Etika Profesi : Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip dan Contohnya

Etika Profesi : Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip dan Contohnya – Jika diartikel sebelumnya telah kita bahas mengenai pengertian etika secara umum, kali ini kita akan mengulas terkait dengan pengertian etika profesi, fungsi dan prinsipnya.

Apa sih etika profesi itu? Secara umum pengertian etika profesi merupakan suatu sikap etis yang dimiliki seseorang sebagai bagaian integral dari sikap hidup dalam mengemban tugasnya dengan menerapkan norma-norma etis umum pada bidang-bidang khusus (profesi) dalam kehidupan manusia.

Etika Profesi : Pengertian Etika Profesi, Fungsi, Prinsip dan Contohnya

Etika profesi ini sendiri sama halnya dengan kode etik profesi yang sangat berhungungan dengan bidang pekerjaan tertentu yang berhubungan langsung dengan masyarakat atau konsumen. Dan konsep dari etika profesi tersebut sebelumnya harus disepakati bersama oleh pihak-pihak yang berada di suatu lingkup kerja tertentu seperti dokter, jurnalistik dan pers, guru, engineering, ilmuan, psikolog dan profesi lainnya.

Selain itu kode etik profesi ini juga memiliki fungsi yaitu sebagai sistem norma, nilai dan aturan profesional secara tertulis dengan tegas menyatakan apa yang benar/baik, dan apa yang tidak benar / tidak baik bagi seorang profesional. Dengan kata lain, kode etik profesi ini dibuat agar seorang profesional seperti dokter, jurnalis, psikolog dan profesi lain bisa bertindak sesuai dengan aturan dan menghindari tindakan yang tidak sesuai dengan kode etik profesi.

Etika Profesi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami arti dari etika profesi, berikut beberapa pengertian etika profesi menurut para ahli :

1. Anang Usman, SH., MSi

Etika profesi menurut Anang Usman, SH., MSi adalah suatu sikap hidup untuk memenuhi kebutuhan pelayanan profesional dari klien dengan keterlibatan dan keahlian sebagai pelayanan, dalam rangka memenuhi kewajiban masyarkat secara keseluruhan yang membutuhkannya disertai dengan refleksi seksama.

2. Siti Rahayu

Etika profesi menurut Siti Rahayu (2010) adalah suatu kode etik untuk profesi tertentu yang harus dimengerti dan fipahami oleh setiap profesional dan bukan sebagai etika absolut.

3. Kaiser

Etika profesi menurut Kaiser (Suhrawardi Lubis, 1994:6-7) adalah suatu sikap hidup yang berupa keadilan untuk memberikan pelayanan profesional terhadap masyarakat dengan penuh kehalian dan ketertiban dalam rangka melaksanakan tugas untuk melayani masyarakat.

Prinsip Dasar Etika Profesi

Setelah memahami apa arti etika profesi dari beberapa pakar, tentunya anda juga harus mengetahui beberapa prinsip dasar yang menjadi landasan dalam pelaksanaan kode etik profesi. Berikut beberapa prinsip dasar etika profesi :

1. Prinsip Tanggung Jawab

Prinsip dasar pertama dalam etika profesi adalah bahwa setiap profesional harus bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pekerjaan dan hasilnya. Selain itu, para profesional juga harus memiliki tanggung jawab terhadap dampak apa saja yang mungkin terjadi dari profesinya bagi kehidupan orang lain atau masyarakat.

2. Prinsip Keadilan

Selanjutnya adalah bagi setiap profesional disini dituntut untuk mengedepankan keadilan dalam menjalankan tugas pekerjaannya. Iya, dalam hal ini bentuk keadilan itu harus diberikan kepada siapa saja yang berhak dan tidak pilih-pilih.

3. Prinsip Otonomi

Prinsip ketiga dari etika profesi adalah setiap profesional memiliki wewenang dan kebebasan dalam menjalankan pekerjaannya sesuai dengan profesinya masing-masing. Yang mana seorang profesional disini berhak untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan mempertimbangkan kode etik profesinya.

4. Prinsip Integritas Moral

Dan prinsip yang terakhir adalah integritas moral yang mana hal ini berkaitan dengan kualitas kejujuran dan prinsip moral dalam diri seorang profesional yang harus dilakukan secara konsisten dalam menjalankan profesinya. Yang artinya bahwa seorang profesional harus memiliki komitmen pribadi untuk menjaga kepentingan profesinya, dirinya dan masyarakat umum.

Fungsi dan Tujuan Etika Profesi

Setelah mengetahui prinsip etika profesi, berikut akan kami jelaskan terkait dengan fungsi dan tujuan etika profesi. Menurut Undang-undang RI No. 8 Tahun 1974 mengenai pokok-pokok kepegawaian, kode etik profesi merupakan suatu pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dalam kehidupan sehari-hari. Mengacu pada hal tersebut, berikut adalah fungsi dan tujuan etika profesi :

1. Fungsi Kode Etik Profesi

  • Etika profesi berfungsi sebagai pedoman bagi semua anggota profesi mengenai prinsip profesionalitas yang telah ditetapkan.
  • Etika profesi juga berfungsi sebagai alat kontrol sosial bagi masyarakat umum terhadap suatu profesi tertentu.
  • Dan terakhir Etika profesi berfungsi sebagai sarana untuk mencegah campur tangan dari pihak lain diluar organisasi yang terkait dengan hubungan etika dalam keanggotaan suatu profesi.

2. Tujuan Kode Etik Profesi

  • Kode etik profesi bertujuan untuk menjunjung tinggi martabat suatu profesi
  • Selain itu kode etik profesi juga bertujuan untuk menjaga dan mengelola kesejahteraan anggota profesi.
  • Kode etik profesi juga bertujuan untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi.
  • Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan suatu profesi diatas keuntungan pribadi.
  • Dan untuk membantu meningkatkan mutu suatu profesi.
  • Selain itu juga untuk menentukan standar baku bagi suatu profesi.
  • Serta untuk meningkatkan kualitas organisasi menjadi lebih profesional dan terjalin erat.

Contoh Etika Profesi

Setelah mengetahui arti, prinsip dasar, fungsi dan tujuan dari etika profesi, berikut akan kami sajikan contoh etika profesi. Salah satu contoh etika profesi kita bisa mengambil etika profesi kedokteran yang mengatur prinsip moral dan etika dalam menjalankan kegiatan kedokteran. Dalam hal ini, ruang lingkup dari kode etik profesi kedokteran yakni mencakup perilaku dokter terhadap pasien, keluarga, masyarakat, teman sejawat dan mitra kerjanya.

Berikut contoh kode etik profesi kedokteran secara umum :

1. Kewajiban Dokter

  • Kewajiban dokter adalah memberikan pelayanan medis sesuai dengan standar prosedur operasional serta kebutuhan medis para pasien.
  • Selain itu dokter juga berkewajiban untuk memberikan surat rujukan bagi pasien ke dokter lain yang memiliki keahlian yang lebih baik jika diperlukan.
  • Kewajiban dokter lainnya adalah menjaga kerahasiaan pasien, bahkan setelah pasien tersebut telah meninggal dunia.
  • Kewajiban dokter lainnya adalah memberikan pertolongan darurat atas dasar kemanusiaan, kecuali bila ada pihak lain yang bertugas dan mampu melakukannya.
  • Dan bagi seorang dokter juga wajib meningkatkan ilmu pengetahuin dibidang ilmu kedokteran, yang mana mengingat belakangan ini segala jenis penyakit baru yang semakin banyak bermunculan.

2. Larangan Bagi Dokter

  • Bagi seorang dokter dilarang untuk memuji kemampuan atau keahliannya sendiri
  • Menjaga ucapan atau tindakan yang dalam melemahkan data tahan atau semangat pasien
  • Dokter juga dilarang untuk mengumumkan dan melakukan suatu teknik kedokteran yang belum diuji kebenarannya
  • Dokter juga dilarang untuk melepaskan kemandirian profesi karena pengaruh tertentu
  • Dokter juga dilarang untuk mengambil alih pasien tanpa persetujuan teman sejawat
  • Menentapkan imbalan atas jasanya secara tidak wajar
  • Melakukan diskriminasi dalam melakukan pelayanan terhadap pasien
  • Melakukan kolusi dengan perusahaan farmasi
  • Mengabaikan kesehatannya sendiri
  • Dokter juga dilarang mengeluarkan keterangan palsu meskipun diminta oleh pasien atau keluarga pasien
  • Melakukan pelecehan seksual terhadap pasien atau orang lain
  • Membocorkan rahasia pasien kepada orang lain.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian etika profesi, prinsip dasar, fungsi dan tujuan, dan contoh etika profesi. Semoga dari penjelasan diatas bisa memberikan wawasan baru khususnya untuk anda yang membutuhkan. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

Pengertian Pendidikan, Tujuan, Fungsi dan Jenis Pendidikan

Pengertian Pendidikan, Tujuan, Fungsi dan Jenis Pendidikan – Pendidikan, tentu kita sudah tidak asing dengan kata tersebut. Bahkan kata pendidikan tersebut sudah menjadi bahan obrolan sehari-hari. Lalu apa sih pendidikan itu? Dan apa tujuan pendidikan untuk diri kita dan negara? Nah, pada pembahasan kali ini kami akan jelaskan terkait dengan pengertian pendidikan secara umum dan pengertian pendidikan menurut para ahli lengkap dengan tujuan, fungsi dan jenis pendidikan.

