasi saat itu sangat terkenal. Hal tersebut disebabkan karena adanya anggaran belanja pemerintah yang tidak seimbang. Yang mana pada masa itu terjadi peningkatan harga hingga 70%. Jika berdasarkan arti inflasi, tingkat kondisi negara Indonesia mengalami peningkatan inflasi yang tergolong berat.

Dampak Inflasi

Apa sih dampak dari adanya Inlasi? Seperti yang kita tau bahwa inflasi merupakan suatu kondisi perekonomian yang memiliki dampak besar bagi perekonomian suatu negara. Sehingga sebisa mungkin suatu negara bisa menghindari kondisi ini dengan melakukan berbagai strategi dan cara yang dirancang oleh pemerintah khususnya mentri keuangan.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi dan Contohnya

Perlu kita ketahui bersama bahwa terdapat 2 jenis dampak adanya inflasi yaitu dampak positif dan negatif. Apabila suatu negara mengalami inflasi yang tergolong inflasi ringan, maka bisa dikatakan ini adalah dampak positifnya. Kenapa? Karena jika suatu negara mengalami inflasi yang tergolong ringan maka akan mendorong perekonomian negara menjadi lebih baik karena pendapatan nasional meningkat.

Apabila suatu negara mengalami inflasi yang tergolong sedang atau berat, maka dengan meningkatnya suatu harga barang/jasa akan membuat kebutuhan menjadi sulit untuk terpenuhi. Dan disini masyarakat yang menerima gaji akan merasakan dampak yang paling berat.

Di Indonesia setelah melalui inflasi yang berat, Indonesia berhasil menurunkan harga barang dan jasa yang ada. Dan pada pemerintahan selanjutnya berhasil menurunkan harga sampai 2%. Dari adanya inflasi tersebut dampak yang rasakan oleh masyarakat Indonesia saat itu sangatlah berat. Yang mana banyak terjadi PHK dan harga kebutuhan pokok yang melambung tinggi. Selain itu pemerintah dan penggerak uang seperti bank juga banyak dirugikan.

Lalu bagiamana caranya untuk mengtasi agar tidak terjadi inflasi? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan kebijakan keuangan dengan ketat untuk suatu negara.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian inflasi, penyebab dan dampak inflasi suatu negara. Semoga bisa menawambah wawasan dan bermanfaat.