Pengertian HAM dan Contoh Pelanggaran HAM

Pengertian HAM dan Contoh Pelanggaran HAM – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa istilah ini tentunya sudah sering kali kita dengar. HAM merupakan singkatan dari Hak Asasi Manusia yang mana dalam hal ini setiap manusia mulai dari sejak ia lahir kedunia sudah memiliki hak dan hak ini menjadi sangat penting untuk dihargai oleh setiap masing-masing individu lainnya. Selain itu sebagai upaya untuk melindungi HAM, negara kita Indonesia juga telah membuat komisi khusus untuk mewadahi hak ini.

Namun, kesadaran orang-orang akan hal ini masih cukup rendah yang mana dalam ini dibuktikan dengan banyaknya kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia. Untuk itu disini nanti kami akan coba menjelaskan terkait dengan pengertian HAM dan contoh pelanggaran HAM. Dengan harapan nantinya kita semua bisa mematahui hak masing-masing setiap individu.

Pengertian HAM dan Contoh Pelanggaran HAM

Pengertian HAM

Pengertian HAM secara harfilah merupakan hak dari setiap manusia yang bersifat universal dan telah ada sejak manusia itu lahir kedunia. Sedangkan pengertian HAM menurut para ahli adalah :

Baca Juga :  Pengertian Hukum, Tujuan dan Jenisnya Menurut Ahli

1. Budiarjo

Menurut Budiarjo HAM merupakan suatu hak yang tidak memandang adanya berpedaan diantara manusia yang satu dengan lainnya.

2. Wolhos

Sedangkan menurut Wolhos mempertagas bahwa HAM ini adalah hak yang tidak boleh dilanggar oleh siapapun dan bisa saling menghargai antara hak individu satu dengan lainnya.

3. Kevin

Dan menurut Kevin menjelaskan mahwa HAM adalah hak-hak yang hakiki dari seorang individu. Dengan kata lain hak tersebut tidak bisa dipisahkan dari individu itu sendiri.

Dari pengertian HAM diatas maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa HAM adalah hak manusia yang bersifat hakiki, universal, dan telah ada sejak manusia itu lahir kedunia ini. Yang mana hak ini sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti hak secara pribadi, hak dalam bidang ekonomi, politik, sosial budaya, hukum dan peradilan.

Selain itu HAM secara pribadi juga meliputi beberapa hal yang juga wajib anda ketahui agar bisa menghargai satu sama lain yaitu bebas menyampaikan pendapat, dan juga berhak untuk berorganisasi. Selain itu HAM juga memberikan kebebasan bagi setiap orang untuk menganut kepercayaan tertentu dan menjalankannya. Dan untuk hak dalam bidang ekonomi ini berkaitan dengan kebebasan seseorang untuk melakukan transaksi jual beli yang juga termsuk hak untuk melakukan perjanjian maupun hutang-piutang.

Baca Juga :  Pengertian Hukum, Tujuan dan Jenisnya Menurut Ahli

Selanjutnya adalah HAM dalam bidang politik yang mana kita berhak untuk memberikan ruang bagi setiap individu untuk memilih dan dipilih. Serta setiap individu ini juga berhak untuk terlibat dalam berbagai program maupun aktivitas yang dijalankan oleh pemerintah. Selain itu untuk HAM dalam aspek sosial budaya disini seseorang memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu dan berhak untuk mengembangkan suatu kebudayaan sesuai dengan kemampuan dan kreatifitas yang dimilikinya.

Dan terakhir HAM dalam bidang hukum dan peradilan, yang mana setiap orang berhak untuk mendapatkan pembelaan secara hukum disuatu peradilan. Sebagai warga negara kita berhak untuk mendapat perlakuan hukum yang sama rata antara satu dengan lainnya. Dengan kata lain hukum kita harus diterapkan secara samar, rata dan tanpa pilih kasih.

Contoh Pelanggaran HAM di Masyarakat :

Berdasarkan Undang-undang yang berlaku, pengertian pelanggaran HAM ini sendiri berarti suatu perbuatan seseorang maupun kelompok yang bersifat menganggu hak asasi dari orang lain baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja. Selain itu perlu kita ketahui bersama bahwa pelanggaran HAM ini dibedakan menjadi dua yaitu Pelanggaran Genosida dan Pelanggaran Kemanusiaan.

Baca Juga :  Pengertian Hukum, Tujuan dan Jenisnya Menurut Ahli

Apa itu pelanggaran Genosida? Pelanggaran Genosida merupakan suatu bentuk pelanggaran yang dilakukan terhadap etnis atau kelompok tertentu. Sedangkan pelanggaran kemanusiaan ini merupakan suatu bentuk kejahatan hak asasi manusia yang dilakukan secara sistematik terhadap penduduk sipil seperti contoh melakukan pembunuhan, pelecehan seksual, dan masih banyak lagi lainnya.

Salah satu contoh pelanggaran HAM yang pernah terjadi di negara kita Indonesia adalah kasus Trisakti pada tahun 1998, yang mana pada saat itu terdapat korban meninggal akibat tertembak pluru tajam dari aparat. Korban tersebut adalah mahasiswa dari Universitas Trisakti yang juga ikut serta dalam aksi demonstrasi waktu itu. Selain kasus tersebut, sebenarnya masih banyak kasus-kasus lainnya yang terjadi di Indonesia seperti kasus DOM di Aceh, kasus di Maluku, dan kasus di Semanggi.

Demikian ulasan yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian HAM dan contoh pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia. Semoga dari ulasan tersebut bisa membuka kesadaran kita untuk bisa lebih menghargai hak tiap individu. Sekian dari kami semoga bermanfaat.