Secara umum pengertian pendidikan adalah sebuah usaha dan rencana yang memiliki tujuan untuk suatu kelompok didik dengan suasana dan proses pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan. Yang nantinya peserta didik bisa aktif dalam proses perkembangan potensi diri untuk mencetak kekuatan keagamaannnya, pengendalian diri, kepribadian dan kecerdasan yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan masyarakat.

Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan pengertian pendidikan menurut sudut pandang para ahli atau pakar pendidikan. Berikut ulasannya :

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

1. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan merupakan suatu proses menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada peserta didik, yang nantinya peserta didik bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat.

2. Ahmad D Rimba

Menurut Ahmad D Rimba pengertian pendidikan adalah suatu bimbingan yang dilakukan secara sadar oleh seorang guru/pendidik kepada peserta didik yang berfokus pada pendidikan jasmani rohani  dengan tujuan membentuk kepribadian peserta didik yang utama.

3. Martinus Jan Langeveld

Menurut Martinus Jan langeveld pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan pendidik untuk membentuk kepribadian anak agar bisa melakukan tugas hidupnya secara mandiri dan bertanggung jawab. Sederhananya pendidikan merupakan suatu usaha orang dewasa dalam membimbing anak-anak menuju kedewasaan.

4. Gunning dan Kohnstamm

Selanjutnya menurut Gunning dan Kohnstamm pendidikan merupakan suatu proses pembentukan hati nurani dan penentuan diri yang etis dan sesuai dengan hati nurani.

5. Carter V. Good

Menurut Carter V. Good pendidikan merupakan suatu proses perkembangan kecakapan individu dalam bersikap dan berperilaku dilingkungan masyarakat. Suatu proses sosial dimana seseorang akan dipengaruhi oleh suatu lingkungan yang terorganisir seperti rumah atau sekolah. Sehingga dengan adanya pendidikan seoranga anak bisa mencapai perkembangan diri dan kecakapan sosial.

6. Undang-Undang Republik Indonesia

Menurut UU No. 20 Tahun 2003 pengertian pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik bisa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual kegamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Setelah mengetahui pengertian pendidikan secara umum dan menurut para ahli dapat kita ambil kesimpulan bahwa pendidikan merupakan suatu usaha yang dilakukan seseorang untuk proses pencarian jati diri, pengembangan potensi diri dan pembentukan hati nurani.

Secara etimologi kata pendidikan dalam bahasa Inggris menjadi education. Sedangkan dalam bahasa latin pendidikan disebut sebagai educatum yang berasal ari 2 suku kata yaitu e dan duco. Yang mana e ini berati pengembangan diri dan kata duco ini bearti perkembangan atau sedang dikembangkan. Sehingga secara etimologi pendidikan dapat diartikan sebagai proses pengembangan kemampuan diri dan kekauatan individu.

Dan menurut kamus besar indonesia, pendidikan ini sendiri diartikan sebagai suatu proses perkembangan diri melalui perubahan sikap dan perilaku individu ataupun  sekelompok orang dalam proses pendewasaan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Tujuan Pendidikan

Secara umum tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi peserta didik. Dengan adanya pendidikan, pertumbuhan kecerdasan dan potensi diri setiap anak bisa lebih berkembang dengan bertambahnya ilmu pengetahuan, kreativitas, sehat jasmani dan rohani, memiliki kepribadian yang baik, mandiri dan bertanggung jawab.

Tujuan pendidikan ini sendiri juga telah disebutkan dalam Undang-undang Republik Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut :

1. UU No. 2 Tahun 1985

Menurut UU No. 2 Tahun 1985 tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan, sehat jasmani dan rohani, memiliki budi pekerti yang luhur, mandiri, memiliki kepribadian yang baik dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

2. UU No, 2 Tahun 1960

Menurut MPRS No. 2 Tahun 1960 tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia yang memiliki jiwa pancasilais sejati yang berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.

3. UU No. 20 Tahun 2003

Sedangkan menurut UU. No. 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa pendidikan memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi pribadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Fungsi Pendidikan

Selain memiliki tujuan, pendidikan juga memiliki fungsi yang secara umum adalah untuk mengembangkan kemampuan, membentuk waktak anak dari kecil, membentuk kepribadiannya sehingga nantinya sang anak atau peserta didik bisa menjadi pribadi yang bermartabat.

Menurut Horton dan Hunt, pendidikan memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Fungsi pendidikan yang pertama adalah untuk mempersiapkan setiap anggota masyarakat untuk bisa mencara nafkah sendiri
  • Kedua adalah untuk membangun dan mengembangkan bakat dan minat seseorang demi kepuasan pribadi dan kepentingan masyarakat.
  • Ketiga adalah untuk membantu melestarikan budaya yang ada di masyarakat
  • dan fungsi pendidikan yang terakhir adalah untuk menanamkan keterampilan yang dibutuhkan dalam keikutsertaan dalam demokrasi.

Dan menurut David Popenoe, pendidikan memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Pendidikan berfungsi untuk mentransfer kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya
  • Kedua memilik dan mendidik manusia terkait dengan peranan sosial
  • Fungsi pendidikan ketiga adalah untuk memastikan integasi sosial di masyarakat
  • Keempat adalah untuk mengajarkan corak kepribadian
  • Fungsi pendidikan yang terakhir adalah menjadi sumber inovasi sosial di masyarakat.

Jenis – Jenis Pendidikan

Untuk jenis pendidikan ini sendiri dibagi menjadi tiga jenis yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

1. Pendidikan Formal

Pendidikan formal merupakan salah satu jenis pendidikan yang terstruktur dan memiliki jenjang seperti pendidikan anak usia dini (PAUD), pendidikan sekolah dasar (SD), pendidikan sekolah menengah pertama (SMP), pendidian sekolah menengah atas (SMA) dan pendidikan perguruan tinggi (universitas).

Berikut ini adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan formal:

  • Taman Kanak-kanak (TK)
  • Raudatul Athfal (RA)
  • Sekolah Dasar (SD)
  • Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  • Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Sekolah Menengah Atas (SMA)
  • Madrasah Aliyah (MA)
  • Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  • Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
  • Perguruan Tinggi
  • Akademi
  • Politeknik
  • Sekolah Tinggi
  • Institut
  • Universitas

2. Pendidikan Non Formal

Pendidikan non formal merupakan jalur pendidikan yang bisa anda tempuh diluar pendidikan formal yang dilaksanakan secara berjenjang dan berstrukur seperti yang kami jelsakan diatas. Sedangkan untuk jenis pendidikan non formal ini bisa disetarakan dengan hasil program pendidikan formal melalui proses penilaian dari pihak berwenang.

Berikut ini adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan non formal:

  • Kelompok bermain (KB)
  • Taman penitipan anak (TPA)
  • Lembaga kursus
  • Sanggar
  • Lembaga pelatihan
  • Kelompok belajar
  • Pusat kegiatan belajar masyarakat
  • Majelis taklim

3. Pendidikan informal

Pendidikan informal merupakan jenis pendidikan yang berasal dari keluarga, teman, dan lingkungan dimana seorang anak atau peserta didik bisa belajar secara mandiri dari keluarga, teman dan lingkungan tersebut.

Beberapa yang termasuk di dalam pendidikan informal adalah;

  • Agama
  • Budi pekerti
  • Etika
  • Sopan santun
  • Moral
  • Sosialisasi

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian pendidikan, tujuan, fungsi dan jenis pendidikan. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian.

 

 

Implikasi Adalah? Pengertian Implikasi dan Contoh Implikasi Penelitian

Implikasi Adalah? Pengertian Implikasi dan Contoh Implikasi Penelitian – Sebagian besar dari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah implikasi, khususnya buat anda yang terjun dalam penelitian. Namun sebagian orang masih banyak yang menggunakan istilah implikasi ini dalam kehidupan sehari-hari, padahal istilah implikasi ini biasanya digunakan untuk penelitian. Lalu apa sih arti implikasi?

