4 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial dan Alam

Contoh Teks Eksplanasi – Pada kesempatan ini akan mengulas tentang Teks Eksplanasi yang mencakup pengertian teks eksplanasi, contoh teks eksplanasi dan struktur teks eksplanasi. Dengan memahami informasi ini, akan menambah wawasan Ilmu Tata Bahasa yang anda miliki saat ini. Artikel ini diharapkan menjadi rujukan terbaik untuk memahami contoh teks eksplanasi bagi anda.

Kejadian yang terjadi disekitar kita pantas nya tidak hanya kita amati dan rasakan saja, tetapi sekaligus digunakan sebagai pembelajaran. Mengapa kejadian tersebut bisa terjadi dan bagaimana bisa terjadi kejadian seperti itu.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial dan Alam

Untuk dapat menjelaskan suatu peristiwa dan fenomena yang terjadi dengan baik dan benar, entah itu fenomena alam, fenomena sosial di masyarakat, kita harus memhami tentang teks eksplanasi dengan baik.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.

Struktur Teks Eksplanasi

  1. Pernyataan umum: berisi pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan proses proses terjadinya/proses keberadaan.
  2. Urutan Sebab Akibat: berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  3. Interpretasi dan Kesimpulan: berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Global Warming

Pernyataan Umum

Global Warming atau pemanasan global merupakan suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.

Urutan Sebab Akibat

Penyebab terjadinya global warming adalah  karena adanya efek gas rumah kaca yang disebabkan terperangkapnya panas matahari di atmosfer bumi yang seharusnya dipantulkan oleh permukaan bumi. Hal tersebut terjadi berulang-ulang sehingga suhu rata-rata bumi terus meningkat.

Jika suhu yang ada di bumi semakin meningkat maka akan ada banyak perubhan-perubahan yang terjadi seperti naiknya permukaan air laut dan meningkatnya intensitas fenomena yang eksterm. Akibat yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian yang disebabkan cuaca yang tidak menentu sehingga para petani tidak dapat meramalkan cuaca dengan mudah, hilangnya gletser, dan punahnya beberapa jenis hewan.

Kesimpulan

IPCC meyatakan bahwa sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke 20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. Oleh karena itu, kita harus sadar akan bahayanya jika suhu bumi akan terus naik dengan melakukan beberapa penanggulangan sederhana seperti menanam pohon, mengurangi penggunaan plastik dan kertas, hemat listrik dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Bulliying

Pernyataan Umum

Bulliying merupakan perilaku agresif disengaja yang menggunakan ketidak seimbangan kekuatan atau kekuasaan. Bulliying berbeda dengan berkelahi atau berkonflik. Bulliying hanya terjadi akibat ketidak seimbangan kekuasaan, dimana yang lebih kuat akan menindas yang lebih lemah, yang lebih besar akan menindas yang lebih kecil, dan lain sebagainya.

Urutan Sebab Akibat

Bulliying berawal dari hubungan paling dekat, yaitu keluarga. Dalam keluarga, jika seorang anak dididik dengan penuh kasih sayang dan tanpa kekerasan maka anak tersebut berpeluang untuk tidak melakukan tindakan bulliying. Namun apabila seorang anak dididik dengan kekerasan dan selalu dibanding-bandingkan dengan yang lain, maka anak tersebut memiliki potensi untuk melakukan tindak bulliying terhadapa teman-teman disekitarnya yang dianggap lebih buruk dari dirinya.

Selanjutnya adalah dari pergaulan dan media. Saat ini banyak sekali media-media yang menayangkan tindakan yang kurang bagus untuk ditiru, akan tetapi banyak sekali anak-anak yang pada akhirnya meniru adegan tersebut karena kurangnya pengawasan keluarga dan memiliki pergaulan yang kurang benar. Beberapa alasan seorang anak melakukan bulliying adalah karena ia ingin diakui, balas dendam, karena pernah menjadi korban bulliying sebelumnya, mencari perhatian, ingin terkenal, dan lain sebagainya.