Dalam kehidupan sehari-hari, kata implikasi ini memiliki persamaan kata yang memadai diantaranya adalah keterkaitan, keterlibatan, sangkutan, asosiasi, efek, konotasi, akibat, siratan, maksud dan sugesti. Untuk itu istilah implikasi ini sendiri lebih cocok digunakan dalam konteks bahasa ilmiah dan penelitian.  Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian implikasi dan contoh implikasi penelitian.

Implikasi Adalah? Pengertian Implikasi dan Contoh Implikasi Penelitian

Pengertian Implikasi

Sebenarnya ada beberapa pengertian implikasi menurut para ahli. Namun pengertian implikasi menurut para ahli sendiri juga belum bisa menjelaskan secara jelas terkait dengan arti implikasi sebenarnya. Implikasi adalah suatu konsekuensi  atau akibat yang berasal dari hasil penemuan suatu penelitian ilmiah. Selain itu ada juga yang menyebutkan bahwa implikasi adalah suatu analisis atau hasil akhir temuan dari penelitian.

Kata implikasi sendiri sebenarnya memiliki makna yang sangat luas dan beragam. Selain itu kata implikasi ini juga bisa anda gunakan dalam suasana apapun yang mengaharuskan anda untuk berpendapat. Secara sederhana implikasi merupakan suatu dampak dari suatu penelitian.

Pengertian Implikasi Penelitian

Perlu kita ketahui bersama bahwa implikasi dalam penelitian biasanya digunakan sebagai perbandingan. Sehingga bisa dikatakan implikasi penelitian merupakan suatu perbandingan penelitian dari penelitian sebelumnya dengan penelitian yang baru. Atau bisa juga berarti bahwa implikasi merupakan suatu dampak yang ditimbulkan secara langsung dari hasil penelitian atau merupakan suatu kesimpulan dari hasil penelitian.

Selain itu ada tiga jenis implikasi yang biasa digunakan dalam penelitian diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Implikasi Teoritis merupakan suatu penyajian hasil penelitian dengan menggunakan gambar. Gambar-gambar ini nantinya akan menunjang dan melengkapi hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, selain itu gambar-gambar yang akan disajikan tentunya harus berkaitan dengan implikasi teoritikal berdasarkan hasil penelitian yang akan disajikan.
  2. Implikasi Manajerial merupakan sebuah analisis atau hasil akhir penelitian yang didapatkan dari kebijakan-kebijakan yang telah diterapkan pada sebuah metode penelitian.
  3. Implikasi Metodologi terkait dengan bagaimana suatu cara atau metode yang digunakan dalam penelitian. Implikasi metodologi ini sendiri memiliki tujuan untuk menyebutkan kesulitan-kesulitan maupun tantangan yang dialami oleh peneliti. Sehingga nantinya peneliti bisa mendapatkan masukan atau perbaikan dari penelitian yang sudah diteliti.

Contoh Implikasi

Selain ketiga jenis implikasi tersebut implikasi teoritis, implikasi manajerial dan implikasi metodologi, ada juga contoh atau jenis implikasi yang berasal dari pemanfaatan implikasi metode penelitian diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Implikasi Dalam Kepemimpinan

Perlu kita ketahui bersama bahwa untuk menjadi pemimpin ada banyak hal yang wajib kita perhatikan. Iya, menjadi seorang pemimpin tentunya wajib memiliki sikap yang berkualitas dan bertanggung jawab demi kemajuan suatu organisasi atau perusahaan.

Selain itu seorang pemimpin juga harus memiliki sikap sebagai seorang leader dengan tujuan dan visi misi yang jelas. Tidak hanya itu, seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk memberikan dorongan untuk anggotanya dan mengutamakan jalinan yang manusiawi dan menghargai. Sehingga nantinya akan tercipta pemimpin yang memiliki implikasi dan fungsi positif bagi perushaaan maupun anggotanya.

2. Implikasi Etika

Implikasi etika yang dalam hal ini berkaitan dengan formalitas yang dilakukan. Yang mana sebuah etika tentunya sudah diajarkan sejak dini yang kemudian akan berlanjut untuk terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita tau bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan namun tetap tidak meninggalkan etika seperti contoh yang paling simple adalah seseorang yang usianya lebih mudah wajib menjunjung dan menghormati orang yang lebih tua.

3. Implikasi Budaya

Implikasi budaya merupakan metode budaya yang didalamnya mengkaji tentang bagaimana seseorang harus bersikap secara tepat dalam kebudayaan. Seperti yang kita tau bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki beragam kebudayaan.  Sebagai warga Indonesia yang baik menjunjung tinggi kebudayaan seharusnya tidak merendahkan budaya lain, seharusnya dengan berbagai macam budaya yang kita miliki membuat kita untuk lebih menghormati budaya sesama warga negara dari beragam latar belakang budaya.

4. Implikasi Globalisasi

Implikasi globalisasi merupakan suatu metode yang mengkaji terkait dengan dampak dari globalilasi terhadap lingkungan masyarakat dalam segala aspek seperti ekonomi, politik, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan terkait dengan pengertian implikasi dengan berbagai metodenya. Dari penjelasan diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa implikasi merupakan satu hal yang harus kita pahami untuk melangsungkan proses penelitian dengan baik, sehingga nantinya bisa menghasilkan penelitian yang bermanfaat dan membuahkan pemikiran yang maju dan berkembang. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

 

 

Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya

Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya – Setelah kemarin telah kita jabarkan mengenai pengertian biografi, ciri dan strukturnya. Pada kesempatan kali ini kami akan uraikan terkait dengan contoh biografi dan autobiografi beserta strukturnya. Jika anda suka membaca novel atau jurnal tentu akan sering menemui teks biografi pada bagian terakhir novel.

Perlu kita ketahui bersama bahwa ada banyak sekali contoh teks biografi yang bisa kita temui. Semakin banyak kita membaca novel atau jurnal maka akan semakin banyak referensi teks biografi yang bisa kita jadikan sebagai acuan ketika ingin membuat teks biografi. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya

Pengertian Teks Biografi dan Autobiografi

Sebelum masuk ke pembahasan inti terkait dengan contoh teks biografi dan autobiografi dan strukturnya, alangkah baiknya jika kita memahami makna dari teks biografi dan autobiografi terlebih dahulu.

Teks biografi merupakan teks pengenalan para tokoh terkait dengan riwayat hifup, sejarah perjalanan hidupnya serta karirnya hingga menjadi orang sukses, bahkan mengenai kelebihan dan kekurangan para tokoh. Selain itu dalam pembuatan teks biografi kita harus mempertimbangkan mengenai prestasi-prestasi tokoh yang akan kita angkat sebagai topik karena hal tersebut akan menginspirasi para pembaca. Sehingga dengan adanya teks biografi ini pembaca bisa termotivasi atas prestasi-prestasi yang ada tokoh tersebut.

Berbeda dengan teks biografi, teks autobiografi ini adalah kebalikan dari teks biografi. Yang mana jika teks biografi ini menceritakan tentang biografi para tokoh sedangkan untuk autobiografi ini menceritakan dirinya sendiri tanpa adanya perantara. Untuk lebih jelasnya berikut contoh teks biografi dan autobiografi.

Struktur Teks Biografi

Dalam pembuatan teks biografi ini ada tiga struktur yang harus anda perhatikan, yang mana ketiga struktur ini harus ada dalam teks biografi agar menjadi satu kesatuan, berikut struktur teks biografi :

  • Orientasi, merupakan bagian pembuka atau cerita awal yang menjadi pengantar dari teks biografi.
  • Peristiwa dan masalah, merupakan teks yang menjelaskan mengenai kehidupan tokoh yang akan kita angkat sebagai topik dari nol sampai sekarang dan berisi mengenai hal-hal yang berkesan dalam hidup serta menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan tokoh.
  • Reorientasi, merupakan bagian penutup cerita dan bisa juga berisikan pendapat penulis mengenai tokoh inspirasinya itu.

Setelah mengetahui arti dan struktur teks biografi, berikut akan kami sajikan contoh biografi yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi. Berikut ulasannya :

Contoh Biografi Pahlawan

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat merupakan nama lengkap dari RA Kartini. Beliau adalah pahlawan wanita yang menjadi kebanggaan kaum hawa di Indonesia. RA Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah yang merupakan keturunan ningrat. Dan meninggal pada 17 September 1904 di Kabupaten Rembang di usianya yanag ke-25 tahun.

RA Kartini adalah sosok wanita hemat yang haus akan ilmu dan gemar membaca.  Ketertarikannya dalam membaca membuat beliau memiliki pengetahuan yang luas soal ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Di usianya yang masih muda RA Kartini telah membuat berbagai buku yang salah satunya adalah berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” dengan menggunakan bahasa Melayu.

RA Kartini menjadi salah satu pahlawan Indonesia yang memberikan perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita dan masalah sosial. Beliau beranggapan bahwa seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebesan, otonomi serta kesetaraan hukum.

Contoh Autobiografi / Biografi Diri Sendiri

Nama saya Mahardika yang biasa dipanggil Dika. Saya lahir dari pasangan Mustofa dan Siti Arifah yang lahir di Malang pada tanggal 15 Mei 1996. Bapak saya bekerja sebagai sopir dan Ibu saya adalah seorang guru swasta. Saya anak kedua dari tiga bersaudara. Kakak pertama saya telah menikah dan tinggal di Surabaya bersama suaminya. Dan adik saya saat ini masih duduk di kelas 11 di MAN 3 Malang.

Saya mulai masuk SD pada usia 6 Tahun, saya sekolah di SDN 1 Blimbing Malang, ketika SMP saya sekolah di SMPN 5 Malang dan lanjut SMA nya di MAN 3 Malang. Saya adalah sosok lelaki yang mencintai seni terutama seni musik dan gambar. Ketika SMA saya dan teman-teman berhasil meraih juara 1 musikalisasi puisi tingkat nasional diadakan di Surabaya.

Keinginan saya adalah melanjutkan sekolah ke ISI (Institut Seni Indonesia) di Yogjakarta, namun orang tua melarang dan akhirnya saya melanjutkan sekolah di UIN Malang dengan jurusan Psikologi. Meski demikian, dunia seni tetap mengalir dalam diri saya dan akan terus saya kembangkan dengan mengikuti UKM Komust yang ada di kampus. Dan saat ini saya telah menyelesaikan study saya di UIN Malang dengan baik.

Contoh Biografi Teman

Namanya Nurul Imliyah, biasa dipanggil dengan nama Ilmi. Dia lahir pada tanggal 25 Februari 1989 di Kediri. Wanita satu ini memiliki perawakan yang lumayan tinggi dan sedikit gemuk. Ilmi merupakan anak ke-2 dari dua bersaudara. Saat ini Ilmi telah bekerja di salah satu Rumah Sakit di Trenggalek sebagai Psikolog sesuai dengan jurusannya yang sudah lulus S2 di Universitas 10 November Surabaya.

Ilmi dibesarkan dari keluarga yang agamis dan terlahir dari keluarga kaya. Bapaknya adalah seorang pengusaha pembuat gula dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Meski dia terlahir dari keluarga kaya namun gaya hidupnya sangat sederhana dan tidak pilih-pilih teman, sehingga tidak heran jika ilmi disukai banyak orang dan memiliki banyak teman.

Ilmi adalah sosok perempuan yang easy going, suka treveling dan kuliner. Kalau lagi jalan bareng sama temen-temen, si Ilmi ini paling tidak bisa nahan untuk beli makanan, sampai-sampai salah satu dari kita harus nahan dia buat stop buat beli makanan. Meski demikian Ilmi adalah sosok yang perhatian, supel, humoris dan penuh kehangatan.

Contoh Biografi Tentang Guru

Nama beliau adalah Nurkaromah, biasa dipanggil dengan nama Bu Nur. Beliau adalah salah satu guru BK di SMPN1 Gempol yang lahir pada tanggal 16 Maret di Kota Pasuruan. Beliau adalah sosok guru yang baik, lemah lembut dan tidak pernah marah dengan murid-muridnya, Meski kita hanya bisa bertatap muka di pelajaran BK dengan waktu yang sangat singkat, tapi beliau tetap membuka ruangannya buat kita-kita yang mau curhat atau diskusi soal pelajaran, orang tua, dan teman disela-sela waktu pelajaran bahkan ketika istirahat sekolah.

Guru BK pada umumnya memang terkenal jahat dan suka menyita ini itu, tapi berbeda dengan guru BK kita yang satu ini. Beliau sangat baik dan selalu bisa memberikan saran yang memuaskan buat kita para muridnya. Beliau saat ini sudah berusia sekitar 50tahun, semoga sehat selalu buat Bu Nur.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan contoh teks biografi dan autobiografi. Sebenarnya cukup mudah bukan untuk membuat teks biografi, tinggal bagaimana kita mengenal beliau atau tokoh yang akan kita angkat sebagai topik lalu kita tinggal menceritakan ulang melalui bahasa yang baku dan mudah dipahami. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

 

Pengertian Teks Biografi, Ciri-Ciri, Tujuan dan Strukturnya

Pengertian Teks Biografi, Ciri-Ciri, Tujuan dan Strukturnya – Teks biografi merupakan suatu teks yang menjelaskan tentang kisah dan riwayat hidup seorang tokoh kepada pembaca. Teks biografi ini bisa kita temui dalam buku novel maupun jurnal yang menjelaskan tentang biografi seseorang seperti contoh biografi penulisnya atau tokoh tertentu.

Secara sederhana teks biografi ini mungkin sudah banyak yang mengetahui, namun kita juga harus mempelajari apa teks biografi itu secara mendalam. Pasalnya pembuatan teks biografi ini bisa berguna untuk mempelajari cara memperkenalkan diri saat hendak melamar pekerjaan. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan coba membagikan informasi terkait dengan pengertian teks biografi, ciri-ciri, tujuan dan struktur teks biografi. Berikut ulasannya :

Pengertian Teks Biografi, Ciri-Ciri, Tujuan dan Strukturnya

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi merupakan suatu teks yang menjelaskan atau memperkenalkan seorang tokoh mengenai riwayat hidup serta kelebihan dan kekuranagn yang mana nantinya bisa menjadi teladan bagi pembaca. Apabila ada teks yang memperkenalkan dirinya sendiri maka teks tersebut disebut autobiografi. Teks biografi ini biasanya terletak pada bagian belakang novel, buku cerita, laporan lain lain sebagainya. Sedangkan untuk autobiografi ini biasanya terletak pada lembar lamaran pekerjaan atau yang biasa kita kenal dengan daftar riwayat hidup.

Ciri – Ciri Teks Biografi

1. Dibuat Berdasarkan Fakta

Teks biografi ini berisikan fakta sesuai dengan kisah hidup seorang tokoh yang diceritakan. Biasanya gaya penulisan dari teks biografi ini sendiri dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik untuk dibaca.

2. Isinya Dapat Menginspirasi

Dalam teks biografi ini biasanya terdapat kisah menarik dan menginspirasi dari kehidupan tokoh untuk para pembacanya. Sehingga tidak heran jika kebanyakan contoh teks biografi adalah kisah hidup tokoh-tokoh terkenal dan sukses. Umumnya kisah kesuksesan merekalah yang diangat dalam penulisan sehingga nantinya bisa menginspirasi pembacanya.

3. Memiliki Struktur yang Jelas

Layaknya teks lainnya, teks biografi ini juga harus memiliki struktur yang jelas yang nantinya bisa membedakan antara tes biografi dengan jenis teks lainnya.

Tujuan Teks Biografi

Dalam penulisan teks biografi terdapat beberapa tujuan diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Tujuan pertama adanya teks biografi ini adalah untuk menginspirasi para pembaca bahwa untuk meraih prestasi atau kesuksesan itu dibutuhkan usaha, kerja keras, doa dan tawakkal. Yang mana ketika kita mau berusaha tentu akan membuahkan hasil.
  2. Tujuan kedua adalah memotivasi para pembaca untuk lebih giat dalam bekerja, bekerja maupun melakukan kegiatan lainnya dengan sungguh-sungguh agar nantinya bisa menjadi orang yang sukses dan bermanfaat untuk orang lain.
  3. Selanjutnya adalah memberikan informasi bawaha setuap manusia yang memiliki jabatan tinggi maupun tidak tinggi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang nantinya akan menyadarkan para pembaca untuk tidak terlalu mengidolakan tokoh secara berlebihan.
  4. Tujuan teks biografi selanjutnya adalah sebagai contoh atau mengambil hikmahnya. Sehingga segala hal baik yang dilakukan oleh tokoh bisa anda contoh dan yang tidak baik bisa ditinggalkan.
  5. Selain itu tujuan dari teks biografi adalah agar pembaca bisa menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik dalam hidupnya. Sehingga dengan teks biografi ini pembaca bisa mengambul pelajaran dari biografi seorang tokoh.