Tindakan bulliying ini tentunya memiliki akibat yang nyata dalam diri seorang anak, seperti gangguan psikologis. Gangguan psikologis yang dialami para korban bulliying yang paling ringan adalah merasa cemas dan tidak aman, namun pada kasus yang paling berat adalah korban bulliying bisa saja sampai melakukan bunuh diri.

Kesimpulan

Bulliying bukanlah suatu tindakan yang baik, melihat kemampuan setiap individu berbeda-beda. Namun tindakan bulliying dapat diatasi dengan kecakapan dalam mengolah emosi yang baik. Seorang individu yang memiliki kecakapan emosi yang baik cenderung dapat lebih tegas dan tegar dalam menghadapi bulliying.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Cyberbulliying

Pernyataan Umum

Menurut kamus merriam-Webster, cyberbuliying berarti bentuk ancaman atau serangan yang dilakukan seseorang terhadap orang lain yang disampaikan memalalui pesan elektronik media. Bulliying yang biasanya terjadi hanya didunia nyata saja sekarang sudah mulai merambah ke dunia maya.

Urutan Sebab Akibat

Cyberbulliying merupakan sebuah fenomena baru dari perkembangan teknologi komunikasi. Pada kondisi sekarang, hal tersebut didefinisikan sebagai sebuah perbuatan menyakiti atau mengolok-olok yang dilakukan secara terus menerus dan disengaja melalui media komputer, seluler, ataupun peralatan elktronik lainnya yang dilakukan oleh seorang individu yang dimana seseorang yang dibully tidak dapat membela dirinya.

Cyberbulliying dilakukan antara lain dengan mengirim komentar-komentar yag mengandung kebencian di blog, akun media sosial, email, membuat postingan yang ditujukan untuk menghina orang tertentu, mengunggah privasi seseorang ke media sosial, dan lain sebagainya. Sebab dari cyberbulliying tidak jauh berbeda dengan bulliying seperti biasa dan akibatnyapun juga hampir sama atau bisa jadi lebih parah. Akibat dari cyberbulliying adalah korban bulliying sewaktu-waktu bisa kehilangan privasinya, kepercayaan dirinya, yang berujung dengan kecemasan, kekhawatiran bahkan sampai titik tertentu menyebabkan bunuh diri.

Kesimpulan

Cyberbulliying merupakan tindak kejahatan yang harus dihindari. Cyberbulliying adalah ancaman psikologis bagi per individu, oleh karena itu persiapan mental dan kecakapan mengolah emosi dengan baik sangat diperlukan.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Media Sosial

Pernyataan Umum

Media sosial merupakan sebuah saluran atau sarana untuk pergaulan yang dilakukan secara terkoneksi dengan internet. Penggunanya bisa dengan mudah mengirim pesan, membagikan berita maupun aktifitas yang lain dengan pengguna lain.

Urutan Sebab Akibat

Perkembangan teknologi informasi yang pesat merupakan penyebab boomingnya media sosial. Pada saat ini, media sosial sudah menjadi makanan pokok bagi anak kecil hingga yang sudah dewasa. Indonesia merupakan salah satu pengguna media sosial terbesar yang ada didunia.

Penggunaan media sosial memang sangat bermanfaat bagi kehidupan, namun penggunaanya harus bijaksana agar tidak mencelakakan diri sendiri. Memang, pada dasarnya media sosial adalah alat untuk mengekspresikan diri, mulai curhat, dan lain sebagainya. Namun, ada sebagian orang yang menggunakan media sosial untuk melakukan pembullyan kepada orang lain, untuk media pornografi, aksi penipuan, pencemaran nama baik, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Media sosial merupakan sarana komunikasi yang dapat mempermudah interkasi antar individumaupun kelompok. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai saran pendidikan, perekonomian, dan lain sebgainya. Akan tetapi penyalahgunaan media sosial juga dapat menyebabkan banyak sekali kerugian. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka para pengguna harus lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan media sosial.

Sekian pembahasan mengenai Contoh Teks Eksplanasi yang bisa kami sampaikan, besar harapan kami bahwa materi contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam dan fenomena sosial yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.