Struktur Teks Biografi

Layaknya teks lainnya, teks biografi ini juga memiliki strukur yang mana untuk struktur teks biografi ini sendiri dibagai menjadi tiga bagian yaitu :

  • Orientasi, pada bagian ini teks biografi ini berisikan pengenalan tokoh atau gambaran awal tokoh yang sedang menjadi topik.
  • Peristiwa dan Masalah, pada bagian ini berisikan mengenai peristiwa atau kejadian apa saja yang pernah dialami oleh tokoh dalam meraih tujuan serta hal apa saja yang mengesankan dalam hidup serta hal apa saja yang menyedihkan dalam hidup yang pernah dirasakan oleh tokoh. Sehingga bisa dikatakan semua kisah hidupnya ada pada bagian ini,
  • Reorientasi, pada bagian ini merupakan bagian penutup yang mana berisikan kesan dan pesan penulis terhadap tokoh yang dijadikan topik.

Dari struktur teks biografi diatas bisa disimpulkan bahwa teks biografi ini berisikan cerita mengenai tokoh baik itu kelebihan dan kekurangannya serta memuat hal-hal yang berkesan dalam hidupnya. Dan struktur teks biografi ini menjadi hal yang penting dan menjadi pembeda dari teks teks lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian teks biografi, ciri-ciri, tujuan dan struktur teks biografi. Semoga dengan ulasan ini bisa memberikan pemahaman kepada kita semua khususnya buat anda yang membutuhkan. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Teks Prosedur Kompleks : Struktur, Ciri, Kaidah dan Contoh

Teks Prosedur Kompleks : Struktur, Ciri, Kaidah dan Contoh –  Masih soal materi Bahasa Indonesia, setelah kemarin telah kami sajikan informasi terkait dengan pengertian teks anekdot. Kali ini kami akan coba menjelaskan terkait dengan pengertian teks prosedur komplek, jenis, ciri-ciri dan kaidahnya.

Teks prosedur kompleks merupakan salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang mulai dikenalkan di kelas X. Layaknya teks anekdot, teks prosedur kompleks ini juga memiliki ciri-ciri khusus dan struktur yang membedakannya dengan teks lainnya. Lalu apa sih Teks Prosedur Kompleks itu? Berikut akan kami sajikan uraiannya :

Teks Prosedur Kompleks : Struktur, Ciri, Kaidah dan Contoh

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa prosedur merupakan suatu tahapan kegiatan untuk menyelesiakan suatu aktivitas.  Dan teks prosedur ini sendiri nantinya akan memberi tahukan bagaimana suatu pekerjaan dikerjakan dan diselesaikan melalui langkah-langkah atau tindakan.

Jadi pengertian teks prosedur kompleks adalah suatu teks mengenai langkah-langkah atau urutan-urutan untuk membuat sesuatu atau melakukan aktivitas tertentu dengan tujuan untuk mencapai apa yang diinginkan. Pasalnya dengan teks prosedur ini dapat mempermudah kita untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau kegiatan dengan baik. Sehingga untuk pembuatan teks prosedur ini anda harus benar-benar membuatnya secara detail dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami dan untuk pembuatannya sendiri tidak boleh di acak.

Sturktur Teks Prosedur Kompleks

Dalam pembuatan teks prosedur kompleks terdapat 3 struktur yaitu bagian tujuan, bagian material dan bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan bagian strukturnya :

1. Bagian Tujuan

Pada bagian ini berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan diwujudkan pada teks prosedur tersebut.

2. Bagian Material

Pada bagian ini berisikan informasi terkait alat atau bahan apa saja yang dibutuhkan untuk pembuatan teks prosedur tersebut. Namun tidak semua teks prosedur memiliki bagian ini dan biasanya bagian material ini ada di rsep masakan.

3. Bagian Langkah-langkah

Pada bagain ini berisikan langkah-langkah atau cara-cara apa saja yang akan ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu dan pada bagian ini urutannya tidak bisa diubah dan harus berurutan.

Untuk pembuatan teks prosedur ketiga struktur tersebut harus ada didalamnya agar membentuk paragraf yang saling berkaitan. Karena jika salah satu struktur tersebut hilang maka akan mempersulit pembaca dalam memahami teksnya.

Ciri – Ciri Teks Prosedur Kompleks

Untuk membedakan teks prosedur kompleks dengan teks anekdot, teks eksposisi, teks eksplanasi maupun teks lainnya tedapat beberapa ciri-ciri umum yang dimiliki teks prosedur kompleks ini. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Teks prosedur ini memuat kalimat perintah untuk pembaca agar melakukan langkah-langkah yang tertera dalam teks.
  • Teks prosedur ini bersifat objektif
  • Teks prosedur ini bersifat aktual dan akurat
  • Dari langkah-langkah yang telah disebutkan nantinya berkelanjutan dengan penjelasan
  • Bersifat universal
  • Teks prosedur ini disusun secara informatif dengan penjelasan secara mendetail

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Untuk kaidah kebahasaan dari teks prosedur kompleks ini sangat menonjol karena biasanya terdapat banyak konjungsi, kalimat perintah, verba imperatif, verba material dan tingkah laku dan partisipan manusia secara umum. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya ;

  1. Konjungsi yang menyatakan waktu (kegiatan), seperti kemudian, setelah itu, lalu dan selanjutnya.
  2. Kata kejra imperatif (Perintah) yaitu kata yang menyatakan perintah, keharusan, dan larangan.
  3. Verba material dan tingkah laku merupakan kata kerja yang mangacu pada tindakan fisik, dan verba tingkah laku merupakan tindakan yang dilakukan dengan sebuah ungkapan.
  4. Partisipan manusia yang berkaita dengan apakah teks prosedur kompleks yang disunting terdapat partisipan manusia atau tidak, dan partisipan manusiannya bukan secara khusus.

Contoh Singkat Teks Prosedur Kompleks

Kali ini sinau.info akan coba memberikan contoh singkat tentang teks prosedur kompleks yaitu cara membuat ceker setan :

Bahan-bahan :

  • 1/2kg ceker ayam
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • serai
  • 2cm kunyit dan lengkuas
  • 10 biji (sesuai selerah) cabai rawit
  • 6 biji cabai meraj
  • 2 lembar daun jeruk, daun salam
  • secukupnya gula, garam, penyedap rasa

Langkah-langkah :

  • Rebus ceker sekitar 1 jam dan tambahkan garam
  • Uleg/blander cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas
  • Tumis semua bumbu tersebut sampai wangi kemudian masukkan daun jeruk, daun salam, serai.
  • Kemudian masukkan ceker tambahkan air secukupnya dan terakhir tambahkan gula, garam, penyedap rasa.
  • Tunggu sampai air benar-benar menyusut dan ceker benar-benar empuk.
  • Setelah itu angkat dan sajikan.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian teks prosedur komplek, struktur, ciri-ciri, kaidah dan contohnya. Dari ulasan tersebut diatas bisa kami tarik kesimpulan bahwa teks prosedur kompleks harus dibuat dengan memperhatikan struktur dan kaidah kebahasaan seperti contoh diatas dengan langkah-langkahnya harus berurutan. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Pengertian Teks Anekdot, Struktur, Ciri dan Kaidahnya

Pengertian Teks Anekdot, Struktur, Ciri dan Kaidahnya– Masih soal pelajaran Bahasa Indonesia, setelah kemarin kita ulas tentang pengertian teks eksposisi dan pengertian teks eksplanasi kali ini kami akan coba mengulas tentang pengertian teks anekdot, struktur, ciri dan contohnya.

Teks anekdot merupakan salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia yang mulai dimuat dikurikulum 2013 dikelas X. Dalam bahasa Indonesia teks anekdot ini biasanya berisikan cerita pendek yang lucu dan mengandung kesan sindirian atau kritikan.  Untuk lebih jelasnya beriku akan kami sajikan ulasannya secara lengkap terkait dengan pengertian teks anekdot, struktur, ciri dan conthnya.

Pengertian Teks Anekdot, Struktur, Ciri dan Kaidahnya

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian teks anekdot merupakan suatu kalimat yang lucu dan menarik yang didapatkan dari pengalaman seseorang yang sifatnya menyindir/mengkritik orang-orang terkenal atau yang sedang hangat-hangatnya dibahas. Teks anekdot ini sendiri biasanya dipublikasikan dalam bentuk karikatur, dimana didalamnya terdapat gambar dan tulisan yang mendukung.

Seperti artinya, teks anekdot ini dibuat untuk menyindir atau mengkritik seperti menyindir para koruptor, pejabat yang tidur ketika rapat dan lain sebagainya. Teks anekdot ini sendiri bisa kita temui di koran, majalah serta media sosial yang bisa kita akses dengan mudah.

Struktur Teks Anekdot

Layaknya teks eksposisi dan teks eksplanasi, teks anekdot ini juga memiliki beberapa struktur yaitu abtraksi, orientasi, event, krisi, reaksi, koda dan re-orientasi. Yang mana dari ketujuh strukur tersebut harus ada dalam penyusunan teks anekdot. Berikut ulasannya :

  1. Abtraksi merupakan suatu karangan yang menjadi pembuka dan menjadi pengantar dalam topik yang akan dibahas oleh pengarang.
  2. Orientasi merupakan suatu karangan yang menjadi awal dalam perkara yang nantinya akan menjadi topik atau latar belakang.
  3. Even merupakan satu karangan yang berisikan mengenai rangkaian perkara yang menjadi topik.
  4. Krisis merupakan suatu karangan yang memuat tentang masalah yang muncul pada topik.
  5. Reaksi merupakan suatu karangan yang bersisikan penyelesaian masalah
  6. Koda merupakan suatu karangan yang berisi tentang perubahan pada tokoh yang dimaksud oleh pengarang.
  7. Re-orientasi merupakan bagian terakhir teks sekaligus penutup dalam teks anekdot.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

Secara sepintas teks anekdot memang hampir sama dengan teks pada umumnya, namun ada sesuatu yang membedakan teks anekdot dengan teks lainnya yang bisa kita lihat dari ciri-ciri teks anekdot berikut ini :

  • Teks anekdot ini bersifat humor atau lucu.
  • Teks anekdot bersifat menggelitik yang bisa membuat pembacanya merasa terhibur.
  • Teks anekdot ini bersifat menyindir
  • Pembahasan dari teks anekdot ini bisa mengenai orang penting (pejabat, artis)
  • Teks anekdot ini memiliki tujuan tertentu
  • Teks anekdot ini bisa berisi cerita yang hampir mirip dengan dongeng.
  • Ceritanya bisa mengenai karakter hewan dan manusia yang sering terhubung secara umum dan terlihat nyata.

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Dalam teks anekdot ini terdapat kaidah teks kebahasaan yang biasa digunakan dalam pembuatan teks, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan pernyataan retorik.
  • Menggunakan penghubung.
  • Menggunakan kalimat perintah.
  • menggunakan keterangan waktu lampau.
  • Menggunakan verba atau kata kerja.
  • Dalam penyusunan teksnya harus urut berdasarkan kejadian waktu.

Tujuan Teks Anekdot

Layaknya teks pada umumnya, teks anekdot ini juga memiliki tujuan yang ditujukan kepada para membaca dari setiap cerita singkat lucu dan menyindir. Selain itu tujuan yang ingin dicapai oleh penulis merupakan latar belakang untuk membuat teks anekdot ini menjadi lucu dan bisa menyindir. Berikut tujuan teks anekdot :

  • Teks anekdot bertujuan untuk menghibur pembaca
  • Membangkitkan tawa para pembaca
  • Sebagai sarana untuk mengkritik dan menyindir
  • Biasanya teks anekdot ini menyertakan karakter-karater dengan singat dan langsung pada intinya.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian teks anekdot, struktur, ciri-ciri dan kaidahnya. Semoga dari ulasan tersebut bisa memberikan pemanahan dan menambah wawasan kita. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya – Teks Eksplanasi merupakan salah satu materi pelajaran Bahasa Indonesia yang baru-baru ini sudah mulai diterapkan di kurikulum 2013 di kelas VII. Mengingat teks ekplanasi tergolong materi baru dan belum adanya buku yang cukup memadai, untuk itu disini kami akan coba menjelasakan terkait dengan contoh teks eksplanasi lengkap dengan strukturnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya, teks eksplanasi merupakan suatu teks yang memuat informasi yang berubah sebuah sebab akibat dari peristiwa atau kejadian alam maupun sosial dilingkungan sekitar.  Adapun contoh teks eksplanasi lengkap dengan strukturnya adalah sebagai berikut :

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Struktur Teks Eksplanasi

  1. Pernyataan umum merupakan suatu paragraf yang berisikan tentang topik utama dalam bacaan yang ditulis oleh penulis.
  2. Sebab dan akibat merupakan penjelasan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi dan cara mengatasinya.
  3. Interpretasi merupakan suatu paragraf yang berisikan sebuah kesimpulan dari uraian bacaan dan memberikan solusi atau apa yang akan dilakukan ketika peristiwa tersebut terjadi. Sehingga nantinya pembaca bisa mengantisipasi dan waspada terhadap segala peristiwa alam atau sosial yang belum pernah dialami sebelumnya.

Perlu kita ingat bahwa dalam membuat teks eksplanasi anda harus menyertakan ketiga unsur diatas agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Karena jika salah satu unsur tersebut tidak disertakan maka teks tersebut tidak termasuk kedalam teks eksplanasi. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami sajikan contoh teks eksplanasi tentang bencana alam, contoh teks eksplanasi budaya dan contoh teks eksplanasi sosial. Berikut kumpulan contoh teks eksplanasi singkat dan kompleks yang nantinya bisa anda jadikan sebagai bahan referensi :

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam (Banjir)

Pernyataan umum :Seperti yang kita ketahui bahwa beberapa tahun belakangan ini Indonesia menjadi salah satu negara yang sering sekali dilanda bencana banjir. Banjir itu sendiri merupakan salah satu bencana alam yang bisa merusak keseluruhan partikel jalan, rumah dan lainnya.

Sebab-akibat :

Banjir bermula karena adanya muatan air yang cukup besar dari biasanya. Bencana banjir muncul karena beberapa faktor yang salah satunya disebabkan oleh manusia itu sendiri yaitu membuang sampah sembarangan (khususnya sampah diapers di sungai). Selain itu bencana banjir juga bisa terjadi karena curah hujan deras yang tidak kunjung reda, kurangnya lahan resapan air dan minimnya pohon-pohon besar dilingkungan tersebut. Dan dampak banjir itu sendiri tentu akan merugikan masyarakat sekitar terutama bagi mereka yang tinggal dilingkungan sungai atau lautan.

Interpretasi :

Dari teks diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa kita bisa meminimalisir terjadinya bencana banjir yang dimulai dari diri kita sendiri dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon besar sebagai fungsi resapan air, dan membakar sampah yang telah menumpuk hingga tidak tersisa dan kita bisa membuat resapan air terutama didaerah perkotaan dengan memberikan drainase disekitar lingkungan perkotaan tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Pernyataan Umum :Indonesia menjadi salah satu negara yang terkenal karena keanekaragaman budaya, bahasa, adat istiadat, tradisi, bentuk fisik, makanan tradisioal, bangunan candi, musik, tari-tarian dan kesenian. Banyaknya keanekaragaman yang kita miliki tentu tidak menjadikan Indonesia runtuh namun justru menjadi kekayaan terbesar yang kita miliki. Sebagai negara yang memiliki banyak perbedaan budaya membuat kita semakin erat seperti semboyan negara kita yaitu “berbeda-beda namun tetap satu jua”. Dan salah satu kekayaan Indonesia yang menjadi aset Indonesia adalah batik.

Sebab-Akibat : 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa batik merupakan salah satu karya seni kriya yang berasal dari kain melalui proses pencantingan hinggi penglodoran. Batik ini sendiri mulai disahkan oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober sebagai salah satu kekayaan Indonesia dan menjadikannya sebagai hari batik Internasional.

Saat ini batik menjadi salah satu ciri khas dari setiap daerah. Pasalnya setiap daerah seakan berlomba untuk membuat batik sesuai ciri khasnya sendiri didaerah tersebut. Batik sendiri dalam proses pembuatannya dibagi menjadi 4 yaitu batik tulis, batik ikat celup, batik printing dan batik cap.

Untuk pembuatan batik tulis disini dibutuhkan latihan dalam menyanting. Pasalnya proses menyanting ini sendiri tidak mudah dan batik tulis sendiri membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatannya jika dibandingkan dengan jenis batik lainnya.

Interpretasi :

Dari ulasan tersebut bisa kita tarik kesimpulan bahwa batik merupakan salah satu aset kekayaan tersebesar negera kita. Mari lindungi, letarikan dan hargai batik kita, batik Indonesia. Batik itu sendiri merupakan salah satau saksi sejarah Indonesia yang turun menurun dari nenek moyang sejak dahulu kala.

Contoh Teks Eksplanasi Lingkungan

Pernyataan Umum :Sampah menjadi salah satu benda yang dirasa cukup mengganggu bagi kesehatan masyarakat. Jenis sampah ini sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu sampah organik dan sampah non organik. Biasanya sebagaian sampah tersebut kerap kali dimanfaatkan atau di daur ulang menjadi berbagai jenis.

Sebab-Akibat :

Perlu kita ketahui bahwa ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah organik yaitu dengan pandai-pandai mengolah dan mendaur ulang menjadi baying yang memiliki nilai jual tinggi. Meski sampah-sampah tersebut bisa di daur ulang, nampaknya masih banyak sampah yang berserakan dilingkungan kita khususnya di sungai.

Kurangnya kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya membuat lingkungan kita merasakan dampaknya seperti banjir dan tanah longsor. Tidak hanya itu banyaknya sampah mengakibatkan lingkungan menjadi kumuh dan tidak sehat. Sehingga sampah – sampah tersebut mencemari udara dan memunculkan beragam penyakit sepeerti DBD dan muntaber.

Interpretasi :

Maka dari itu mulai tanamkan dalam diri untuk membentuk suatu kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Yang mana nantinya tentu akan berdampak positif bagi lingkungan kita. Membuang sampah pada tempat sampah berarti kita ikut menjaga lingkungan.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan contoh teks eksplanasi lengkap dengan struktur eksplanasi. Jika dilihat dari beberapa contoh teks eksplanasi diatas tentu sudah sangat sering kita temui yaitu bisa di buku pelajaran sekolah, majalah atau koran. Semoga dari ulasan kali ini bisa menambah wawasan. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya

Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya – Masih ingatkah kita dengan bencana alam gempa bumi yang terjadi di Lombok dan Palu beberapa bulan lalu? Serta terjadinya bencana Tsunami di Selat sunda yang menelan banyak korban jiwa yang meninggal dunia serta kerusakan rumah, akses jalan, dan tempat ibadah dibeberapa titik tertentu.

Teks tersebut merupakan salah satu contoh teks eksplanasi. Lalu apa sih pengertian teks eksplanasi itu? Untuk itu disini nanti kami akan mancoba menjelaskan terkait dengan pengertian teks eksplanasi, strukutr, jenis, ciri-ciri dan kaidahnya.

Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Jenis, Ciri-ciri dan Kaidahnya

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi merupakan suatu teks yang menjelaskan tentang suatu proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena yang berkaitan dengan alam, sosial, ilmiah dan budaya disekeliling kita yang memiliki hubungan sebab akibat.

Dari setiap peristiwa atau fenomena yang terjadi disekitar kita tentunya ada proses serta hubungan sebab-akibat dengan peristiwa lainnya. Dalam teks Eksplanasi ini sendiri biasanya menggunakan aspek “mengapa” dan “bagaimana” suatu peristiwa tersebut bisa terjadi untuk menjelaskan hubungan sebab akibat. Sebagai contoh artikel mengenai dampak globar warming, peristiwa meletusnya gunur merapi dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan teks eksposisi yang kemarin sudah kami jelaskan, teks eksplanasi ini juga memiliki ciri khusus yang membedakan dengan teks-teks lainnya. Ciri khusus dari teks eksplanasi ini sendiri berisikan suatu peristiwa yang memiliki sebab dan akibat. Sebagai contoh rumah uang tiba-tiba roboh. Yang mana dalam hal ini dibalik robohnya rumah tersebut tentu terdapat faktor yang mempengaruhi robohnya rumah tersebut seperti kurangnya bahan, tidak koko dalam proses pembuatannya, terjadinya pelapukan kayu dan sebab lainnya.

Terjadinya suatu peristiwa atau fenomena bisa kita jadikan sebagai pelajaran atas apa yang telah terjadi, sehingga nantinya kita bisa lebih waspada dan dapat menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi ini dibedakan menjadi tiga bagian yaitu sebagai berikut :

  1. Pernyataan umum yakni suatu teks atau paragraf yang menjadi pembuka atau inti dari suatu bacaan tertentu.
  2. Urutan sebab akibat yang mana dalam hal ini teks eksplanasi akan menguraikan tentang kejadian atau peristiwa yang telah terjadi secara rinci.
  3. Interpretasi yakni suatu teks atau paragraf yang memuat kesimpulan terkait peristiwa yang terjadi, mengapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Dari ketiga struktur teks tersebut harus termuat dalam bacaan yang mengenai kejadian atau peristiwa. Karena dengan ketiga struktur teks eksplanasi tersebut bacaan akan menjadi satu kesatuan.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Berikut ciri-ciri teks eksplanasi yang nantinya bisa anda gunakan untuk melihat perbedaan antara teks eksplanasi dengan teks lainnya :

  1. Teks eksplanasi memiliki pernyataan sebab dan akibat
  2. Informasi dari teks eksplanasi ini berupa fakta
  3. Teks eksplanasi memuat pengetahuan ilmiah
  4. Menceritakan suatu peristiwa atau kejadian
  5. Struktur teks eksplanasi terdiri dari 3 bagian yaitu pernyataan umum, sebab-akibat dan interpretasi

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Secara umum teks eksplanasi dibedakan menjadi dua yaitu :

1. Teks eksplanasi tentang alam

Dalam jenis teks ekplanasi ini memuat tentang informasi bencana alam seperti gempa, tsunami, gerhana bulan, angin topan, tanah longsor dan bencana alam lainnya.

2. Teks ekplanasi tentang sosial (lingkungan sekitar)

Dalam jenis teks eksplanasi ini memuat mengenai peristiwa atau kejadiaan yang terjadi disekitar kita, seperti demo buruh, rumah roboh, listrik putus, kebakaran, kemiskinan, pengangguran dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga memuat tentang budaya, permasalahan perekonomian masyarakat dan lain sebagaianya.

Kaidah Teks Eksplanasi

Selain struktur dan ciri-ciri, teks eksplani ini juga ciri khas kebahasaan yaitu sebagai berikut :

  1. Teks eksplanasi pada umumnya menggunakan kegiatan keilmiahan atau ilmiah seperti pelajaran sains yang meneliti sebuah kupu-kupu yang berawal dari kepompong.
  2. Teks eksplanasi ini biasanya menggunakan konjungsi waktu seperti pertama, sebelum, sesudah, setelah itu, jika, sehingga, bila, kemudian, selanjutnya, kedua, ketiga.
  3. Teks eksplanasi merupakan pemaparan informasi yang valid dan benar adanya. Karena sifatnya ilmiah maka akan terdapat bukti yang valid atas penelitian tersebut.
  4. Teks eksplanasi ini biasanya menggunakan kalimat pasif.

Demikian ulasan yang bisa kami sajikan untuk anda terkait dengan pengertian teks eksplanasi, struktur, ciri dan kaidahnya. Dan dari ulasan diatas bisa kami tarik kesimpulan bahwa teks eksplanasi merupakan suatu teks yang berisikan berita atau informasi mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang terdapat sebab akibat dan solusi yang masuk akal. Selain itu teks eksplanasi ini sendiri merupakan teks informasi yang akura dan dapat dipercaya sehingga nantinya bisa anda jadikan sebagai sumber untuk menjelaskan suatu peristiwa. Sekian dari kami semoga bermanfaat.

 

 

Contoh Teks Eksposisi Singat, Paragraf dan Karangan Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi Singat, Paragraf dan Karangan Eksposisi – Seperti yang sudah kami jelaskan pada artikel sebelumnya terkait dengan pengertian teks eksposisi, bahwa teks eksposisi merupakan suatu paragraf yang berisikan informasi pengetahuan yang mana nantinya dengan teks tersebut pembaca akan mendapatkan pengetahuan tambahan dari informasi yang ditulis oleh penulis secara akurat.

Perbedaan teks eksposisi dengan teks lainnya terletak pada struktur teks eksposisi yang digunakan yang mana dalam hal ini dibedakan menjadi tiga bagian yaitu tesis, argumen dan pengulangan kata. Dan dalam pembahasan kali ini kami akan memaparkan contoh teks eksposisi seperti :

Contoh Teks Eksposisi Singat, Paragraf dan Karangan Eksposisi

  1. Contoh teks eksposisi tentang pendidikan
  2. Contoh teks eksposisi tentang kesehatan
  3. Contoh teks eksposisi tentang lingkungan
  4. Contoh teks eksposisi tentang narkoba

Namun sebelum itu, disini kami akan coba menjelaskan terkait dengan contoh paragraf eksposisi. Berikut ulasannya :

Struktur Tesk Eskposisi

1. Tesis

Di jaman seperti sekarang ini seringkali kita menemukan masyarakat yang membuang sampah (khususnya diapers) tidak pada tempatnya khususnya di sungai. Baik itu diperkampungan maupun di kota. Hal ini seolah menjadi hal yang lumrah dan tidak jadi masalah. Iya hal ini bisa kita lihat dari banyaknya saluran sungai yang terhalang oleh sampah yang pada akhirnya mengakibatkan bencana banjir.

2. Argumentasi

Sebagian pengamat menyimpulkan bahwa setiap tahunnya jumlah manusia yang membuang sampah di sungai terus bertambah. Hal ini menjadi salah satu sebab akibat terjadinya bencana banjir dinegara kita. Namun masyarakat Indonesia juga belum merasa kapok dengan terjadinya bencana banjir yang menimpa mereka dan hanya bisa menyalahkan pemerintah dengan kurangnya penanganan. Padahal bencan banjir tersebut disebabkan karena ulah mereka sendiri yang membuang sampah sembarangan. Selain itu bencana banjir tersebut juga banyak menelan korban jiwa, baik itu korban luka-luka dan korban meninggal dunia. Namun hal tersebut juga belum membuat mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

3. Penegasan Ulang 

Seharusnya setelah mereka mengetahui bencana banjir tersebut akibat ulah mereka sendiri mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuangnya ke sungai agar tidak merugikan lingkungan dan banyak orang. Selain itu jika kita memiliki kesadaran untuk membuang sampah ke tempatnya tentunya saluran sungai akan lancar dan tidak mengakibatkan banjir.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Dari contoh teks paragraf eksposisi diatas jika digabungkan menjadi satu maka akan membentuk karangan eksposisi. Contoh karangan eksposisi sebenarnya sama dengan contoh paragraf eksposisi, bedanya adalah setiap paragrafnya terpisah-pisah sesuai dengan struktur teks eksposisi. Untuk lebih jelasnya berikut contoh teks eksposisi singkat yang telah kami pisah-pisah sesuai dengan strukutrnya :

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis :

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan sistem kurikulum yang digunakan di Indonesia yaitu dengan menggunakan kurikulum 2013 atau yang biasa disingkat dengan K-13. Meskipun pemerintah sudah menerapkan kurikulum yang baru, ternyata masih banyak sekolah-sekolah yang memakai kurikulum lama.

Argumentasi :

Penerapan kurikulum 2013 menurut Kementrian pendidikan dan budaya ini diutamakan untuk sekolah-sekolah yang terakreditasi A atau sekolah yang berstandart Internasional.

Selain itu ada beberapa syarat yang mesti dilakukan untuk penerapan kurikulum 2013/K-13 salah satunya adalah sekolah tersebut harus bisa dijangkau oleh pendistribusian buku. Pasalnya penerapan Kurikulum 2013 ini berfokus pada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, dan keterampilan dasar kepada pendekatan ilmiah.

Selain itu menurut Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 juga berfokus pada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan melalui pengamatan, percobaan dan penciptaan sebuah karya.

Menurut Musliar Kasim selaku wakil kementrian pendidikan budaya berpendapat bahwa kurikulum 2013 ini lebih menitikberatkan pada praktik ketimbang hafalan. Iya karena selama ini para peserta didik hanya dibebani dengan hafalan saja dan kurang dalam peningkatan kreativitas.

Selain itu menurut Meutia Hatta selaku dewan pertimbangan presiden menyatakan bahwa kurikulum 2013 ini memiliki tujuan untuk membentuk sebuah karakter generasi penerus bangsa yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.

Dalam penerapan kurikulum 2013 ini menentut siswa untuk aktif saat proses pembelajaran dengan harapan bisa membentuk generali yang berkualitas. Meski dalam kenyataannya banyak masyarakat yang menolak dengan penerapan kurikulum 2013 ini dengan anggapan bahwa perubahan kurikulum ini dirasa mendadak dan memaksakan.

Penegasan Ulang :

Kementrian pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan bahwa penerapan kurikulum 2013 ini lebih diutamakan bagi sekolah-sekolah yang terakreditasi A atau sekolah yang bertaraf Internasional dan terjangkaunya pendistribusian buku bagi siswa. Selain itu penerapan kurikulum 2013 ini lebih berfokus pada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan dan keterampilan dasar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Tesis

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mata merupakan salah satu indra pengelihatan yang sangat penting bagi hidup kita. Dengan mata kita bisa melihat keindahan dunia dan bisa kita gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain. Banyak diantara kita yang tidak bisa melihat karena buta atau minus. Kebutaan mungkin bisa saja terjadi akibat kecelakaan atau bawaan dari lahir, akan tetapi jika mata minus bisa jadi karena kesalahan kita dalam menjaga mata kita.

Argumentasi

Mata minus sering kali disebabkan oleh beberapa hal seperti membaca terlalu dekat, menonton tv atau bermain game dengan jarak kurang dari 3 meter dan terlalu banyak bermain HP.  Pasalnya pancaran radiasi dari TV atau HP bisa menyebabkan mata menjadi rabun atau minus.  Namun ada juga yang beranggapan bahwa mata minus tersebut bisa juga terjadi karena fakor keturunan.

Penegasan Ulang

Hal tersebut diperkuat dengan pendapat banyak orang yang sudah mengalami mata minus atau rabun yang mana dalam hal ini disebabkan karena membaca terlalu dekat, terlalu sering bermain HP dan bahkan karena faktor keturunan.  Namun dari hasil penelitian mata minus karena faktor keturunan tidak memiliki hubungan yang signifikan, sehingga bisa dipastikan bahwa mata minus karena memiliki kebiasaan seperti diatas.

Contoh Teks Eksposisi Lingkungan

Tesis 

Lingkungan sehat merupakan wujud dari lingkungan yang bersih, aman dan adanya rasa peduli antar tetangga. Bisa kita lihat disekitar kita, jika lingkungan sekitar kita kumuh maka kesehatan kita pun berkurang. Lingkungan sehat seharusnya menjadi salah satu prioritas dalam hidup kita yang man hal tersebut bisa kita ciptakan dengan melakukan kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar kita.

Argumentasi

Pada dasarnya lingkungan sehat tidak hanya bersih dan aman dari kejahatan saja. Namun lingkungan yang sehat ini sendiri juga bisa berupa tetangga yang ramah dan saling menghargai, serta teman yang baik. Untuk itu alangkah baiknya jika kita bisa berteman dengan orang-orang baik yang mengajak kita melakukan kebaikan, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat sekitar.

Penegasan Ulang

Lingkungan yang sehat merupakan salah satu wujud kepedulian kita terhadap kesehatan kita. Lingkungan yang sehat tidak hanya berupa lingkungan yang bersih melainkan terjalinnya hubungan yang baik antar sesama warga sekitar. Seperti halnya di kampung-kampung di kota Mojokerta Jawa Timur yang mana dalam lingkungan tersebut selalu mengadakan kegiatan pengajian bagi umat muslim. Dengan adanya hal positif tersebut warga sekitar akan mendapatkan kajian yang nantinya bisa mententramkan hati serta lingkungan sekitar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Narkoba

Tesis

Di jaman yang serba canggih seperti saat ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengalami masalah terkait dengan penggunaan narkoba. Bahkan tidak sedikit dari kasus tersebut pelakunya adalah anak dibawah umur yang sudah coba-coba mencicipi barang haram tersebut.

Argumentasi

Seperti yang kita tau beberapa tahun lalu tepatnya pada tahun 2017 banyak sekali artis yang terjerumus untuk menggunakan narkoba, yang pada akhirnya mereka harus mendekam di penjara. Seperti contoh artis Roro dan bahkan artis yang tentunya tidak kita sangka-sangka yaitu Ridho Roma anak dari Roma Irama pun ikut terjerumus kedalam benda haram narkoba tersebut.

Penegasan Ulang

Untuk itu dijaman yang seperti ini tentunya kita harus bisa lebih mengawasi putra putri kita dan memberikan ilmu pengetahuan terkait tentang narkoba serta bahayanya narkoba bagi tubuh kita sejak dini. Penulis berpendapat bahwa penegak hukum di Indonesia harus lebih tegas dalam memberikan sanksi kepada para bandar narkoba dan konsisten atas sanksi yang telah dibuat.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan terkait dengan contoh teks eksposisi, paragraf dan karangan eksposisi. Semoga dengan uraian tersebut bisa membuat kita membedakan teks eksposisi dengan teks lainnya. Sekian dari kami semoga bermanfaat.